PEMPEK

1. Tema: Pembuatan Pempek Bulat 2. Alat dan Bahan:  Alat: a. Kuali b. Spatula/sothil c. baskom d. Garpu dan sendok e. Piring  Bahan: a. kg ikan b. Sagu c. Gula/micin d. Bawang merah e. Garam f. Telur g. Minyak h. Cuka i. Air 3. Langkah kerja: (Pempek bulat) a. Campurkan ikan dengan 1 mangkuk air(secukupnya) lalu diaduk hingga merata. b. Sediakan 1 sendok micin, 2 sendok garam, dan 1 sendok gula yang sudah dilarutkan di dalam setengah air. c. Kemudian campurkan larutan tersebut sedikit demi sedikit di adonan ikan tadi, lalu kocok hingga rata. d. Sambil dokocok merata tambahkan kurang lebih 15 sendok makan sagu e. Irislah bawang merah 5 siung hingga halus lalu dicampurkan ke adonan. f. Kemudian ratakan adonan, lalu bentuk menjadi bulat dan goreng. g. Setelah cukup matang, angkat dengan sothil lalu siap disajikan dengan cuka. 4. Tinjauan Pustaka/Landasan Teori  Pempek merupakan makanan khas Palembang, yang bahan dasar makanan ini adalah ikan, namun adapula pempek dengan bahan dasarnya adalah sagu (tanpa campuran ikan).  Makanan pempek biasanya disajikan bersama dengan suatu saus hitam kecoklatcoklatan yang biasa disebut cuka. Satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.  Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina. [http://id.wikipedia.org/wiki/Pempek]  Jenis-jenis pempek: 1. Pempek bulat(Pempek ada an)

com/journal/item/44]  Untuk memperoleh hasil adonan yang lebih terbentuk.multiply.  Pada adonan pempek dapat dicampurkan sedikit sahang yang berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Pempek lenggang o Pempek ini dipanggang dengan diletakkan di daun pisang yang sudah dibentuk lalu diletakkan di atas bara api. o Pempek ini biasa dipanggang di bara api sampai kecokelatan.2. ada banyak makanan yang bisa dihasilkan. Pempek sosis o Yaitu sosis yang digulung/dibungkus dengan adonan pempek yang pengelolaannya dengan direbus atau digoreng. 9. air dapat diganti menjadi 5 butir telur baik putih telur maupun kuning telurnya.  Dari satu adonan pempek. 5. 8. Pempek kulit o Pempek ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kulit ikan. Pempek panggang o Pempek yang sesuai dengan namanya dimasak dengan dipanggang. o Pempek lenggang juga bisa dibuat dari pempek lenjer yang telah direbus lalu diiris setebal 1 cm lalu dicelupkan dalam kocokan telur dan didadar. Pempek pastel o Yaitu papaya yang sudah diolah yang dibungkus dengan adonan pempek. bergantung baik pada komposisi maupun proses pengolahan akhir dan pola penyajian. Di antaranya adalah Laksan. Tekwan. 3. Pempek lenjer o Merupakan pempek dengan bentuk panjang yang pada dasarnya sama dengan pempek lainnya namun tidak ada pencampuran bahan lain. Pempek keriting o Nama pempek ini sesuai dengan bentuk pempek itu sendiri yang bentuknya keriting. . 7. cara pembuatan tidak berbeda dengan cara pembuatan pempek biasa hanya ikan diganti menjadi kulit ikan. 6. [http://akangzusi. o Pempek yang pada dasarnya bentuknya bulat Pempek kapal selam o yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. dan Celimpungan. 4. Model.

kepala udang. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Secara taksonomi. biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.). 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag). adapula yang menggunakan udang. Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri. Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Maluku dan Papua yang tinggal di pesisir. ikan gabus. . Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv. 5. Dalam resep masakan.000 di seluruh dunia. seperti moluska dan krustasea kadang dianggap pula sebagai ikan ketika digunakan sebagai sumber makanan. walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan (menyulitkan distribusi). Pembahasan Ikan Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin). Tepung sagu memiliki ciri fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Tepung sagu kaya dengan karbohidrat (pati) namun sangat miskin gizi lainnya. ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes. Laksan dan celimpungan disajikan dalam kuah yang mengandung santan. bjn). Selain itu. tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka. ikan tenggiri. ikan seruang. Sagu dimakan dalam bentuk papeda. semacam bubur. Ikan adalah sumber makanan yang penting. 800 spesies termasuk hiu dan pari). [http://id. sagu memiliki keunikan karena diproduksi di daerah rawarawa (habitat alami rumbia). sedangkan model dan tekwan disajikan dalam kuah yang mengandung kuping gajah. Sagu Sagu adalah butiran atau tepung yang diperoleh dari teras batang pohon sagu atau rumbia (Metroxylon sago Rottb. ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan. meskipun keduanya sebenarnya berbeda. yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ini terjadi akibat kandungan tinggi pati di dalam teras batang maupun proses pemanenannya.Salah satu jenis ikan yang sering digunakan sebagai sumber makanan yaitu ikan tenggiri. Sebagai sumber karbohidrat. saat ini sagu juga diolah menjadi mi dan mutiara. dan bumbu lainnya. atau dalam bentuk-bentuk yang lain.org/wiki/Pempek]  Ikan yang digunakan untuk membuat pempek bermacam -macam. Hewan air lain. jukut (vkt).wikipedia. seperti ikan belida.

google. Setiap 100 g telur mengandung 12-13 g protein. seperti ayam.id/imglanding?q=telur&imgurl=http://tymask. Telur merupakan sumber protein hewani yang baik. 6. Dan dapat diketahui bahwa sahang. dipanggang. baik untuk konsumsi anak-anak hingga lansia.wikipedia.html  http://id. dan angsa. dan garam. bawang putih. misalnya telur penyu. beragam vitamin. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung.id/imglanding?q=cuka pempek&imgurl=http://4  http://id. ataupun direbus sesuai selera dan dapat disajikan dengan beragam variasi.wordpress.blogspot. Setiap tahun akan tumbuh tunas dan anakan baru dengan tingkat produksi yang tinggi. com/2008/06  http://www. Cuka dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Telur Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging. Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor.org/wiki/Pempek  http://www. 7. ikan dan susu.wikipedia. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuka dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas.google.com/2007/12/tips-mengolah-telur.org/wiki/Sagu . Kesimpulan Pempek merupakan makanan khas dengan bahan dasar ikan dan sagu. lemak dan mineral esensial juga terkandung di dalam telur. kemudian ditambah gula merah. Di tilik dari nilai gizinya. Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang. Selain protein.Tanaman sagu sendiri mulai bisa dipanen setelah berumur 10 tahun dan setelah itu yang dilakukan pemeliharaan. bebek. Yang diperlukan saat ini adalah teknologi pengolahan untuk menghasilkan beragam produk berbahan baku sagu. selain berfungsi sebagai penyedap dapat pula berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan.files. Daftar Pustaka  http://budiboga. yang diolah dapat dengan digoreng. Bagi masyarakat asli Palembang. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan.wikipedia.co.co. murah dan mudah didapat. cuka dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. secara ekonomi.org/wiki/Ikan  http://id. Dengan begitu. udang ebi dan cabe rawit tumbuk. nilai ekonomi budi daya sagu cukup tinggi. sumber protein telur juga mudah diserap tubuh. Cuka Pempek Cuka pempek dibuat dari air yang dididihkan. akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful