RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA
Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Desain Grafis
Materi Pokok : membuat secara elektronik unsur unsur tata
letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,
gelap-terang, tekstur, dan ruang
Sub Materi Pokok :
- garis
- garis,
- ilustrasi,
- tipografi,
- warna,
- gelap-terang,
- tekstur, dan
- ruang
Pertemuan Ke :1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 135 menit )

A.Kompetensi Inti :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung

B.Kompetensi dasar
3.1 Memahami unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang,
tekstur, dan ruang

4.1 Membuat unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang,
tekstur, dan ruang

C.Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu:
1. mengamalkan perilaku jujur, disiplin, teliti, cermat, tekun, kritis, rasa ingin tahu, inovatif,
terbuka, tanggung jawab, dan peduli lingkungan dalam membuat desain grais barang cetakan.
2. Menghargai kerjasama, toleransi, demokratis, dalam menata unsur – unsur dan prinsip – prinsip
tata letak dalam membuat desain grafis.
3. Menjalankan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial untuk materi pengembangan desain grafis barang cetakan
4. Memahami dan menganalisis unsus-unsur tata letak berupa garis, bidang, ilustrasi, tipografi,
warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang

tipografi. Metode 1. tulisan dan gambar.Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Diskripsi Alokasi Waktu Pendahuluan  Memberi Salam 10 Menit  Guru memeriksa kesiapan tempat pembelajaran (kebersihan dan kenyamanan) serta mengecek presensi siswa  Mempersilakan salah satu peserta didik memimpin doa ( Jika jam pertama)  Absensi siswa  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik melalui power point Inti MENGAMATI 105 Menit  Peserta didik membaca buku Desain grafis  Peserta didik mengamati tayangan gambar dalam power point untuk appersepsi materi  Peserta didik dibimbing untuk mencari informasi dari buku tentang materi yang dibahas MENANYA  Peserta didik diharapkan menyampaikan pertanyaan yang berkaiatan dengan materi didalam sebuah kertas dan dikumpulkan (Pertanyaan yang terkumpul menjadi bahan untuk topic diskusi) ( Jika tidak ada pertanyaan sudah disiapkan oleh guru) MENALAR  Guru membagi peserta didik menjadi 6 kelompok masing masing kelompok beranggotakan 5 siswa dengan cara menghitung 1. atau media lainnya. tipografi. Mengumpulkan data/ informasi yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit dokumen. dan ruang. Mengkategorikan data/ informasi dan menentukan hubungannya selanjutnya disimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks tentang pembuatan garis. tipografi. Pendekatan : Scientifict learning 2. dan ruang. tipografi. tektur. Materi Ajar F. ilustrasi. tektur. penugasan G. E. Mampu mengkondisikan situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan mandiri tentang unsur-unsur tata letak berupa garis. group investigation. tipografi. 5. Membuat secara elektronik unsur-unsur tata letak berupa garis. Metode : Diskusi kelompok.6  Guru membagikan kertas pertanyaan kepada setiap kelompok . dan ruang. ceramah. eksperiman) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang unsur- unsur tata letak berupa garis. tektur. warna gelapterang. Strategi/model : cooperative learning/problem based learning 3. gelap-terang. ilustrasi. ilustrasi. tektur. ilustrasi. dan ruang dalam bentuk lisan. tipografi. warna gelapterang. dan ruang. 2. warna gelapterang. warna gelapterang. bidang. Mampu mengamati dan /atau membaca informasi tentang unsur-unsur tata letak berupa garis. Menyampaikan hasil konseptualisasi tentang garis. dan ruang D. warna gelapterang. tektur. Tujuan Pembelajaran 1. 5. tektur. 4. buku. warna. 3. ilustrasi. ilustrasi.

G. Penilaian Proses dan Hasil Belajar 1. Bentuk : Uraian dan tugas 3. Prasejarah Praaksara 2. Media Pembelajaran  Power Point  Kartu pertanyaan H.  Peserta didik membuat kesimpulan materi yang baru dibahas  Guru memberikan informasi tentang materi yang akan dibahas minggu depan dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi dulu dirumah sebagai tugas  Guru mengakhiri pelajaran dengan salam. untuk didiskusikan dan dikerjakan soalnya. Pemahaman sejarah yang tidak kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah. Kronologis berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu.  Peserta didik diberikan pertanyaan secara lisan. MEMBUAT JEJARING  Guru meminta perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan dan diskusinya di depan kelas  Peserta lain menanggapi hasil pekerjaan dan diskusi yang di presentasikan  Peserta didik mencatat/ menyempurnakan hasil diskusinya  Peserta didik membuat laporan hasil dikusi untuk dikumpulkan Penutup  Peserta didik diberikan ulasan singkat tentang kegiatan 20 Menit pembelajaran dan hasil belajarnya  Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan yang belum jelas.  Siswa mendiskusikan dan mengerjakan pertanyaan pertanyaan yang disampaikan MENCOBA  Peserta didik mencoba dan mengerjakan tugas yang diberikan  Peserta didik membuat laporan hasil diskusi. sehingga tidak terjadi secara melompat- lompat. Teknik : Tes dan Non tes 2. Pola Berpikir Sinkronik dan diakronik . Jelaskan pengertian kronologis dalam peristiwa sejarah! 3. 3. Bandingkan perbedaan pengertian Prasejarah dan Praaksara 2. Buku sumber Desain Grafis Semester 1 2. Bandingkan pola berpikir Sinkronis dan Diakronis KUNCI JAWAB: 1. Tes uraian: SOAL: Kerjakan soal berikut ini dengan benar! 1. Instrumen (Tes dan Non tes) a. Alat dan Sumber Belajar 1.

sehingga skor total adalah 25 (5x5). M. Skor ( max) 1 25 2 25 3. Contoh skor: 18---------nilai= 72 (18x4). Kemampuan bekerjasama 3.Pd.196409061991021001 NIP. 50 Jumlah 100 b. Kemampuan menyampaikan pendapat 4. Non Tes Penilaian: NO NAMA SISWA Keterampilan yang dinilai SKOR 1 2 3 4 5 TOTAL 1 2 3 dst Keterampilan/ aspek yang dinilai: 1. 196106221993032005 NIP. 15 Juli 2013 Kepala Sekolah WAKA I Guru Mata Pelajaran Ir. Retno Yuniar Dwi Aryani Drs. Mengesahkan: Diverifikasi: Bantul.. 197809252005011009 . Menghargai pendapat peserta diskusi Penilaian: Skor maksimum untuk setiap keterampilan yang dinilai adalah 5. Hannan Windu Mahmud. Pedoman Penskoran : Penskoran No. Partisipasi 2.Eng. M. Kemampuan berargumentasi 5. NIP. S. Diubah menjadi nilai dengan dikalikan 4 untuk mendapat nilai bulat (100).