You are on page 1of 19

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Sistem Gerak Pada Manusia
Alokasi Waktu : 4 JP ( 2 x Pertemuan )

A. Kompetensi Inti

KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, Percaya diri dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
KI-3 Memahami Pengetahuan (Faktual, Konseptual, dan Prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
KI Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
K-4 merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang di pelajari di
sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar

3.1 Memahami gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya
menjaga kesehatan sistem gerak

4.1 Membuat tulisan tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga
kesehatan sistem gerak manusia

C. Indikator Pencapaian
Setelah Pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1 : Struktur dan fungsi rangka
3.1.1 menjelaskan pengertian gerak
3.1.2 menjelaskan fungsi rangka, sendi dan otot
3.1.3 menyebutkan bagian-bagian rangka manusia
3.1.4 menunjukan macam tulang berdasarkan bentuk dan zat penyusunnya
3.1.5 menyebutkan jumlah tulang penyusun bagian tubuh
3.1.6 menggambarkan bagian-bagian sel tulang dengan penjelasannya

Pertemuan 2 : Struktur dan fungsi sendi
3.1.7 menyebutkan macam-macam sendi dan kerjanya

Pertemuan 3 : Struktur dan fungsi otot
3.1.8 menyebutkan macam-macam otot dan kerjanya
3.1.9 menggambarkan ciri macam-macam otot lengkap dengan penjelasannya

Pertemuan 4 : Upaya menjaga kesehatan sistem gerak
3.1.10 menyebutkan gangguan dan penyakit pada sistem gerak

inferensi.1. sendi dan otot 3.1.1. dan mengomunikasikan hasil 4.2 menjelaskan fungsi rangka.1. Jenis tulang penyusun rangka manusia  tulang panjang  tulang pendek  tulang pipih  tulang tak beraturan . 1. Tujuan Pembelajaran Melalui pengamatan dan diskusi informasi.1. Materi Pembelajaran 1.8 menyebutkan macam-macam otot dan kerjanya 3.1.1.7 menyebutkan macam-macam sendi dan kerjanya Pertemuan 3 : Struktur dan fungsi otot ( 3 JP ) 3.2 membuat tulisan tentang cara mencegah dan mengatasi penyakit tulang Pertemuan 5 : Penilaian Tulis ( 2 JP ) D. Fungsi rangka bagi tubuh manusia:  memberi bentuk dan mendukung tubuh kita  melindungi organ dalam  tempat menempel otot  tempat pembentukan sel darah 2.11 menyebutkan cara mencegah dan mengatasi gangguan pada sistem gerak 4.10 menyebutkan gangguan dan penyakit pada sistem gerak 3.12 menyebutkan cara mencegah dan mengatasi gangguan pada sistem gerak 4.1.6 menggambarkan bagian-bagian sel tulang dengan penjelasannya Pertemuan 2 : Struktur dan fungsi sendi ( 2 JP ) 3.4 menunjukan macam tulang berdasarkan bentuk dan zat penyusunnya 3.5 menyebutkan jumlah tulang penyusun bagian tubuh 3. 3.1.3 membuat tulisan tentang cara mencegah dan mengatasi penyakit tulang E.1.1.1 menjelaskan pengertian gerak 3.9 menggambarkan ciri macam-macam otot lengkap dengan penjelasannya Pertemuan 4 : Upaya menjaga kesehatan sistem gerak ( 2 JP ) 3. inferensi.1. diharapkan siswa dapat : Pertemuan 1 : Struktur dan fungsi rangka ( 3 JP ) 3.1.3 menyebutkan bagian-bagian rangka manusia 3. MATERI REGULER Sistem Gerak pada Manusia pertemuanuan 1 : Struktur dan fungsi rangka ( 3 JP ) Struktur sistem rangka dan fungsi rangka bagi tubuh manusia.1.1.1 menyajikan hasil pengamatan.1 menyajikan hasil pengamatan.1. dan mengomunikasikan hasil 4.

e. . yaitu:  Kifosis. jika tulang belakang melengkung ke depan yang menyebabkan kepala tertarik ke belakang. 2.  Fraktura terbuka. sehingga badan tampak melengkung ke kiri atau ke kanan.. Hal ini menyebabkan kepala menjadi kecil. yaitu:  Fraktura sederhana. Gangguan pada Tulang Belakang Gangguan pada tulang terjadi karena kedudukan tulang belakang bergeser dari kedudukan normal. Penderita gangguan ini memiliki tulang kaki berbentuk X atau O. Osteoporosis Osteoporosis adalah gangguan tulang karena reabsorpasi bahan tulang terhambat. Lordosis. Struktur tulang  epifisis  diafisis  periosteum  tulang kompak  tulang spons Gangguan Tulang Gangguan tulang meliputi: a. Retak Tulang : Retak tulang dibedakan menjadi beberapa macam. sehingga penderita kelihatan bungkuk  Skoliosis. jika tulang punggung melengkung ke belakang. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya Macam-macam sendi berdasarkan Arah gerakannya antara lain sebagai berikut. Hidrosefalus Hidrosefalus adalah kelainan yang disebabkan oleh pengumpulan yang abnormal dari cairan spinal dan terjadi pelebaran rongga otak sehingga kepala membesar. d. Kelainan pada tulang belakang ada beberapa macam. Pengertian Sendi Pengertian sendi adalah penghubung antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. apabila tulang hanya retak dan sebagian tidak sampai memisah. jika tulang belakang melengkung ke arah samping. Mikrosepalus Mikrosepalus adalah kelainan yang disebabkan oleh terhambatnya pertumbuhan tulang tengkorak karena kekurangan zat kapur pada waktu bayi. Hal ini disebabkan oleh kekurangan hormon kelamin pria atau wanita. Rakhitis Rakhitis adalah penyakit tulang menjadi rapuh karena kekurangan vitamin D. 3. apabila tulang yang patah menyebabkan otot terluka. apabila tulang yang retak tidak sampai melukai otot. Pertemuan 2 : Struktur dan fungsi sendi ( 2 JP ) 1. apabila tulang yang patah sampai mencuat keluar kulit. f. tetapi tidak keluar dari kulit.  Fraktura tertutup. Macam-Macam Sendi a.  Greenstick (retak tak lengkap). b. c.

Sendi siku.  Amfiartrosis (Amphiarthrosis) atau Sendi kaku adalah hubungan antartulang yang hanya sedikit memungkinkan terjadinya gerakan. Sendi sternoklavikularis.  Sendi Geser adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain.  Sendi Putar adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang lainnya sebagai poros. lutut. Contoh sendi geser adalah persendian antartulang karpal. Contohnya sendi kaku adalah persendian tulang-tulang pergelangan tangan. Sendi pergelangan. d. Sendi Engsel adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan satu arah maju atau mundur.  Sendi Kartilaginosa adalah persendian yang arahnya gerakannya kurang atau terbatas.  Sinartosis (Synarthrosis) atau Sendi mati adalah hubungan antartulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan. Contoh sendi putar adalah persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpul. maupun ke segala arah. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Anatomi Lokasi  Sendi artikulasi Tangan. antara lain sebagai berikut.  Sendi Peluru adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Sifat Macam-macam sendi berdasarkan sifat dan biasa pula dikatakan dengan pergerakan atau fungsinya. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Strukturnya Macam-macam sendi berdasarkan Strukturnya antara lain sebagai berikut. sendi pada tulang jari tangan dan kaki. bahu dan panggul. c. dan persendian antararuas jari tangan. Sendi temporomandibular rahang. Sendi lutut .  Sendi Fibrosa adalah sendi yang terdiri atas serat-serat kolagen yang sebagian besar dari sendi fibrosa tidak dapat digerakkan sama sekali karna jarak antar tulang sangat dekat yang dipisahkan selapis jaringan ikat fibrosa.. Contohnya Tulang iga. contohnya persendian pada tulang tengkorak. Sendi pinggul. baik gerak satu arah. yang hubungkan oleh tulang rawan hialin. dua arah.. b. pergelangan tangan dan kaki. Contoh sendi pelana adalah persendian tulang tumit dan tulang kering. Sendi Sakroiliaka panggul. Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu. dan persendian ruas-ruas tulang belakang  Diartrosis atau Sendi gerak adalah hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerak.  Sendi Sinovial adalah sendi yang arah gerakannya leluasa atau bebas.  Sendi Pelana adalah antartulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti gerakan orang naik kuda. Contoh letak sendi fibrosa adalah sutura pada antara tulang tengkorak. Contoh sendi engsel adalah persendian pada siku. sendi sinovial adalah sendi yang paling banyak pada tubuh manusia. Sendi artikulatoris vertebra. Sendi artikulasi Kaki. Contohnya sikut dan lutut. Sendi Bahu aksila (Glenohumeral dan sendi akromioklavikularis). persendian tulang pergelangan kaki.

otot lurik dan otot jantung. sedangkan bagian ujungnya mengecil. Sifat Tidak sadar Sadar Tidak sadar Gerakan 5. saluran mata dan mulut pencernaan. . Otot adalah penggerak bagian – bagian tubuh sehingga otot disebut alat gerak aktif. . . STRUKTUR OTOT No Ciri – Ciri Otot Polos Otot Lurik Otot Jantung 1. Miofibril Searah dengan Serat lintang Serat lintang dan panjang sel (garis melintang) bercabang 4. Lokasi Dinding organ Otot yang melekat Dinding jantung dalam seperti. Cepat namun Lambat. Gambar Otot Polos Otot lurik Otot jantung . pada rangka. Serabut – serabut otot pada hakekatnya adalah sel – sel otot. Kedua bagian ujung otot yang bersifat liat dan keras disebut urat (tendon). Otot adalah jaringan yang dapat berkontraksi (mengkerut) dan relaksasi (mengendur). otot usus pembuluh yang melingkari darah. teratur. Inti 1 (di tengah) Banyak (Letaknya Banyak ( di tepi) Letaknya di tengah) 3. Pada saat otot berkontraksi otot menjadi lebih pendek. . Tendon yang menempel pada tulang yang dapat bergerak disebut Insensio. Bagian tengah dari otot menggembung. Bentuk Gelondong Silindris (Tabung) Silindris Bercabang 2. Serabut otot tersusun dari serat – serat otot (miofibril). Tendon yang menempel pada tulang yang tidak dapat bergerak disebut Origo. Berdasarkan strukturnya otot dapat dibedakan menjadi tiga macam : otot polos. saluran pada wajah eksresi 7. . . Kemampuan Lambat. . tidak Berkontraksi tidak mudah mudah lelah mudah lelah lelah 6. . yang terdapat trakhea. Pertemuan 3 : Struktur dan fungsi otot ( 3 JP ) .

2. Makan makanan bergizi 3. persendian. Rajin berolah raga 2.  Gautartritis. Hindari aktivitas yang terlalu berat 4. yaitu gangguan gerak karena kegagalan metabolisme asam urat. MATERI REMIDI Struktur Otot 3. MATERI PENGAYAAN Gangguan pada sistem gerak manusia berupa kelainan atau penyakit pada alat gerak seperti tulang. Hal ini terjadi pada tubuh atlet. sampai akhirnya otot tidak mampu lagi berkontraksi karena kehabisan energi. yaitu penyakit sendi karena menipisnya tulang rawan. misalnya binaragawan. yaitu: a.  Atropi : Atropi adalah gangguan otot karena otot mengecil sehingga kemampuan untuk berkontraksi hilang. Gangguan ini bisa terjadi pada seluruh sistem gerak manusia yang meliputi hal-hal sebagai berikut : 1. Artritis Artritis atau infeksi sendi.  Hipertropi : Hipertropi adalah keadaan otot menjadi lebih besar dan kuat karena sering dilatih. Posisi tidur yang baik Pertemuan 5 : Penilaian Tulis ( 2 JP ) 2. dan otot. b. Keseleo Keseleo adalah gangguan persendian karena tertariknya ligamen sendi oleh gerakan tiba- tiba atau yang tidak biasa dilakukan. atlet angkat besi. Pertemuan 4 : Upaya menjaga kesehatan sistem gerak ( 2 JP ) Upaya menjaga kesehatan sistem gerak adalah : 1. Dislokasi Dislokasi adalah pergeseran kedudukan sendi karena sobek atau tertariknya ligamen. yaitu penyakit kronis pada jaringan penghubung sendi. antara lain:  Kejang Otot : Kejang otot adalah gangguan otot karena melakukan aktivitas terus-menerus. c. yaitu gangguan sendi karena pera-dangan pada sendi. Artritis dapat dibedakan menjadi beberapa macam.  Ostevartritis. dan atlet sepakbola. Fungsi otot : Sebagai alat gerak aktif pada manusia. Istirahat cukup 5. . Gangguan Otot Sedangkan gangguan atau penyakit pada sistem gerak manusia yang ketiga adalah gangguan otot. Beberapa gangguan pada otot. d. Gangguan Persendian Gangguan atau penyakit pada sistem gerak manusia yang kedua adalah gangguan persendian dapat dibedakan menjadi beberapa macam. yaitu:  Reumatoid. Ankilosis Ankilosis adalah keadaan sendi tidak dapat digerakkan.

membentuk kelompok Observasi. perkembangan tulang (Buku Siswa) Verifikasi 4) Peserta didik. diskusi pula mengenai. halaman 40 tentang macam tulang. jenis tulang dan fungsi tulang serta perkembangan tulang. F. identifikasi pula bentuk. c) Melakukan klasifikasi tulang dengan bantuan / mengisi tabel “ayo kita lakukan ‘ pada buku siswa Data processing (pengolahan Data) 3) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah hasil pengamatan dengan cara mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan- pertanyaan pada “ Ayo kita coba”. Mengapa tubuh temanmu itu dapat duduk dengan tegak? Menurut kamu apa yang membuat tubuh temanmu seperti itu? Coba bandingkan dengan bangunan yang berdiri kokoh ! 4) Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran 5) Guru membantu siswa.  Hernia Abdominalis : Hernia abdominalis adalah sobeknya otot dinding perut yang lemah sehingga usus melorot masuk ke rongga perut. kelainan/ penyakit pada rangka manusia Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) 5) Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dgn diskusi kelas yaitu: a) Fungsi rangka pada manusia . letak. fungsi dan “ Ayo kita lakukan. mengamati 1) Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa kegiatan yang akan kita lakukan yaitu “ mengamati sistem rangka pada tubuh manusia dengan mengisi lembar kegiatan ‘ayo kita coba’. Data collection (pengumpulandata) 2) Peserta didik secara kelompok a) Melakukan pengamatan pada model rangka manusia atau gambar rangka manusia.  Tetanus : Tetanus adalah kejang otot yang disebabkan oleh toksin yang dihasilkan oleh Clostridium tetani.  Kaku Leher atau Stiff : Kaku leher terjadi karena otot leher mengalami peradangan akibat gerakan atau hambatan yang salah sehingga leher terasa kaku. Kegiatan Pembelajaran muan 1 : Struktur dan fungsi rangka ( 3 JP ) an rangsangan) 1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdoa 2) Peserta didik mengamati teman yang duduk disebelahnya dan membandingkan dengan gambar bangunan yang berdiri kokoh pada buku siswa untuk menggambarkan fungsi rangka 3) Guru memberi motivasi berupa pertanyaan yaitu: ‘’Coba amati teman yang duduk disebelahmu. identifikasi minimal 10 macam tulang penyusun rangka tubuh manusia b) Selain mengidentifikasi macamnya. halaman 43 tentang klasifikasi tulang manusia berdasar bentuk dan ukuran.

Observasi Pengumpulan data 3) Melakukan percobaan identifikasi sendi . tentang kegiatan yang dilakukannya. menyusun laporan pengamatan secara kelompok b. tulang yang termasuk salah satu system gerak manusia sangat keras serta tidak dapat dibengkokkan.  Masih ingatkah kamu dengan komponen penyusun tulang ?  Mengapa kamu dapat melakukan berbagai macam gerakan?Padahal.hari 4) Guru memberi Post Test secara lisan 5) Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu tentang Sendi manusia muan 2 : Struktur dan fungsi sendi ( 2 JP ) 1) Guru memberi salam dan menyapa peserta didik. menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan asupan makanan dan perilaku sehari. 3) Peserta didik melakukan pengamatan terhadap gerakan-gerakan yang dilakukannya.. 6) Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa ada 2 kegiatan yaitu “ mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari” dan menganalisis secara singkat prinsip kerja sendi. 4) Guru merangsang peserta didik agar bertanya. b) Macam tulang penyusun rangka manusia ( minimal 10) c) Klasifikasi / jenis tulang berdasar bentuk dan ukurannya. untuk membedakan bahan penyusun tulang keras dan tulang rawan e) Kelainan/ penyaklt pada rangka manusia 1) Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran 2) Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik 3) Guru memberikan tugas : a. 7) Guru Menyampaikan tujuan Pembelajaran dan cakupan materi i masalah 1) Membagi peserta menjadi 6 kelompok 2) Diskusi kelompok untuk mengkaji LKPD bagaimana strategi percobaan identifikasi sendi. 2) Guru mengajak siswa berdoa. d) Perkembangan tulang. 5) Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan.

muan 3 : Struktur dan fungsi otot ( 3 JP ) an rangsangan) 1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. Generalisasi 8) Membuat kesimpulan tentang macam sendi. Pembahasan tugas dan identifikasi masalah 1) Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu mengamati diameter otot dan mengamati otot jantung. dan otot polos. 1) Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran 2) Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik 3) Peserta didik menjawab pertanyaan tentang macam-macam sendi. Pengolahan data dan Analisis 5) Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKPD sampai diperoleh hubungan antara jenis gerak yang dilakukan dengan macam sendi. 5) Peserta didik diajak untuk berpikir. . otot rangka. apakah tulang – tulang penyusun rangka tubuh manusia dapat digerakkan tanpa adanya bagian yang lainnya. misalnya: a) Apa yang membedakan kedua gambar tersebut ? b) Kenapa otot binaraga bisa terbentuk bagus? 4) Sebelumnya peserta didik telah mempelajari bahwa tulang merupakan alat gerak pasif. 2) Peserta didik mengamati gambar seorang binaragawan dan seorang yang kurus. 3) Guru memberi motivasi agar peserta didik mengajukan pertanyaan. Verifikasi 6) Presentasi hasil percobaan identifikasi sendi 7) Diskusi tentang hubungan jenis gerak yang dilakukan dengan macam sendi berdasarkan data hasil percobaan dan mencocokan dengan koonsep pada buku sumber. 4) Peserta didik mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan yang tersedia pada LKPD identifikasi sendi. 5) Guru mengajak berdoa untuk menutup kegiatan. 4) Pemberian tugas untuk mempelajari tentang struktur dan fungsi otot.

8) Menganalisis data pengukuran dan pengamatan. Observasi 3) Siswa melakukan pengukuran lengan teman pada saat kontraksi dan relaksasi. Generalisasi 10) Menarik kesimpulan – kesimpulan struktur otot dan fungsi otot pada manusia. rangka dan otot jantung. 2) Guru memberi reward (penghargaan) kepada anak yang memiliki kinerja baik. membentuk kelompok Observasi. menanya 1) Guru menginformasikan pada peserta didik bahwa kegiatan yang akan kita lakukan yaitu mempelajari “Upaya menjaga kesehatan sistem gerak dengan mengisi lembar kegiatan ‘ayo kita coba’. 3) Tugas untuk mempelajari upaya menjaga kesehatan sistem gerak muan 4 : Upaya menjaga kesehatan sistem gerak ( 2 JP ) an rangsangan) 1) Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdoa 2) Peserta didik mengamati gambar 3) Guru memberi motivasi berupa pertanyaan yaitu: ‘’Coba amati gambar. 4) Siswa melakukan pengamatan gambar otot polos. 2) Memberikan pertanyaan untuk dijawab dan didiskusikan oleh siswa. Data collection (pengumpulandata) 2) Peserta didik secara kelompok mencari informasi dari buku : upaya menjaga kesehatan sistem gerak 3) Melakukan klasifikasi dengan bantuan / mengisi tabel “ayo kita lakukan ‘ pada buku siswa Data processing (pengolahan Data) 4) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah hasil pengamatan dengan cara mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan- . 6) Siswa mengidentifikasi struktur otot. Menurut kamu apa yang membuat tubuh anak pada gambar seperti itu? 4) Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran 5) Guru membantu siswa. Verifikasi (pembuktian) 9) Presentasi hasil pengamatan. 1) Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. Pengumpulan data 5) Siswa mengidentifikasi hasil pengukuran lengan pada saat berkontraksi dan berelaksasi. Pengolahan data dan analisis 7) Mencatat data hasil pengukuran dan pengamatan pada buku tulis. mengamati.

otot polos. otot jantung. Model kerangka tubuh manusia. menyusun laporan pengamatan secara kelompok b. meteran. buku tulis. dan Komputer 2.1 Tubuh manusia ( Teman). Penilaian 1. Media Pembelajaran 1. Media : LCD. muan 5 : Penilaian Tulis ( 2 JP ) G. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. preparat awetan otot lurik. diskusi pula mengenai. kelainan/ penyakit pada rangka manusia Verifikasi 6) Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) 7) Peserta didik menyimpulkan hasil pengamatan dgn diskusi kelas.Rangka.2. otot rangka dan otot polos. 5) Peserta didik. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. 8) Peserta didik mengambil kesimpulan 1) Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran 2) Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik 3) Guru memberikan tugas : a.  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. I. gambar otot jantung. teman sebangku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. pertanyaan pada “ Ayo kita coba”. Chart struktur tulang manusia.  Lembar Kegiatan Peserta Didik. menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan asupan makanan dan perilaku sehari. Metode Pembelajaran Pendekatan : Scientific Metode : Observasi dan diskusi Model : Discovery Learning H. bentuk tulang manusia 2. Teknik Penilaian Sikap . Alat dan Bahan : 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013.  Gambar J. 2013.hari 4) Guru memberi Post Test secara lisan 5) Guru memberi informasi rencana pembelajaran berikutnya yaitu Persiapan Ulangan Harian.mikroskop. Sumber Pembelajaran  Buku IPA SMP kelas VIII  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. alat tulis.

a. teliti dalam merancang dan melakukan percobaan IPA Nama Jumlah No Kejujuran Kedisipli Kerja Kepeduli Percaya teliti 1. Perilaku 1 2 3 Dst Lembar Penilaian Sikap pada kegiatan Praktikum Mata Pelajaran : IPA Kelas/Semester : VIII/ 1 Topik/Subtopik : Sistem gerak pada manusia / otot manusia Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin. Sikap Spiritual : Pengamatan/ observasi Instrumen penilain spiritual (jurnal) No. Waktu Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Ket. jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan Skor 2. Peserta didik Skor 2. tanggung jawab. jujur. Butir Sikap Ket. 1 2 3 Dst b. jika sering berperilaku dalam kegiatan Skor 4. jika selalu berperilaku dalam kegiatan Penilaian sikap untuk setiap peserta didik dapat menggunakan rumus dan predikat berikut 2. Sikap Sosial : Pengamatan/ observasi Instrumen penilain sosial (jurnal) Waktu Nama Siswa Catatan No. nan sama an diri Rubrik Penilaian Sikap Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan yaitu:. jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan Skor 3. Pengetahuan : Tes tertulis Materi Rangka . Skor 1.

A. tulang belikat dan tulang hasta 5. Kalau kita perhatikan tulang pipa.. . 1.. Paru. tulang pengumpil dan tulang lengan 4. Penyakit riketsia. Osteosit B. tulang hasta. Perhatikan gambar irisan melintang tulang keras. Alat gerak pasif C. Vitamin D C. tulang baji. tulang baji.tulang baji... Karbohidrat D. Menjelaskan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia . Dada dan pinggang 2. Kelangkang dan rusuk D. tulang dahi dan tulang ubun... . tulang dahi dan tulang rusuk 3. A. Mendeskripsikan struktur tulang manusia . B. Kanalikuli 6. A. Tulang pelipis. dengan menyilang huruf A.. tulang betis. A. tulang baji. vitamin 8. Protein B. A.. tulang usus dan tulang telapak tangan C. A. Kelangkang dan belikat C. tulang pengumpil dan tulang lengan D.ubun B. tulang tersebut berfungsi sebagai. disebabkan karena kekurangan . . tulang pengumpil dan tulang belikat C. Menjelaskan kelainan pada rangka manusia Pilihlah satu jawaban yang paling benar. Alat gerak aktif . pada ujung ujungnya membesar bagian tersebut dinamakan.. . tulang dada dan tulang ubun.. atau D . Indikator : . Lamela D. Kelompok tulang pembentuk tengkorak adalah. Pemain sepak bola sering sekali menggerakkan tulang paha. Rusuk dan dada B.. Tulang pelipis.. Diafisis C. Tulang hasta. tulang hasta. tulang belikat dan tulang telapak tangan B.. tulang hasta. tulang belikat dan tulang dada D. Menurut bentuk dan ukuran. tulang selangka dan tulang lengan B.. .paru dan jantung dilindungi oleh tulang.ubun D. Epifisis D.. . . C.ubun C. Lakuna C. Mengidentifikasi jenis tulang berdasar bahan penyusunnya . yang termasuk tulang pipih adalah. Kelompok tulang pembentuk lengan atas. A. A. Mengidentifikasi jenis tulang berdasar bentuk dan ukurannya . Tulang pelipis.. Kartilago 7.. Bagian yang ditunjuk dengan huruf X adalah. tulang dahi dan tulang ubun. periosteum B.

Tulang pendek B. A. Tempat menempelnya otot d. . Tulang pendek D..B. A. A 4. Pelindung otot 9. Tulang rawan. Lamela D. A 3. Kanal havers C. Tulang keras . Tulang ruas jari berdasarkan bentuk dan ukurannya termasuk. Tulang panjang C. Jelaskan perbedaan kandungan tulang keras dengan tulang rawan ! Nilai = Skor/60 x 100 Kunci Uraian No Uraian Skor 1 Fungsi rangka manusiaadalah 40 a. Memberikan bentuk dan mendukung tubuh kita b.. A 10. B 7. tiap soal betul skor 1 Nilai = Skor/10 x 100 Uraian Rubrik PenilaianPengetahuan Pertanyaan: 1. lebih banyak kandungan kartilagonya di bandingkan kalsiumnya Skor Maksimum 60 Materi SENDI Penilaian Indikator Pencapaian Teknik Bentuk Nomor Penilaian Instrumen Instrumen  Menjelaskan pengertian dari sendi Tes tertulis Isian 1 . kandungan kalsium lebih banyak dibanding zat 20 perekatnya (kartilago) b. C 9. Kanalikuli B. Tempat pembentukan sel darah 2 a.. C 5. Sebutkan fungsi rangka bagi tubuh manusia (4 saja)! 2. Tulang tak beraturan 10. Penegak tubuh D. Lakuna Kunci soal pilihan ganda. C 6. B 2. 1. Melindungi organ dalam yang lunak c. A Soal pilihan ganda. . Pembuluh darah dan saraf terdapat pada. D 8.

Jelaskan pengertian dari masing-masing sendi! 4.  Sendi tak dapat digerakkan : Antara tulang yang satu dengan yang lain tidak dapat digerakkan.  Sendi geser Sendi yang menghubungkan antara dua tulang yang memiliki permukaan datar. Macam-macam sendi : 20  Sendi peluru/lesung. Sebutkan macam-macam sendi yang terdapat pada tubuh manusia! 3. Jelaskan pengertian dari sendi! 2. Pengertian masing-masing sendi 50  Sendi peluru/lesung : Sendi yang menghubungkan antara satu tulang yang mempunyai satu ujung bulat yang masuk ke ujung tulang lain yang berongga seperti mangkok. Sendi engsel.  Sendi pelan Pertemuan antara dua tulang yang berbentuk seperti pelana. Contoh letak sendi pada tubuh : 20 . ke depan atau ke belakang seperti engsel pintu. 10 2. Sendi adalah perrtemuan antara dua tulang atau lebih.  Sendi engsel Sendi yang mempunyai gerak satu arah. Sendi geser 3.  Menyebutkan macam-macam sendi Tes Tertulis Isian 2 yng terdapat pada manusia  Menjelaskan pengertian dari masing.Prinsip kerjanya adatalah s 4. Sendi tak dapat digerakkan. Sendi peluru/lesung di gelang bahu dan gelang panggul . Tes Tertulis Isian 3 masing sendi  Menyebutkan contoh letak sendi pada Tes Tertulis Isian 4 bagian tubuh Soal Uraian 1.Sendi ini dapat menggerakkan tulang ke dua arah. Sebutkan contoh letak sendi pada bagian tubuh! Kunci Jawaban Soal dan Rubrik Penilaian No Skor Kunci Jawaban Soal 1.  Sendi putar Gerakan ujung tulang yang satu berfungsi sebagai poros dan ujung tulang yang lain berbentuk cincin yang dapat berputar pada poros tersebut. Sendi putar. Sendi pelana.

. Sendi geser di pergelangan tangan dan pergelangan kaki Materi OTOT Indikator : 1. ……………………… Percobaan Percobaan Percobaan 2. Sifat gerakan : tidak sadar. Peserta didik dapat menjelaskan perubahan otot lengan saat diluruskan dan dibengkokkan. karena pada saat diluruskan diameter otot lebih kecil dan 10 pada saat dibengkokkan dia meternya lebih besar. Soal: 1) Adakah perubahan diameter otot lengan atas saat diluruskan dan dibengkok? Jelaskan! 2) Jelaskan fungsi otot bagi manusia! 3) Jelaskan struktur otot jantung! Kunci Jawaban Soal Uraian No Uraian Skor 1 Ada. Sendi putar di leher . 2 Otot berfungsi sebagai alat gerak aktif pada manusia. Skor RUBRIK . Sendi engsel di siku dan lutut . Keterampilan Lembar Penilaian Keterampilan Indikator : Melakukan pengukuran diameter otot dan mengamati struktur otot Lembar Pengamatan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Akhir Jumlah No Nama 1. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi otot bagi manusia 3. Lokasi : dinding jantung Skor maksimum 50 Nilai = Jumlah skor X 2 3. tidak mudah lelah. Inti : banyak (letaknya di tengah) Miofibril : serat lintang dan bercabang. Peserta didik dapat menjelaskan strukur otot jantung. Kemampuan berkontraksi : Lambat. 2. Sendi pelana di pangkal ibu jari . Sendi tak dapat digerakkan di tulang tengkorak . 10 3 Struktur otot jantung : 30 Bentuk : Silindris.

rapi 20.Meteran tersedia Dinilai Percobaan .Meneliti Ulang hasil Pengukuran .4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku sehari.Alat tulis dan buku tulis (Menyiapkan .Mencatat hasil pengukuran sesuai dengan fakta 10 Ada 1 aspek tang tersedia 3 Kegiatan akhir .Menyimpan alat meteran 20 Percobaan 10 Ada 1 aspek yang tersedia Indikator : 4.Semua siap untuk pengukuran Bahan) . (kwantitatif) RUBRIK No Keterampilan yang Skor Rubrik 1 30 Kerapian dinilai . ……………………… 2. Kurang rapi .Mengambil meteran . No Keterampilan yang Skor Rubrik 1 Persiapan .Teman yang akan diukur alat 20 15 Ada 3 aspek yang tersedia 10 Ada 2 aspek tang tersedia 2 Pelaksanaan .hari Lembar Pengamatan Kerapian Kebenaran isi Jumlah Jumlah Skor No Nama 1.Mengukur lengan teman dengan bennar 30 Percobaan 20 Ada 2 aspek yang tersedia .

Margaretha OSF. M.semua benar 20 Ada sedikit kesalahan 10 Ada banyak kesalahan 3 kwantitatif 30 . Retno Yuliani. Tidak rapi 2 Kebenaran isi 30 . Guru Mata Pelajaran. Sr.menyajikan dan benar > 2 10.Menyajikan dan benar > dari 5 20 . Pd. S. Menyajikan yang benar >1 4. Pembelajaran Remidial Pembelajaran Remidial dilaksanakan berdasarkan hasil analisis hasil penilaian harian : pembelajaran ulang ( 2 JP) u : belajar kelompok atau tutor sebaya 5. S. Pd V. 10 Juli 2017 Kepala Sekolah. Pembelajaran Pengeyaan Penugasan berkelompok di luar jam pelajaran Mengetahui : Semarang. 10. LAMPIRAN .

5. Alat dan bahan : Peserta didik Buku tulis Alat tulis III. perhatikan setiap gerakan yang dilakukan oleh temanmu dengan cermat agar kamu dapat mengidentifikasi sendi- sendi yang bekerja pada setiap aktifitas dengan tepat. 2) Memutar pergelangan tangan. Selain itu. Meluruskan tangan dan kemudian membengkokkan tangan ke atas. Berlari. Hasil Pengamatan No Macam aktifitas Termasuk sendi 1 1. V. Bersama dengan teman satu kelompokmu. 3. Tujuan : untuk mengetahui sendi-sendi yang bekerja pada aktifitas sehari-hari II. IV. Menggelengkan serta menganggukkan kepala. Mintalah salah satu anggota kelompokmu untuk melakukan beberapa aktifitas di bawah ini! 1) Menggelengkan serta menganggukkan kepala. 3) Memegang pensil dan menulis. Bagian-bagian tubuh yang mana yang terlibat dalam gerakan yang sudah kalian lakukan? 2. Pertanyaan 1. Buatlah simpulan dari kegiatan yang sudah kalian lakukan! . 2. I. 4) Berlari. identifikasikanlah sendi-sendi yang berperan dalam setiap aktifitas tersebut!Dalam menyelesaikan tugas ini berbagilah tugas dengan teman satu kelompokmu. Apa yang akan terjadi bila persendian mengalami gannguan? 3. Catat hasil identifikasi dan hasil diskusimu dalam buku IPA. 5) Meluruskan tangan dan kemudian membengkokkan tangan ke atas. 2. 4. Cara Kerja : 1. 3. Memegang pinsil dan menulis. Memutar pergelangan tangan.