You are on page 1of 15

TUGAS FISIKA

Disusun Oleh

Nama :

Kelas :

No. Absen :

PEMERINTAHAN KABUPATEN PURBALINGGA
SMK NEGERI 2 PURBALINGGA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

. Ketika air kosong. PENERAPAN HUKUM ARCHIMEDES Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan Hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari : a. pelampung akan membuka kran untuk mengalirkan air. Dalam tangki tersebut terdapat pelampung yang berfungsi sebagai kran otomatis. Kran ini dibuat mengapung di air sehingga ia akan bergerak naik seiring dengan ketinggian air. KRAN OTOMATIS PADA PENAMPUNGAN AIR Jika di rumah kita menggunakan mesin pompa air. Tujuannya adalah agar diperoleh tekanan besar untuk mengalirkan air. maka dapat kita lihat bahwa tangki penampungnya harus diletakkan pada ketinggian tertentu.

Pengaturan banyak sedikitnya air laut yang dimasukkan.Sebaliknya. Berdasarkan konsep tekanan hidrostastis. kapal selam mempunyai batasan tertentu dalam menyelam. KAPAL SELAM Pada dasarnya prinsip kerja kapal selam dan galangan kapal sama. maka kapal bisa hancur karena tekanan hidrostatisnya terlalu besar. Jika akan mengapung. maka air laut dikeluarkan dari ruang cadangan. Jika kapal akan menyelam. menyebabkan kapal selam dapat menyelam pada kedalaman yang dikehendaki. . Jika kapal menyelam terlalu dalam. pelampung akan membuat kran tertutup sehingga secara otomatis kran tertutup b. maka air laut dimasukkan ke dalam ruang cadangan sehingga berat kapal bertambah. jika tangki sudah terisi penuh.

dan terapunglah hidrometer dalam zat cair. Hidrometer ini banyak dipakai untuk mengetahui besarnya kandungan air dalam susu. atau minuman lain. Diameter bagian bawah tabung dirancang lebih besar dengan tujuan agar volume zat cair yang dipindahkan oleh hidrometer menjadi lebih besar. Ini berarti adanya perbedaan bacaan yang terdapat pada skala menjadi lebih jelas. Agar tabung kaca tersebut terapung dan tegak dalam zat cair. Alat ini berbentuk tabung yang berisi pemberat dan ruang udara sehingga akan terapung tegak dan stabil seketika. Dengan begitu. HIDROMETER Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis zat cair. Tangkai tabung kaca ini dirancang sedemikian rupa agar perubahan kecil dalam berat benda yang dipindahkan dapat menghasilkan perubahan besar pada kedalaman tabung yang tercelup dalam zat cair tersebut. maka akan semakin sedikit bagian hidrometer yang tenggelam. Hidrometer ini terbuat dari tabung kaca. bir.c. . maka bagian bawahnya diberi butiran timbal yang berfungsi sebagai beban. Hidrometer bekerja sesuai dengan prinsip Archimedes. Semakin besar besar massa jenis zar air. dihasilkanlah gaya ke atas yang lebih besar.

maka permukaannya tidak akan sama tinggi. Namun. JEMBATAN PONTON Jembatan ponton adalah kumpulan drum-drum kosong yang berjajar sehingga menyerupai jembatan. Jika bejana ini diisi zat cair yang sejenis. maka permukaan zat cair ini akan sama tinggi. jika zat cair yang diisikan berbeda jenis. Jembatan ponton merupakan jembatan yang dibuat . e.d. BEJANA BERHUBUNGAN Bejana berhubungan adalah suatu wadah atau bejana yang tidak memiliki sekat atau saling berhubungan.

Gaya apung inilah yang mampu melawan berat kapal. jembatan naik. f. KAPAL LAUT Agar kapal laut tidak tenggelam badan kapal harus dibuat berongga. . sehingga kapal tetap dapat mengapung di permukaan laut. hal ini bertujuan agar volume air laut yang dipindahkan oleh badan kapal menjadi lebih besar.berdasarkan prinsip benda terapung. Jika air surut. Drum-drum tersebut harus tertutup rapat sehingga tidak ada air yang masuk ke dalamnya. Berdasarkan persamaan besarnya gaya apung sebanding dengan volume zat cair yang dipindahkan. sehingga gaya apungnya menjadi sangat besar. maka jembatan turun. Jembatan ponton digunakan untuk keperluan darurat. tinggi rendahnya jembatan ponton mengikuti pasang surutnya air. Apabila air pasang. Jadi.

Gas dalam balon gas ini adalah udara panas. Jika balon gasnya akan diturunkan. Dengan demikian. . sifat dari balon gas tersebut sama dengan zat cair. Massa jenis hydrogen atau helium ini lebih ringan dibanding dengan udara. Balon udara ini dapat melayang karena berisi gas yang memiliki massa jenis labih kecil dari massa jenis udara. Apabila balon udara sudah mencapai ketinggian yang diinginkan. maka udara panas harus dikurangi agar berat benda menjaid lebih besar dari gaya ke atas.g. maka ia dapat mengurangi udara panasnya hingga berat balon sama besarnya dengan gaya ke atas. Jadi. saat seseorang ingin balon gasnya naik. BALON UDARA Balon gas ini dapat melayang karena di dalam balon tersebut berisi gas hydrogen atau helium. maka ia harus menambahkan udara panas ke dalam balon.

Ada 2 macam peralatan yang biasanya digunakan dalam mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik yaitu motor hidrolik dan aktuator. maka tekanan pada tabung pertama akan dipindahkan ke tabung kedua sehingga dapat mengangkat beban yang berat. PENERAPAN HUKUM PASCAL 1. Aliran ini yang dimanfaatkan dengan cara merubahnya menjadi tekanan. Pompa hidrolik Pompa hidrolik menggunakan energi kinetik dari cairan yang dipompa pada suatu kolom dan energi tersebut diberikan pukulan yang tiba-tiba menjadi energi yang berbentuk lain (energi tekan). Dengan menaik turunkan piston. . Dongkrak ini merupakan sistem bejana berhubungan (2 tabung) yang berbeda luas penampangnya. Masing-masing ditutup dan diisi air. Pompa ini berfungsi untuk mentransfer energi mekanik menjadi energi hidrolik. Dongkrak hidrolik Dongkrak hidrolik adalah jenis alat yang bekerja sesuai dengan prinsip hukum Pascal yang berguna untuk memperingan kerja. 2. Tekanan dihasilkan dengan cara menghambat aliran oli dalam sistem hidrolik. Dengan menaik turunkan piston. Pompa hidrolik bekerja dengan cara menghisap oli dari tangki hidrolik dan mendorongnya kedalam sistem hidrolik dalam bentuk aliran. Dongkrak hidrolik terdiri dari 2 tabung yang berhubungan yang memiliki diameter yang berbeda ukurannya. maka tekanan pada tabung pertama akan dipindahkan ke tabung kedua sehingga dapat mengangkat beban yang berat.

Press hidrolik Berdasarkan hukum Pascal. alat press hidrolik menggunakan tekanan yang seluruh sistem tertutup adalah konstan. Salah satu bagian dari sistem itu adalah piston yang bertindak sebagai pompa. Tekanan yang didapat dari pedal akan diteruskan ke segala arah di permukaan pipa termasuk ujung-ujung pipa yang terhubung dengan piston cakram. dengan tujuan menghasilkan daya cakram yang besar daripada penginjakan pedal rem. Penyesuaian terhadap hukum Pascal yang dimaksud adalah dengan mendesain agar pipa pada pedal rem lebih kecil daripada pipa yang terhubung dengan piston cakram. pedal yang terhubung dengan . cairan akan kembali ke reservoir. 4. Rem hidrolik Pada rem hidrolik terdapat pipa-pipa hidrolik yang berisi cairan berupa minyak rem. dengan kekuatan mekanik sederhana yang bekerja pada luas penampang kecil. Ketika tekanan pada silinder tekan dilepaskan. gaya dibuat dengan tekanan yang dikurangi menjadi lebih rendah. Pipa dan piston inilah yang memegang peranan penting dimana konsep dan strukturnya telah didesain sedemikian rupa sehingga sesuai dengan hukum Pascal. Bagian lain adalah piston dengan luas yang lebih besar yang menghasilkan kekuatan mekanis yang lebih besar pula. Hanya memerlukan pipa berdiameter kecil yang lebih mudah dalam menolak tekanan jika pompa dipisahkan dari silinder tekan. Pada ujung-ujung pipa ini terdapat piston penggerak yaitu piston pedal dan piston cakram.3. Piston utama tidak menarik kembali ke posisi aslinya kecuali sebuah mekanisme tambahan digunakan. Saat pedal rem diinjak.

maka gaya yang tadinya digunakan untuk menginjak pedal rem akan diteruskan ke piston cakram yang terhubung dengan kanvas rem dengan jauh lebih besar sehingga gaya untuk mencengkram cakram akan lebih besar pula. maka dari itu cakram yang ikut berputar bersama roda. . Oleh karena itu pada alat pengukur tekanan darah dipilih air raksa sebagai cairan manometrik karena air raksa memiliki berat jenis yang lebih besar dibandingkan dengan berat jenis darah. berarti tekanan darah dapat diukur dengan menghitung berat jenis air raksa dikalikan dengan gravitasi dan ketinggian air raksa kemudian dikurangi dengan berat jenis darah dikalikan dengan gravitasi dan ketinggian darah. Cakram yang bersinggungan dengan kanvas rem akan menghasilkan gaya gesek. Karena luas permukaan piston cakram lebih besar daripada piston pedal. Hal itulah yang menyebabkan sistem kerja rem cakram hidrolik lebih efektif daripada rem konvensional. Dalam kasus alat pengukur tekanan darah yang menggunakan air raksa. Semakin lama perputarannya maka akan semakin pelan. 5. dan inilah yang disebut dengan proses pengereman. booster rem akan mendorong piston pedal dalam sehingga minyak rem yang berada pada pipa akan mendapatkan tekanan. Selain itu karena diameter dari cakram yang lebih lebar juga ikut membantu proses pengereman. Tensimeter atau Sfigmomanometer Cairan yang tekanannya akan diukur harus memiliki berat jenis yang lebih rendah dibanding cairan manometrik.

dimulai dari Wright bersaudara merancang pesawat yang membuka pintu dunia terhadap luasnya dunia aviasi hingga designer airbus dan boeing berlomba – lomba membuat design pesawat yang sangat efisien. mulai dari pesawat tanpa mesin hingga pesawat komersial sebesar A380 perlu memperhatikan aspek yang berkaitan dengan ilmu fisika. Dibalik semua itu ada 4 gaya yang sangat dasar yang perlu kita ketahui dalam bekerja nya suatu pesawat terbang . GAYA TAHAN PESAWAT TERBANG Apabila kita membahas tentang pesawat terbang maka kita tidak akan jauh membahas tentang ilmu fisika yang selalu setia menyertai dan menyebabkan pesawat yang kita naiki dapat terbang ke angkasa. Ilmu fisika yang membahas tentang bagaimana cara pesawat dapat terbang sangat sekali beragam. Designer pesawat terbang diseluruh dunia akan selalu teracu pada gaya – gaya yang bekerja dan mempengaruhi pesawat terbang.

1. Gaya tersebut tercipta oleh kinerja mesin pesawat yang menciptakan propulsi dan mendorong pesawat. Thrust Thrust adalah gaya dorong yang diciptakan oleh kerja mesin yang mendorong udara kebelakang agar pesawat dapat melaju kedepan. Gaya dorong ini dipengaruhi oleh hukum newton 2 & 3 yang mengatakan bahwa Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan masa benda dan Jika benda pertama mengerjakan gaya terhadap benda kedua. maka benda kedua akan mengerjakan gaya terhadap benda pertama yang besarnya sama. tetapi arahnya berlawanan. .

2. . Drag dapat sangat merugikan karena dapat menghambat laju pesawat tetapi juga dapat sangat bermanfaat apabila pesawat sedang melakukan proses pengereman. tetapi drag juga bisa dihasilkan oleh spoiler. Drag Saat pesawat mulai terdorong oleh kerja mesin. dan slat. Drag biasa juga disebut resistance atau berlawanan. flap. ada gaya yang bekerja berlawanan atau menghambat geraknya pesawat dengan menghasilkan gaya gesek sehingga menahan laju pesawat. perancang pesawat berupaya untuk memilimalisir gaya ini dengan merancang jalannya udara agar tidak terlalu terhambat dengan body pesawat itu sendiri. Ilmu yang mempelajari tentang pergerakan udara disebut aerodinamika. Hal yang mempengaruhi drag dalam dunia penerbangan adalah fuselage atau body pesawat itu sendiri.

. hal tersebut sedikit menyinggung hukum bernoulli yang memang menjadi dasar acuan gaya angkat pesawat.3. Lift Lift adalah gaya yang mempengaruhi tentang bagaimana pesawat tersebut dapat terangkat ke udara. Dengan bentuk sayap yang telah dirancang tersebut membuat kecepatan udara diatas sayap lebih tinggi daripada kecepatan udara dibagian bawah sayap sehingga tekanan udara di bagian atas sayap lebih rendah dibandingkan dengan dibagian bawah sayap hal tersebut mengakibatkan udara akan mengangkat pesawat keatas. Dengan memanfaatkan gaya drag yang dihasilkan oleh sayap dan mengalirkan udara kebagian bawah sayap sehingga menghasilkan gaya angkat dan menerbangkan pesawat tersebut.

Hal ini berkaitan dengan hukum relativitas umum einstein mengenai gravitasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin berat pesawat atau semakin besar weight nya maka akan semakin besar pula gaya dorong dan gaya angkat yang diperlukan oleh pesawat tersebut agar dapat tetap terbang. Semakin berat pesawat maka akan memaksa gaya sebaliknya untuk bekerja lebih keras yaitu dengan menambah lift yang dengan kata lain menambah thrust. Weight Setelah pesawat berhasil berada di udara.4. . ada lagi satu gaya terakhir yang menjadi resistance bagi lift yaitu adalah weight yang mempengaruhi beban pesawat itu sendiri ditambah dengan gaya gravitasi yang menarik badan pesawat untuk kembali ke tanah.