You are on page 1of 5

ANALISIS KURIKULUM KIMIA SMA/MI

MATA PELAJARAN : Kimia

KELAS : XI

KOMPETENSI INTI : 3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora degnan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menrapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spsesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.

4. Mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Indikator Strategi Kegiatan Pembelajaran Tagihan Sumber
Pembel Guru Siswa
ajaran
3.14 Menjelaskan Problem Pertemuan 1
Mengelompokkan sistem koloid (C2) Based 1. Orientasi terhadap
berbagai tipe Mengidentifikasi Learning masalah
sistem koloid, dan jenis sistem (PBL)  Memperlihatkan
menjelaskan koloid contoh koloid dan  Memperhatikan
kegunaan koloid berdasarkan fasa non koloid contoh koloid yang
dalam kehidupan terdispersi dan dibawa oleh guru
berdasarkan sifat- pendispersinya
sifatnya (C1)

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya  Mengarahkan siswa untuk mempresentasikan  Mempresentasikan hasil percobaan dan hasil percobaan dan hasil diskusi hasil diskusi . mendiskusikan diberikan oleh guru sifat koloid mengapa contoh- dengan contoh tersebut aplikasinya dalam dapat dikatakan kehidupan sehari. sebagai koloid dan hari (C4) non beserta dengan sifat-sifatnya 3. Membimbing penyelidikan  Memberikan lembar percobaan dan memonitor siswa  Melakukan dalam melakukan percobaan dan percobaan mengisi lembar jawaban yang telah diberikan oleh guru 4. Mengorganisasikan sifat-sifat yang peserta didik dimiliki koloid  Mengarahkan siswa  Berdiskusi mengenai (C4) untuk masalahyang telah Mengaitkan sifat.Mengelompokkan 2.

5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan  Memberikan saran dan mengevaluasi hasil presentasi siswa  Menerima saran dan hasil evaluasi dari guru 4.14 Membuat Menyimpulkan Project Pertemuan 2 makanan atau teknik Based produk lain yang pembuatan Learning 1. teknik krim untuk bisa secara berkelompok pembuatan dianalisis mengapa koloid (C6) produk tersebut Mempresentasika dikatakan koloid. n hubungan hasil serta bagaimana produksi dengan cara pembuatannya materi koloid (C5) 2. Mendesain perencanaan .contoh informasi mengenai produk lain yang produk koloid teknik pembuatan menggunakan seperti yogurt. es produk tersebut. Penentuan berupa koloid atau koloid dari (PjBL) pertanyaan melibatkan prinsip berbagai sumber mendasar koloid (C6) Memproduksi  Menampilkan  Mengumpulkan makanan atau contoh.

proyek  Mengarahkan siswa untuk membuat  Menyusun langkah langkah-langkah kerja dalam membuat dalam proyek produk koloid pembuatan produk koloid tersebut 3. Menyusun jadwal  Menawarkan pilihan tentang waktu konsultasi dan  Berdiskusi untuk waktu penyelesaian menetapkan waktu project konsultasi dan waktu penyelesaian project Pertemuan 3 4. Memonitor kemajuan proyek  Membuka waktu konsultasi mengenai produk yang dibuat siswa  Siswa konsultasi terkait kendala apa saja yang ditemui siswa dalam proses pembuatan produk Pertemuan 4 .

5. kriti dan bekerja saran dari guru berkelompok. memberikan kritik. Menguji proses dan hasil project  Mempresentasikan  Mengarahkan siswa produk koloid yang untuk dihasilkan mempresentasikan hasil project yang telah dibuat 6. Melakukan evaluasi pengalaman membuat proyek atau melaksanakan proyek  Mengevaluasi cara  Menerima hasil kerja siswa dalam evaluasi. saran. dan mengevaluasi produk yang dihasilkan oleh siswa .