Cacing Tubifex / Cacing Rambut / Cacing sutra

Filum : annelid Kelas : oligochaeta Ordo : haplotaxida Bentuk tubuh cacing ini menyerupai rambut dengan panjang badan antara 1-3cm dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas ruas. Cacing ini hidup dengan membentuk koloni di perairan jernih yang kaya bahan organik. Cacing ini meiliki 57% protein dan 13% lemak dalam tubuhnya. Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur secara eksternal. Telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah menjadi dua sebelum menetas. Bahan organik yang baik untuk digunakanoleh cacing sutra adalah campuran antara kotoran ayam, dedak (bekatul) dan lumpur.

Persiapan Bibit Bibit bisa dibeli dari toko ikan hias atau diambil dari alam Note : Sebaiknya bibit cacing di karantina dahulu karena ditakutkan membawa bakteri patogen. Fermentasi Lahan direndam dengan air setinggi 5 cm selama 3-4 hari. 5. 2.43 Label: Aquaculture .Teknik Budidaya Cacing Tubifek 1. Pemanenan Cacing Bisa dipanen setelah 8 – 10 hari. Pemupukan Lahan di pupuk dengan dekak halus atau ampas tahu sebanyak 200 – 250 gr/M2 atau dengan pupuk kandang sebanyak 300 gr/M2. 4. Tiap tiap kubangan dibuat petakan petakan kecil ukuran 20 x 20 cm dengan tinggi bedengan atau tanggul 10 cm. Penebaran Bibit Selama Proses Budidaya lahan dialiri air dengan debit 2 – 5 Liter / detik 6. Diposkan oleh mas wira di 16. antar bedengan diberi lubang dengan diameter 1 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 20 cm x 20 cm 1 M x 2M 3. Persiapan Media Media perkembangan dibuat sebagai kubangan lumpur dengan ukuran 1 x 2 meter yang dilengkapi saluran pemasukan dan pengeluaran air.

Cacing rambut yang didapat dan masih bercampur dengan media budidaya dimasukkan kedalam ember atau bak yang diisi air. terutama pada saat fase larva hingga benih ataupun untuk ikan hias anda karena memiliki kandungan nutrisi yang baik dan cenderung seimbang dan sangat bagus untuk pertumbuhan ikan. Media budidaya yaitu berupa campuran kotoran ayam segar 50% dan lumpur kolam 50%. cacing rambut yang menggerombol diatas media diambil dengan tangan. Sistem teknologi akuaponik ini muncul sebagai jawaban atas adanya permasalahan semakin sulitnya mendapatkan sumber air yang sesuai untuk budidaya ikan. yaitu sebanyak 2 gram/ m2. Teknologi akuaponik merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam rangka pemecahan keterbatasan air.BUDIDAYA CACING RAMBUT ( Tubifex sp. panjang parit perlu dirancang sesuai dengan keperluan setiap harinya. khususnya di lahan yang sempit. Benih cacing rambut ditebar sehari sesudah media kultur dialiri air. 2. 3. akuaponik yang merupakan salah satu teknologi hemat lahan dan air yang dapat dikombinasikan dengan berbagai tanaman sayuran. Untuk mendapatkan cacing rambut yang cukup dan berkesinambungan. kira –kira 1 cm diatas media budidaya agar cacing rambut naik ke permukaan media budidaya. Disamping itu teknologi akuaponik juga mempunyai keuntungan lainnya berupa pemasukan tambahan dari hasil tanaman yang akan memperbesar keuntungan para peternak ikan. Ember ditutup hingga bagian dalam menjadi gelap dan dibiarkan selama enam jam. Wadah budidaya dapat berupa parit beton atau wadah yang dilapisi plastik. Setelah enam jam. 6. 7. Tinggi media 5 cm. Akuaponik merupakan salah satu cara mengurangi pencemaran air yang dihasilkan oleh budidaya ikan dan juga menjadi salah satu alternatif mengurangi jumlah pemakaian air yang dipakai oleh sistem budidaya. Inti dasar dari sistem teknologi ini adalah penyediaan air yang optimum untuk masing-masing komoditas dengan memanfaatkan sistem re-sirkulasi. Cara pemanenan cacing rambut yaitumenggunakan serokan dari terilin. Dengan cara ini didapat cacing rambut sebanyak 30 – 50 gram/m2 per dua minggu. Budidaya cacing rambut dapat dilakukan dengan cara – cara sebagai berikut : 1. 8. lebar 0. Beberapa hal berkaitan dengan pemeliharaan ikan agar baik dalam teknologi . dilakukan setiap minggu. 5. Panen cacing rambut dilakukan setelah budidaya berlangsung dua bulan dan berturut – turut setiap dua minggu.5 meter. ) Cacing rambut merupakan salah satu alternatif pakan alami yang dapat dipilih untuk memberi makan ikan yang anda pelihara. dengan debit air 900 ml/menit. Dikutip dari : Buku petunjuk teknis budidaya pakan alami ikan dan udang. Media dialiri air irigasi. Pemupukan ulang dilakukan dengan menambahkan kotoran yam sebanyak 9% dari volume awal. 4. Aquaponik yaitu memanfaatkan secara terus menerus air dari pemeliharaan ikan ke tanaman dan sebaliknya dari tanaman ke kolam ikan.

akuaponik adalah sebagai berikut: Jenis Ikan Padat Tebar (ekor/m2) Mas 10-200 Nila 100-150 Gurame 5-10 Lele 100-150 Patin 10-15 Wadah Pemeliharaan Wadah pemeliharaan ikan prinsipnya mempunyai pembuangan air yang dapat menyedot kotoran ikan ataupun sisa pakan yang digunakan untuk dialirkan kedalam bak filter misalnya dengan menggunakan ember – ember plastik ukuran 10-20 l atau papan kayu yang dibentuk menjadi seperti bak saluran air yang dilapisi plastik. Karena media filter tidak menggunakan tahah maka agar tanaman dapat tumbuh baik perlu disemaikan dulu sampai bibit berumur 1-1. Medianya terdiri dari : batu kerikil atau batu apung lebih dianjurkan untuk digunakan karena jika memakai tanah maka seringkali jalannya air lebih terhambat karena tanah-tanah halus juga ikut hanyut dan menyumbat lubang pengeluaran Sistem Resirkulasi Secara ringkasnya dapat digambarkan sebagai berikut. Sehingga air yang kotor menjadi bersih kembali. air yang berasal dari wadah pemeliharaan ikan dialirkan dengan menggunakan pompa air ke filter yang juga berfungsi sebagai tempat untuk menanam tanaman. sawi dan fetchin atau pokchai..jenis tanaman yang sudah dicoba dan berhasil cukup baik adalah kangkung. luasan ember sebagai filter yang digunakan adalah 25% dari permukaan wadah pemeliharaan ikan seperti pada gambar. tomat.5 bulan baru siap dipindahkan pada sistem akuaponik dengan jarak tanam : Jenis Tanaman Jarak Tanam (cm) Kangkung 10 Cabai 40 Tomat 40 Terong sayur 40 Ditulis dalam Umum « BUDIDAYA LELE SANGKURIANG (Clarias sp. ) LUBANG BIOPORI » . sehingga amoniak yang berada di kolam akan tersaring sampai 80 % oleh tanaman tersebut. kemudian air yang sudah difilter tersebut dialirkan kembali kedalam kolam ikan dialirkan secara terus menerus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful