MAKALAH

Analisis Materi Fisika Sekolah

MISCONSEPTION HARMONIC MOTION

NAMA NIM/BP PRODI

: REVI SYILVIANA DEWI : 05069 / 08 : PENDIDIKAN FISIKA NR

DOSEN

: Dra.Yurnetti,M.Pd

JURUSAN FISIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2010

Dimana siswa mengalami kesalahan persepsi dalam memahami konsep mengenai materi tersebut.(Percepatan akan sama dengan nol pada titik terakhir gerak pendulum). Dalam mempelajari fisika diperlukan suatu konsep fisika.MISCONCEPTION OF THE HARMONIC MOTION I. A pendulum accelerates through lowest point of its swing.Konsep merupakan abstrak dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antar manusia dan yang memungkinkan manusia untuk berfikir.getaran garpu tala.Senar gitar yang sering anda main atau dimainkan oleh gitaris group band musik terkenal yang kadang membuat anda menjerit histeris bahkan sampai menangis tersedu-sedu.Dengan adanya konsep dan konsepsi. Amplitude of oscillation is measured peak-to peak.Sedangkan konsepsi adalah tafsiran atau pemahaman konsep oleh seseorang. Miskonsepsi yang munculpada Getaran Harmonik e. g.Ingat juga ketika anda tertawa terpingkal-pingkal tubuh anda juga bergetar. h.Fisika juga mempelajari semua proses yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dapat diamati dan memberikan pemahaman yang langsung kepada kita. The acceleration is zero at the end points of the motion of a pendulum. Pendahuluan Fisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam atau IPA yang paling mendasar dan memiliki banyak fenomena-fenomena serta gejala alam yang dapat di jadikan ilmu pengetahuan yang mendasar. Miskonsepsi tersebut juga ada dalam materi pembelajaran fisika.getaran mobil ketika mesinnya dinyalakan atau ketika mobil mencium mobil lainnya hingga penumpangnya babak belur.(Amplitudo dari getaran diukur dari puncak ke puncak).tentu ada kesalahpahaman seseorang dalam memahami suatu konsep yang terjadi secara berulang-ulang. f.(Pendulum akan dipercepat pada titik sterendah dari ayunannya).Inilah yang disebut miskonsepsi.Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak benda yang bergetar.Termasuk juga dalam memahami materi´Getaran Harmonik´. II. Harmonic oscillators go forever.(Getaran harmonic akan bergetar selamanya).demikian juga rumah anda yang bergetar dasyat hingga ambruk ketika terjadi gempa bumi. .

Contoh dari getaran harmonik adalah getaran beban pada pegas dan getaran beban pada ayunan.Seandainya benda dilepaskan dari titik C maka urutan gerakannya adalah C-B-A-B-C. Dalam kehidupan sehari-hari.Hal ini disebabkan karena adanya gaya gesekan.Getaran harmonik adalah Suatu getaran dimana resultan gaya yang bekerja pada titik sembarang selalu mengarah ke titik keseimbangan.Gaya gesekan menyebabkan benda ± benda tersebut berhenti berosilasi.III. Benda melakukan getaran secara lengkap apabila benda mulai bergerak dari titik di mana benda tersebut dilepaskan dan kembali lagi ke titik tersebut.dan besar resultan gaya sebanding dengan jarak titik sembarang ke titik keseimbangan tersebut.senar gitar tersebut akan berhenti bergetar apabila kita menghentikan petikan.Jadi periode ayunan (T)adalah waktu yang diperlukan benda untuk melakukan satu getaran(disebut satu getaran jika benda bergerak dari titik di mana benda tersebut mulai bergerak dan kembali lagi ke titik tersebut).Satuan periode adalah sekon atau detik.Frekuensi dan Amplitudo getaran harmonik Perioda (T) Benda yang bergerak harmonis sederhana pada ayunan sederhana memiliki periode alias waktu yang dibutuhkan benda untuk melakukan satu getaran secara lengkap. 2. Frekuensi (f) .Ketika kita memainkan gitar.Demikian juga bandul yang berhenti berayun jika tidak digerakkan secara berulang. Tinjauan Teoritis 1.Pada contoh di atas benda mulai bergerak dari titik A lalu ke titik B. Urutan nya adalah A-B-C-B-A.gerak bolak balik benda yang bergetar terjadi tidak tepat sama karena pengaruh gaya gesekan.titik C dan kembali lagi ke B dan A.Pengertian Getaran harmonik Getaran adalah gerak bolak-balik secara periodik melalui titik keseimbangan.Perioda.

amplitudo getaran adalah jarak AB atau BC.tetapi pada semua titik ini disebabkan karena proyeksi gaya berat..Yang dimaksudkan dengan getaran di sini adalah getaran lengkap.artinya gerakan berhenti.Satuan frekuensi adalah 1/sekon atau Amplitudo (A) Pada ayunan sederhana. Pembahasan e.Jika tidak ada gaya geseksan maka benda akan bergerak secara harmonik.(Getaran harmonic akan bergetar selamanya).Benda tidak hanya dipercepat pada titik terendah benda bergerak. f.senar gitar tersebut akan berhenti bergetar apabila kita menghentikan petikan. Demikian juga bandul yang berhenti berayun jika tidak digerakkan secara berulang. A pendulum accelerates through lowest point of its swing.terdapat juda amplitudo.Pengaruh gaya gesekan pada benda yang bergerak harmonik adalah amplitudonya akan makin berkurang.Pada contoh ayunan sederhana sesuai dengan gambar di atas.ketika beban digantungkan pada ayunan dan tidak diberikan gaya maka benda akan diam di titik kesetimbangan B.Amplitudo adalah perpindahan maksimum dari titik kesetimbangan. .Getaran pada ayunan sederhana Sesuai dengan gambar ayunan diatas.C.gerak bolak balik benda yang bergetar terjadi tepat sama karena pengaruh gaya gesekan. Harmonic oscillators go forever. di sebut juga hertz.selin periode dan frekuensi. Fact:Salah.Selain periode.maka beban akan bergerak ke B. IV.Yang memperlambat dan mempercepat gerak adalah gaya gesekan. 3.terdapat juga frekunsi alias banyaknya getaran yang dilakukan oleh benda selama satu detik.Gerakan beban akan terjadi berulang secara periodik.akhirnya menjadi nol.Hal ini disebabkan karena tak ada energy yang diambil dari luar.Jika beban ditarik ke titik A dan dilepaskan.(Pendulum akan dipercepat pada titik terendah dari ayunannya).Lalu kembali lagi ke A.Hal ini disebabkan karena adanya gaya gesekan. Fact : Salah.Dalam kehidupan sehari-hari.dengan kata lain beban pada ayunan di atas melakukan gerak harmonik.Ketika kita memainkan gitar.

Fact:Salah. Amplitude of oscillation is measured peak-to peak. The acceleration is zero at the end points of the motion of a pendulum.Pada saat simpangan minimum(y=0 di titik keseimbangan)kecepatan mencapai nilai maksimum( minimum( =[A)dan percepatan mencapai nilai 0)sebaliknya pada saat simpangan maksimum(y=A)kecepatan mencapai nilai = A) minimum( =0)dan percepatan mencapai nilai maksimum( .Percepatan pada titik terakhir gerak pendulum tidak selamanya nol tergantung pada posisi terakhir benda.g.amplitudo getaran adalah jarak AB atau BC. Jika posisi terakhir benda pada titik A atau B maka benda masih memiliki percepatan akan tetapi jika posisi terakhir benda pada tiik B maka percepatan benda sama dengan nol.(Amplitudo dari getaran diukur dari puncak ke puncak).Maka dapat disimpulkan bahwa tidak selamanya percepatan pada titik terakhir gerak pendulum sama dengan nol tergantung pada simpangan nya. Fact:Salah.Amplitudo adalah perpindahan maksimum dari titik keseimbangan. h.(Percepatan akan sama dengan nol pada titik terakhir gerak pendulum).Pada contoh ayunan sederhana sesuai dengan gambar di atas.

gerak bolak balik benda yang bergetar terjadi tidak tepat sama karena pengaruh gaya gesekan.tetapi pada semua titik ini disebabkan karena proyeksi gaya berat. y Tidak selamanya percepatan benda pada titik terakhir gerak pendulum sama dengan nol tergantung pada simpangan nya.Jika tidak ada gaya gesekan maka benda akan bergerak secara harmonik. .dan besar resultan gaya sebanding dengan jarak titik sembarang ke titik keseimbangan tersebut. y Benda tidak hanya dipercepat pada titik terendah benda bergerak.KESIMPULAN y Getaran harmonik adalah Suatu getaran dimana resultan gaya yang bekerja pada ttik sembarang selalu mengarah ke tutuk keseimbangan. y Dalam kehidupan sehari-hari.Gaya gesekan menyebabkan benda berhenti berisolasi/bergetar.Yang memperlambat dan mempercepat gerak adalah gaya gesekan.

DAFTAR PUSTAKA Kanginan Marthen.Jakarta:Erlangga http://www.2007:Fisika untuk SMA Kelas X1.gurumuda.com/getaran-gerak-harmonik/ http://wikipedia.org/wiki/Gerak harmonik .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful