STRUKTUR

PROGRAM KERJA
ORGANISASI SISWA INTRA
SEKOLAH

MTs. MA AL-BAROKAH
2016-2017

dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan OSIS. Mulai dari perencanaan pengorganisasian. Jatimakmur. Organisasi di sekolah yang sifatnya ekstern bisa mengarah ke dalam hal-hal yang bersifat politis sehingga timbulah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat yang diselenggarakannya proses belajar mengajar. Disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah. . timbulah loyalitas ganda. Dalam program kerja tersebut digambarkan. motivator./Fax (021)84995147 A.22 09/09 Kel. Akibat dari situasi tersebut. PENDAHULUAN Sebelum terbentuknya organisasi OSIS di sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait. Itulah sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan 1972 beberapa pimpinan organisasi di Jakarta yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS.sekolah terdapat organisasi yang beraneka ragam bentuknya baik intern maupun ekstern. 17413 Telp. Kec. juga dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggung jawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Setelah mendapat penghargaan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang. Jatimakmur No. Pondok Gede Kota Bekasi. di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang dikendalikan dari luar. diuraikan. pelaksanaan dan pengendalian serta pertanggung jawaban serta pengembangan kegiatan. maka diperlukan suatu hubungan yang baik. ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah. Selanjutnya program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis. dan preventif sekolah. Dalam pelaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap. Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH MTs – MA AL-BAROKAH Jl. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang sah di sekolah masing-masing.

B. STRUKTUR PENGURUS OSIS SUSUNAN KEPENGURUSAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) MTs. MA AL-BAROKAH PERIODE 2016-2017 Pembina OSIS : Ahmad Sodiqin HB Wakil Pembina : Nasrun Wahab Ketua OSIS : Rosadi Wakil Ketua : Alfani Damayanti Sekretaris : Nur Sharomah Iqbal Jaya Bendahara : Afwah Mumun Munawaroh .

Ahmad Alwi Solihin . Adjat Sudrajat . Samsudin b) Bela Negara . Alya Azizah Sugesti Arti . Andes Nugraha Saputra . Fitri Susanti . Vera Fariza . Nabila Bismi Ramdhamita . Galih . SEKSI BIDANG a) Ubudiyah . Fadhlan Hafidz Fuhaid . Siti Fatimah . Ahmad Sauki e) Humas . Muhammad Firdaus . Yayang Jamilatusa’diyah . Millennia Guspita . Muhammad Farhan .Embong M. Hasbih Tanjung d) Budi Pekerti Luhur . Fitri Sopi Maghlikoh . Alif Bachtiar Gunawan . Melania Laila Fitriana . Habib c) Apresiasi dan Kreasi . Izzatul Salbiah . Muhammad Fikri Ardiansyah .

Musyawarah pengurus tentang penyusunan program kerja OSIS 3. Program kerja 5 seksi bidang 2. Penampungan aspirasi dari anggota 2. Sasaran umum program kerja 5 seksi bidang 3. Program kerja jangka panjang .PENYUSUNAN PROGRAM KERJA Program kerja yang dibuat harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan anggota. Program kerja MTs MA AL-BAROKAH periode 2016-2017 disusun melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1. Program kerja jangka menengah 5.C. Pengajuan dan pengesahan program kerja OSIS Adapun program kerja OSIS terdiri dari: 1. Program kerja jangka pendek 4.

Membantu terlaksananya kegiatan razia siswa/i MTs. Membantu latihan rutin ekstra kulikuler PMR 11. Mengadakan penampilan antar ekstra kulikuler 1 bulan sekali . PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK Program kerja jangka pendek dibuat untuk mewujudkan koordinasi yang matang antar seksi bidang. Mengadakan rapat rutin anggota OSIS dua minggu sekali 14. MA Al-Barokah 6. Melaksanakan ekstrea kulikuler PRAMUKA wajib pada hari rabu 8. pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas yang merata. Membantu pengamanan dan penertiban berseragam 5.D. Melaksanakan upacara bendera setiap hari senin 2. Melaksanakan sholat duha dan sholat dzuhur berjama’ah 4. Membantu latihan rutin ekstra kulikuler PENCAK SILATlan 12. Memantau latihan rutin ekstra kulikuler PRAMUKA 9. Mengadakan lomba rutin 1 bulan sekali untuk Pramuka Penggalang 15. Melaksanakan pengajian rutin setiap pagi 3. Mengadakan wall magazine 13. Program kerja jangka pendek dari seluruh seksi bidang antara lain: 1. Melaksanakan khitobah setiap hari rabu 7. Memantau latihan rutin ekstra kulikuler PASKIBRA 10.

Dan Peringatan Isro’ Wal Mi’roj Peringatan Hari Kartini Mei :Upacara Hari Pendidikan Nasional Class Meeting Juni :Pesantren kilat Libur Lebaran Juli :Halal Bihalal Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) Agustus :Masa Orientasi Pramuka (MOP) Upacara HUT Pramuka Upacara HUT Paskibra Upacara HUT RI Ke-72 dan Karnaval Lomba 17an September : Pelantikan Pramuka Bantara-Laksana Lomba Tingkat 1 Pramuka Penggalang Penerimaan Tamu Paskibra Upacara G30S PKI Oktober : Upacara Sumpah Pemuda . PROGRAM KERJA JANGKA MENENGAH Program kerja jangka menengah dibuat untuk mewujudkan koordinasi yang matang antar seksi bidang. pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas yang merata.E. Program kerja jangka menengah dari seluruh seksi bidang antara lain: Januari :Penerimaan jabatan OSIS baru 2016-2017 Februari :Peringatan Hari Boden Powell Maret :Penerimaan Tamu PASKIBRA April :Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Program kerja jangka panjang dari seluruh seksi antara lain: Oktober :Mengadakan Study Tour Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2017-2018 November :Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2017-2018 . pelayanan yang optimal terhadap anggota dan pembagian tugas yang merata.F. PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG Program kerja jangka panjang dibuat untuk mewujudkan koordinasi yang matang antar seksi bidang.

Program kerja ini didasarkan pada upaya pemecahan setiap hambatan dan permasalahan yang terjadi dengan menetapkan arah kabijaksanaan sebagai landasan program kerja sehingga dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan dan misi organisasi yang hendak dicapai aparat kepengurusan. namun pada akhirnya hanyalah Tuhan yang menentukan.G. PENUTUP Program OSIS disusun sebagai pedoman-pedoman pola yang terarah dalam koordinasi organisasi siswa. . Akhirnya kami adalah hanya mahusia yang hanya bisa untuk berusaha dan berdo’a. perlu ditetapkan prioritas sasaran program kerja. Namun keberhasilan sangat relative dan amat ditentukan oleh tenaga terampil yang ada. Begitu kompleksnya permasalahan dan hambatan yang kami hadapi dengan program kerja OSIS ini. MA Al-Barokah ini dapat terlaksana secara optimal dan dapat memberikan guna dan manfaat bagi perkembangan almamater tercinta. Semoga dengan tersusunnya program kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs.

S.Pd.Pd. LEMBAR PENGESAHAN PROGRAM KERJA OSIS MTs MA AL-BAROKAH PERIODE:2016-2017 Telah diperiksa dan disetujui Bekasi.I . HB ROSADI Ketua Harian Yayasan Kepala Sekolah HAIRULLOH. Februari 2017 Pembina OSIS Ketua OSIS AHMAD SHODIQIN.I SYAMSUL HADI S.