Pada tabel Konversi satuan daya : 1 hp = 745,7 watt = 0,746 kW.

1 hp (Inggris) = 1,014 PK (Belanda) NB:Kita di Indo sudah biasa menyamakan 1 hp = 1 PK. Untuk single phase 220 V : 1 hp = 745,7 watt : 220 V = 3,39 Ampere. Untuk 3 phase 380 V : 1 hp = 745,7 watt : (380x1,73) = 1,13 Amp. Dengan catatan semua perhitungan dengan menganggap Cos phi nya = 1 (satu). Demikian semoga bermanfaat.
materi referensi:

Tabel Konversi Satuan Daya.

kalau tegangan di rumah biasanya 220 Volt jadi kalau 900 watt berapa MCB yang dipasang: 900 dibagi 220 = +/- 4 Ampere., kalau 1300 watt = 6 Ampere..

Satuan daya PK
Umumnya satuan air conditioner itu lebih di kenal dengan satuan PK, di toko AC pun bila kita hendak membeli AC pasti yang di tanyakan " AC berapa PK yang mau di beli" Sebenarnya apa sih satuan PK itu..??*, pada postingan sebelumnya merubah AC 1 PK menjadi 1/2 PK komentar dari Kang Tejo "Tanya dulu bos ipin PK itu singkatan apa?heheh keliatan awam banget masalah ginian". Kang Tejo selalu berpura pura dalam perahu nihh...sikap kang tejo seperti Ilmu Padi semakin berisi semakin merunduk, ini yang patut di tiru *4 jempol buat buat kang tejo* Satuan Daya Kompresor adalah PK,PK dalam bahasa Belanda Kepanjangan dari Paard kracht atau Bahasa Inggrisnya Horse Power (HP) Pada tabel konversi satuan daya : 1 PK = 745,7 watt = 0.746 KW 1 HP = 1,014 PK Sumber daya yang dibutuhkan untuk

kerusakan pada termis dan termostat Hal ini pernah terjadi pada AC merk samsung. yang menyebabkan lampu indor berkedip-kedip *disco* hal ini di sebabkan karena 2 hal yaitu: 1. pada saat AC di hidupkan lampu power menyala namun pada saat rellay bekerja hendak mengirim arus ke outdoor AC langsung mati dan lampu pada display yang terdapat pada indoor berkedipkedip hal ini menandakan kinerja termis dan termostat sudah mulai rusak. AC ½ PK = 5000 BTU AC ¾ PK = 7000 BTU AC 1 PK = 9000 BTU AC 1½PK =12000 BTU AC 2 PK =18000 BTU Jadi sebutan PK memang lebih sering di gunakan oleh masyarakat pada umumnya termasuk penjual AC.menghasilkan BTU/h (British Thermal Unit per hour). kerusakan pada receiver remote (sensor) Pada saat hendak menoperasikan AC dengan menekan tombol power on pada remote ac tidak dapat hidup/berfungsi . seperti yang banyak di pertanyakan di kotak komentar. pada indoor AC debu yang sudah menebal dan menumpuk pada sirip sirip evaporator indoor sehingga udara di dalam ruangan tidak dapat di serap panasnya oleh evaporator. BTU inilah yang menentukan tingkat kesejukan udara yang dihasilkan. Memang. 2. Itulah sebabnya tingkat dingin yang dihasilkan oleh AC sering ditentukan berdasarkan PK nya. untuk menghasilkan BTU yang besar memerlukan PK yang besar pula. untuk lebih efisien bila hendak membeli AC tentukan dahulu luas ruangan dan konversikan dalam BTU nya Penyebab kerusakan AC Kerusakan-kerusakan pada Air Conditioner salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya perawatan ac.

5 pk s/d 3 PK khususnya untuk kompresor yang berkelamin ROTARY. Untuk ukuran besar ataupun kecilnya akumulator ini tergantung pada merk kompresor. Jika remote AC di pastikan masih dalam kondisi bagus/baik maka check pada sensor ac/receiver remote pada indoor ac. namun ada juga yang harus memesan dahulu pada service center pabrikan AC tersebut. Check dahulu remote ac apakah masih berfungsi dengan baik.! cara mengecek remote AC. jika hendak mengganti kompresor yang baru harap disesuaikan dahulu dengan body outdoor unitnya agar memudahkan di dalam pemasangan kompresor sehingga akumulator tidak bergesekan dengan body/cover outdoor unit yang dapat menimbulkan suara .dengan semestinya. kompresor yang berkelamin PISTON jarang sekali yang menggunakan Akumulator ini. 2. jika terdapat gejala hal seperti ini lakukanlah pengecekan dengan dua cara: 1. Letak accumulator atau bahasa jawanya akumulator ini selalu berdampingan dengan kompresor untuk AC berukuran 0. Fungsi Accumulator Pada bagian-bagian unit AC ini yaitu Accumulator yang belum pernah di posting. karena pada merk kompresor tertentu dengan ukuran PK yang sama akumulatornya ada yang lebih besar. karena pada saat mengoperasikan AC secara manual maka ac dapat hidup kembali. ini bisa disebabkan terdapat kerusakan pada sistem control/sensor ac. gantilah bagian sensor ac yang rusak tersebut sesuai dengan aslinya. Pada beberapa merk AC sudah ada yang menjual control sensor ac (1 paket)..

??dari berbagai sumber saya coba kumpulkan tentang Fungsi Akumulator. Sebenarnya apa sih fungsi akumulator pada air conditioner ini. . dan juga jangan di biasakan pada saat mengisi freon/refrigrant dengan membalikan tabung refrigerant. Untuk mencegah agar refrigerant cair tidak mengalir kedalam kompresor. disinilah akumulator bekerja mengkondisikan wujud refrigran tetap dalam wujud gas.bising pada unit outdoor AC. maka dari itulah pada saat pengisian freon janganlah membuka kran manifold pada posisi full yang dapat mengakibatkan masuknya freon/refrigran berbentuk cair ini. Akumulator pada kompresor AC berfungsi sebagai penampung sementara refrigerant cair bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas/oli kompresor. selain itu akumulator juga berfungsi mengatur sirkulasi aliran bahan refrigran agar bisa keluar masuk melalui saluran yang terdapat di bagian atas akumulator (pipa hisap/low pressure). sebab ketika wujud refrigran berbentuk gas akan lebih mudah masuk kedalam kompresor sehingga tidak merusak bagian dalam kompresor..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful