You are on page 1of 5

Enzim-enzim pada replikasi DNA

Enzim-enzim pada replikasi DNA

Replikasi DNA merupakan proses enzimatis. Enzim-enzim yang berperan (fungsi,
sifat, dan cara kerja) pada replikasi DNA antara lain enzim DNA polimerase, DNA ligase,
DNA gyrase, dan Helicase. Ada 3 macam enzim polimerase DNA yaitu polimerase DNA I, II,
dan III.

1. Enzim polimerase DNA I

- DNA polimerase I berperan menghilangkan RNA primer yang melekat pada lagging strand
DNA dan mengganti dgn DNA

- Merupakan rantai tunggal polipeptida dengan BM 109 kdal

- Mengkatalisir penempelan unit deoxyribonucleotida baru ke rantai DNA pemula (primer
strand)

- Kecepatan mengkatalisir 10 nukleotida diambahkan tiap detik setiap 1 mol polimerase
DNA I

- Mempunyai aktivitas 3’-5’ exonuclease yaitu mengecek hasil polimerisasi sebelum
dilanjutkan

- Mempunyai aktivitas 5’-3’ exonuclease

Perbedaan 3’-5’ exonuclease dan 5’-3’ exonucelase

000 yang terdiri atas 7 polipeptida yang berbeda. Satu atau lebih polipeptida yang lain mengikat molekul ATP. Enzim polimerase DNA II Fungsi spesifik enzim polimerase DNA II belum dapat jelas.Membetulkan kesalahan dengan menghidrolisa DNA dari ujung rantai 5’.Berfungsi menghidrolisa DNA jika terjadi kesalahan (memotong nukleotida yang bukan pasangan nukleotidanya) dari ujung 3’-OH .Pemotongan ikatan harus sudah di dalam rantai double helix . Mungkin dua kompleks holoenzim dibutuhkan dalam replication fork. 2.fosfat . 4. Merupakan Holoenzim kompleks denGan BM 550. kecepatan mengakataliisis 150 nukleotida ditambakan setiap detik.Nukleotida yang diambil harus mempunyai gugus 3’-OH bebas dan bukan bagian double helix 5’-3’ exonuclease .Kesalahan yang dibetulkan baik salah karena basa tidak sesuai dengan pasangannya maupun kesalahan yang lain. α membawa aktivitas 5’-3’ exonclease sedangkan lainnya memBawa aktivitas 3’-5’ exonulease. misal terjadinya ”thymine dimer”. Enzim Polimerase DNA III Merupakan polimerase yang bertanggungjawab Pada replikasI invivo. Sedangkan sisanya belum diketahui fungsinya. Enzim polimerase DNA III ini mengandung ion Zn2+ dan mebutuhkan ion Mg2+ untuk bekerjanya. yang mempunyai ciri: . serta mempunyai aktivitas 3’-5’ exonuclease. 3. hanya diketahui enzim ini berperan juga pada replikasi DNA. tetapi tidak dapat mengkatalisis penggabungan 2 rantai DNA. 3’-5’ exonuclease . pembentukan ikatan fosfodiester ini berupa reaksi endergoni (butuh tenaga) .Berupa rantai polipeptida tunggal BM 77000 .Pemotongan ikatan terjadi pada ikatan fosfodiester ujung 5’ atau beberapa residu dari ujung 5’ .5 nukleotida ditambahkan tiap detik. DNA ligase Enzim polimerase DNA dapat menambahkan deoksiribonukleotida ke rantai pemula.Memerlukan gugus OH pada ujung 3’ bebas dan gugus fosfat pada ujung 5’ rantai yang lain. Kecepatan mengkatalisis sebanyak 0. Pada tahun 1967 ditemukan adanya enzim yag mengkatalisis pembentukan ikatan fosfodiester antara 2 rantai. Enzim ini disebut enzim ligase.Proof reading action .

Enzim ini mengikat ATP dan mengikat rantai tunggal DNA.Mengubah bentuk relax menjadi supercoiled dengan membutuhkan ATP 6. dCTP) atau ion Mg2+ rantai pemula DNA (primer chain) dengan gugus bebas . 2007) Bahan dasar untuk replikasi DNA adalah Deoxyribonucleotida 5’triphosphate. Nukleotida pada RNA pemula/RNA primer dihilangkan/diputus satu demi satu oleh aktivitas 5’-3’ exonuclease. III. Enzim primase DNA beraktivitas dengan arah 5’-3’ (hanya terdiri atas 10 nukleotida). enzim- enzim polimerase DNA I.coli merupakan polipeptida yang terdiri atas 177 asam amino.Termasuk topoisomerase tipe II . dTTP.Menyambung ujng DNA dupleks untuk menghasilkan DNA sirkuler . tidak ada lekukan/bengkokan. Enzim helicase Enzim yang membuka putaran segmen DNA tepat di bagian depan garpu replikasi. Untuk mensintesa DNA.Bekerja sama dengan polimerase DNA pada replikasi DNA 5. II.Berfungsi membuka supercoiled sebelum replikasi berlangsung .. satu mengikat pada templatenya lagging strand dan bergerak dengan arah 5’-3’. Enzim girase DNA (”DNA Gyrase”) . Enzim ini disebut Helix- destabilizing protein (single strand DNA binding protein (SSBP). dan enzim ligase DNA. (Moeljoprawiro. Ada dua macam enzim helicase. Rantai yang telah terikat oleh SSBP menjadi kaku dan lurus. yang satunya lagi mengikat pada rantai template leading strand dan bergerak dengan arah 3’-5’.Menyambung sintesa DNA pada proses rekombinasi .Memperbaiki rantai yang putus pada DNA dupleks . Kemudian pada ujung 3’ ditambahkan dioksiribonukleosida trifosfat (oleh enzim polimerase DNA III) satu demi satu sehinga lengkap 1000-2000 nukleotid. 8. disebut enzim helicase. Single Strand Binding Protein (SSBP) Secepatnya setelah rantai terbuka beberapa mol protein tertentu mengikatkan diri sangat erat untuk menjaga jangan sampai rantai berdekatan lagi. SSBP pada E. 7. dGTP. enzim polimerase DNA I membutuhkan 4 macam deoksiribonukleosida 5’ triphoshate (dATP.Menyambung 2 mol rantai DNA yang merupakan bagian dari DNA double helix (tidak dapat menyambung 2 mol rantai tunggal) Fungsi enzim ligase sebagai berikut: .

com Rekomendasi Artikel: Aktivitas Rhizobium Pada Leguminoceae PEMBUATAN YOGURT DAN SOYGHURT DENGAN VARIASI STARTER Pemetaan Komponen Portofolio dalam Konteks Kompetensi Guru PENILAIAN KELAS "Bagaimana Cara Membuat Sosok Guru Kita yang Ideal dan Profesional?" "Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Pendidikan Mahal" "Mari Menghina Indonesia" "PILIHLAH PEMIMPIN YANG PEDULI TERHADAP PENDIDIKAN¨ "Vitamin D" dalam Pengangkatan Kepala Sekolah. Suamiku Ngaceng Selama 4 Jam .google. Pemanjangan terjadi karena penggabungan 3’-OH pada DNA pemula dengan atom fosfor yang paling di adalam dari deoksiribonukleosida trifosfat yang ditambahkan. Masihkah? 'Pendidikan Internasional'. Bagaimanakah Maknanya? 1.Aku Jadi Basah Melihatnya Dengan Rahasia Ini.3’-OH dan ”DNA template”. Pemanjangan rantai dengan arah 5’-3’.851 Siswa Tidak Lulus Unas SMA Sederajat 9 Prinsip Pendidikan Orang Dewasa .ru Download Aplikasi Gratis Garansi Harga Termurah Free Ongkir Se- Indonesia play. Pengertian dan Fungsi Portofolio 10 Aspek Degradasi Moral dan 11 Prinsip Pendidikan Karakter 10 Jenis Terapi Autisme 20 Tips Menghadapi Ujian 4 Kunci Perkembangan Otak Anak 5 Cara Mendidik Anak Menurut ISLAM 5 Unsur Penting dalam Lingkungan Pembelajaran Konstruktivis 7 Langkah Mengembangkan Pemikiran Kritis Saat Belajar 8. start-chel.

Habisi Lemakmu Scr Cepat Turun 42kg dengan mudah dan cepat. RampingSehat. Simak ceritanya.com . Cukup pagi & malam sekali.