You are on page 1of 7

SEL

Unit Terkecil Penuyusun MH

Macam-macam Sel Berdasarkan Inti
 Sel Prokariotik
- Tidak memiliki inti sel yang jelas karena tidak memiliki membran inti sel yang
dinamakan nucleoid
- Organel-organelnya tidak dibatasi membran
- Membran sel tersusun atas senyawa peptidoglikan
- Diameter sel antara 1-10mm
- Mengandung 4 subunit RNA polymerase
- Susunan kromosomnya sirkuler
 Sel Eukariotik
- Memiliki inti sel yang dibatasi oleh membran inti dan dinamakan nucleus
- Organel-organelnya dibatasi membrane
- Membran selnya tersusun atas fosfolipid
- Diameter selnya antara 10-100mm
- Mengandungbanyak subunit RNA polymeras
- Susunan kromosomnya linier

Macam Sel Berdasarkan Keadaan Kromosom dan Fungsinya
a. Sel Somatis : sel yang menyusun tubuh dan bersifat diploid
b. Sel Germinal : sel kelamin yang berfungsi untuk reproduksi dan bersifat haploid

Bagian – Bagian Sel
1. Membran Sel
Membran sel merupakan lapisan yang melindungi inti sel dan sitoplasma.

 Mengendalikan prosese berlangsungnya metabolism  Menyimpan informasi gen dalam bentuk DNA  Tempat terjadinya replikasi dan transkripsi  Mengatur kapan dan di mana ekspresi gen harus dimulai. dan diakhir .  Menstabilkan kesatuan  Lalu lintas molekul dan fisik membrane plasma ion secara dua arah  Sebagai sumber energi 2. dijalankan. Inti Sel Bagian sel yang palong mencolok diantara organel lain.

.3. o Melangsungkan sintesis protein 5. Ribosom Butiran kecil nukleoprotein yang tersebar di dalam sitoplasma. Retikulum Endoplasma Organel yang dapat ditemukan di seluruh sel hewan eukariotik. Sitoplasma Matriks yang berada dalam membrane plasma tetapi diluar nukleus. o Tempat terjadinya sitosolik o Tempat penyimpanan bahan kimia yang berguna bagi metabolism o Fasilitator agar organel dapat bergerak 4.

 Memproses protein dan molekul lain yang akan dibawa ke membran plasma. o Mencerna makromolekul dan merusak sel-sel asing o Menghidrolisis DNA. protein. Badan Golgi Kantung pipih bertumpuk dari ukuran besar sampi ukuran terkecil.  RE kasar : sebagai tempat penampung sintesis protein. Lisosom Organel yang berisi enzim hidrolitik. prosesnya disebut glikolisasi 7. Detokfikasi obat-obatan . Sintesis lipid .  RE halus : . RNA. dan lipid . Tempat melekatnya reseptor 6. Metabolisme karbohidrat .

o Terjadinya respirasi seluler yang menghasilkan ATP 9. Sentriol Seoasang strukturyang tersusun dari protein mikrotubulus. o Memelihara tekanan osmotik sel o Mengadakan sirkulasi zat dalam sel 11. Mitokondria Tempat di mana fungsi respirasi pada makhluk hidup berlangsung. Dinding sel terdiri dari Selulosa dan beberapa zat lain. Vakoula Organel yang berisi cairan. o Menyokong tumbuhan yang tidak berkayu 10. Dinding Sel Dinding sel hanya terdapat pada sel tumbuhan. o Mengatur kutub pembelahan sel hewan dan pemisahan kromoson selama pembelahan sel .8.

leukoplast : plastida yang berbentuk amilum(tepung) . yaitu : . Plastida Plastida adalah organel sel yang menghasilkan warna pada sel tumbuhan. terdiri dari : klorofil a dan b (untuk fotosintesis). dan karoten .kloroplast : plastida yang umumnya berwarna hijau. xantofil.kromoplast : plastida yang banyak mengandung karoten Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan 1. 12. Sel Hewan * tidak memiliki relatif kecil dinding sel * sentrosom dan sentriol tampak jelas * tidak memiliki butir plastida * bentuk tidak tetap karena hanya memiliki membran sel yang keadaannya tidak kaku * jumlah mitokondria relatif banyak * vakuolanya banyak dengan ukuran yang . ada tiga macam plastida.

2. Sel Tumbuhan * memiliki dinding sel * memiliki butir plastida * bentuk tetap karena memiliki dinding sel yang terbuat dari cellulosa * jumlah mitokondria relatif sedikit karena fungsinya dibantu oleh butir plastida * vakuola sedikit tapi ukurannya besar * sentrosom dan sentriolnya tidak jelas .