Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya kami dapat menyusun makalah ini yang membahas tentang manajemen. Makalah disusun berdasarkan dan hasil pengamatan kami yang diambil dari buku ekonomi dan beberapa situs di internet. Adapun tujuan makalah ini dibuat agar siswa mengetahui konsep manajemen, unsur-unsur manajemen, tingkatan dan ketrampilan manajemen, serta fungsi-fungsi dari manajemen itu sendiri.

Makalah ini tidak mungkin terselesaikan tanpa bantuan teman-teman yang lain. Untuk itu kepada teman-teman yang tidak mungkin disebutkan satu-persatu disini. Kami ucapkan terima kasih atas kerja samanya. Di sisi lain kami juga sadar bahwa kelemahan dan kekurangan pasti tampak dalam makalah ini. Akhirnya kami berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat. Saran dan kritik selalu kami terima dengan senang hati.

Polewali, 22 Januari 2009

Penyusun

1

DAFTAR ISI

Kata Pengantar.........................................................................................................1 Daftar Isi...................................................................................................................2 Bab I Pendahuluan A. Latar Belakang................................................................................................3 B. Rumusan Masalah..........................................................................................3 Bab II Pembahasan A. B. C. D. Konsep Manajemen.......................................................................................4 Unsur-unsur Manajemen...............................................................................6 Tingkatan dan ketrampilan Manajemen........................................................7 Fungsi Manajemen.........................................................................................8

Bab III Penutup A. Kesimpulan...................................................................................................12 B. Saran.............................................................................................................13 Daftar Pustaka........................................................................................................14

2

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang
Dalam bahasan mengenai manajemen dalam hal ini banyak masalah yang belum kita keatahui jawabannya diantaranya apa yang dimaksud dengan konsep manajemen dan apakah yang dimaksud dengan unsur-unsur manajemen. Oleh karena itu kami membuat makalah ini dengan maksud menjelaskan mengenai materi manajemen dan guna menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar manajemen.

B. Rumusan Masalah
a. Apa yang dimaksud dengan konsep manajemen ? b. Jelaskan dan sebutkan teori-teori beberapa ahli mengenai konsep manajemen ? c. Apakah yang dimaksud dengan unsur-unsur manajemen ? d. Jelaskan 3 tingkatan dan ketrampilan dalam manajemen ? e. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara manajemen lini pertama, manajemen menengah, manajemen puncak ? f. Apa yang dimaksud dengan fungsi manajemen ? g. Sebutkan beberapa teori ahli mengenai struktur fungsi manajemen ? h. Sebutkan dan jelaskan beberapa fungsi dalam manajemen ?

3

BAB II PEMBAHASAN

A. Konsep Manajemen
Manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang dengan proses itu pelaksanan pencapaian suatu tujuan dilakukan dan disupervisi (Management may be defined as the process by which the execution of a given purpose is put into operation and supervised). Defenisi lebih sederhana menyebutkan bahwa manajemen adalah cara memperoleh sesuatu melalui kerja dan usaha orang lain. Pada awalnya penyelidikan Frederich W. Taylor adalah menyangkut usaha mencapai efisiensi perusahaan dan upaya meningkatkan produktivitas para pekerja. Berdasarkan penyelidikannya yang terkenal, yaitu Studi Penggunaan Waktu dan Gerak-gerik dalam Melaksanakan Pekerjaan (Time and Motion Study), ditemukan bahwa rendahnya efisiensi tenaga kerja karena terlalu banyaknya waktu dan gerak-gerik yang tidak produktif. Hasil penelitian Taylor kemudian dituangkan dalam bukunya yang berjudul Prinsip-prinsip Manajemen Ilmiah (The Principal of Scientific Management). F. W. Taylor kemudian dikenal sebagai Bapak Manajemen Ilmiah (The Father of Scientific Management). Selain itu rintisan ilmu manajemen juga dilakukan oleh ahli lain dari Prancis, yaitu Henry Fayol dalam bukunya yang berjudul Prinsip-prinsip Manajemen Umum dan Industri (General and Industrial Management). Henry merumuskan 14 asas yang kemudian menjadi dasar-dasar teori ilmu manajemen. Oleh karena itu, Henry Fayol mendapat julukan Bapak Ilmu Manajemen (The Father of Science of Management. Manajemen sebagai ilmu telah muncul, yaitu suatu manajemen yang mendasarkan diri pada ilmu pengetahuan yang berasal dari hasil penyelidikan ilmiah. Sebelumnya yang ada adalah manajemen tradisional dan manajemen sistematis. Pada manajemen tradisional,manajer dalam memecahkan suatu persoalan mendasarkan pada pengalaman yang pernah dilakukan sebelumnya atau atas dasar tradisi. Dalam manajemen sistematis, manajer dalam memecahkan masalah tidak hanya mendasarkan pada pengalamannya sendiri di masa lampau, tetapi juga pada pengalaman orang lain yang berhasil.

4

Berikut ini merupakan beberapa pendapat ahli mengenai pengertian manajemen : Menurut Horold Koontz dan Cyril O'donnel : Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. H. Koontz & O,Donnel dalam bukunya Principles of Management mengemukan sebagai berikut : manajemen berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain (Management involves getting things done thought and with people). Menurut Drs. Oey Liang Lee : Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut The Liang Gie, manajemen adalah suatu proses kegiatan untuk menggerakkan dan mengendalikan suatu usaha kerjasama dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Menurut John D. Millet Dalam buku Management in the public service, pengertian manajemen : The process of directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired end (manajemen adalah proses pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap pekerjaan orang-orang yang terorganisir dalam kelompok formil untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki). Jhon F. Me Management is the art of securing maximum result whith minimum of efforts so as to secure maximum prosperity and happiness for both employer and employ and give the public the best possible service . (Manajemen adalah seni untuk mencapai hasil yang maksimal dengan usaha minimal demikian pula mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan maksimal baik bagi pimpinan maupun para pekerja serta memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada masyarakat.

5

B. Unsur-Unsur Manajemen
Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seorang manajer membutuhkan sarana manajemen. Menurut Manullang (1992) sarana manajemen itu adalah manusia, material, mesin, metode, uang, dan pasar. 1. Manusia (Man) Berbagai aktivitas yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dan aktivitas yang telah ditentukan dapat kita tinjau dari sudut proses, seperti perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengendalian atau dapat pula kita tinjau dari sudut bidang, seperti penjualan, produksi, keuangan, dan personalia. Bidang-bidang tersebut memerlukan sumber daya manusia 2. Material Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusia menggunakan material atau bahan-bahan. Oleh karena itu, material dianggap pula sebagai alat atau sarana manajemen untuk mencapai tujuan. 3. Mesin (Machine) Dalam kemajuan teknologi, manusia bukan lagi sebagai pembantu mesin seperti pada masa lalu sebelum Revolusi Industri terjadi. Bahkan, sebaliknya mesin telah berubah kedudukannya sebagai pembantu manusia. 4. Metode (Method) Untuk melakukan secara berdaya guna dan berhasil guna, manusia dihadapkan kepada berbagai alternatif metode atau cara malakukan pekerjaan. Oleh karena itu, metode atau cara dianggap sebagai sarana atau alat manajemen untuk mencapai tujuan. 5. Uang (Money) Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan sedemikian rupa agar tujuan yang diinginkan tercapai. Kegagalan atau ketidaklancaran proses manajemen sedikit banyaknya dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan. 6. Pasar (Markets) Bagi bidang yang bergerak di bidang industri maka sarana manajemen penting lainnya adalah pasar (markets). Tanpa adanya pasar bagi hasil industri, jelas tujuan perusahaan industri tidak akan mungkin tercapai.

6

C. Tingkatan dan Ketrampilan Manajemen
Tiga jenis ketrampilan dasar yang diperlukan manajer menurut Robert Z. Katz adalah ketrampilan konsep, ketrampilan manusiawi, dan ketrampilan teknik. 1. Ketrampilan konsep (conceptual skill) adalah kemampuan mengoordinasikan kegiatan dan memadukan kepentingan organisasi. 2. Ketrampilan manusiawi (human skill) adalah ketrampilan kerja sama dengan atasan, teman sejawat, atau bawahan termasuk kemampuan memotivasi dan berkomunikasi. 3. Ketrampilan teknik (technical skill) adalah ketrampilan yang memungkinkan manajer melakukan pekerjaannya. Untuk setiap tingkatan manajemen, kebutuhan akan ketiga jenis ketrampilan tersebut berbeda-beda. Manjemen lini Pertama Manajemen Menengah Manajemen Puncak KONSEP MANUSIAWI TEKNIS KONSEP MANUSIAWI TEKNIS KONSEP MANUSIAWI TEKNIS

Hubungan antara manajemen puncak , menengah, dan lini pertama bersifat hierarki, artinya bahwa keputusan-keputusan yang diambil oleh manajemen puncak harus dijabarkan dan dilaksanakan oleh manajemen yang berada di tingkat dibawahnya.

7

D. Fungsi manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Berikut adalah beberapa pendapat ahli mengenai fungsi manajemen. S.P. Siagian Mengemukakan bahwa fungsi manajemen terdiri dari 5 komponen, yaitu Plannning, Organizing, Motivating, Controlling, Evaluating. Menurut The ling Gie, Fungsi manajemen terdiri dari Perencanaan, Pembuatan keputusan, Pengarahan, Pengorganisasian, Pengontrolan, Penyempurnaan Lyndall F. Urwick menambahkan pendapat Henry Fayol dengan Forecasting (Peramalan), sehingga urutannya menjadi: a. Forecasting (Peramalan) b. Planning (Perencanaan) c. Organizing (Pengorganisasian) d. Commanding (Pemberian Komando) e. Coordinating (Pengkoordinasian) f. Controlling (Pengawasan). Luther Gullick membagi fungsi manajemen menjadi : a. Planning (Perencanaan) b. Organizing (Pengorganisasian) c. Staffing (Penyusunan Pegawai) d. Directing (Pembinaan Kerja) e. Coordinating (Pengkoordinasian) f. Reporting (Pelaporan) g. Budgeting (Anggaran).

8

Jhon F Mee (POMC) Planning (Perencanaan) Organizing (Pengorganisasian) Motivating (Pemberian Motivasi) Controlling (Pengendalian Louis Allen (POLC) Planning (Merencanakan) Organizing (Menyusun) Leading (Memimpin) Controlling (Mengawasi/meneliti)

William H. Newman (POARDC) Planning (Perencanaan) Organizing (Pengorganisasian) Assembling Resources Directing (Pengarahan) Controlling (Pengendalian

John F Due (POAC) Planning (perencanaan) organizing (pengorganisasian) Actuating (pelaksanaan) Controlling (pengawasan).
9

Adapun fungsi-fungsi manajemen adalah; * Perencanaan (Planning) Kegiatan seorang manajer adalah menyusun rencana. Menyusun rencana berarti memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya. * Pengorganisian (Organizing) Pengorganisasian atau organizing berarti menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga hubungan antarbagianbagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut. Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatankegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugastugas yang telah dibagi-bagi tersebut. * Menggerakkan (Actuating) Menggerakkan atau Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Jadi actuating artinya adalah menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership). * Pengawasan (Controling) Pengawasan merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

10

* Pengisian Jabatan (Staffing) Fungsi staffing berkenaan dengan penyaringan, seleksi, latihan pengembangan, dan pemberian imbalan terhadap karyawan. Calon karyawan dapat diperoleh melalui sumber dari dalam dan dari luar. Sumber dari dalam berarti mengambil karyawan dari dalam perusahaan sendiri untuk dipromosikan ke dalam jabatan yang diperlukan sesuai dengan struktur organisasi. Sumber dari luar ialah temanteman pegawai, kantor penempatan tenaga kerja, lembaga-lembaga pendidikan, dan melalui periklanan. *Pengarahan (Directing) Fungsi pengarahan berkenaan dengan aktivitas pemberian pengarahan, bimbingan, dan pembinaan kepada bawahan. Fungsi pengarahan kadang-kadang disebut juga dengan fungsi motivasi. Fungsi motivasi adalah suatu proses pemberian motivasi bekerja kepada para bawahan agar mereka ikhlas mau berusaha untuk tercapainya tujuan organisasi secara efisien.

11

BAB III PENUTUP A. Kesimpulan
Dari materi diatas dapat ditarik kesimpulan berupa : Manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang dengan proses itu pelaksanan pencapaian suatu tujuan dilakukan dan disupervisi (Management may be defined as the process by which the execution of a given purpose is put into operation and supervised). Unsur-unsur manajemen terdiri dari 1. Manusia (Man) 2. Material 3. Mesin (Machine) 4. Metode (Method) 5. Uang (Money) 6. Pasar (Markets) Serta tingkatan dan ketrampilan manajemen terdiri dari 3 konsep yaitu : a. Ketrampilan konsep (conceptual skill) adalah kemampuan mengoordinasikan kegiatan dan memadukan kepentingan organisasi. b. Ketrampilan manusiawi (human skill) adalah ketrampilan kerja sama dengan atasan, teman sejawat, atau bawahan termasuk kemampuan memotivasi dan berkomunikasi. c. Ketrampilan teknik (technical skill) adalah ketrampilan yang memungkinkan manajer melakukan pekerjaannya. Adapun fungsi dari manajemen juga terdiri dari 6 fungsi yaitu : 1. Perencanaan (Planning) 2. Pengorganisian (Organizing) 3. Menggerakkan (Actuating) 4. Pengawasan (Controling) 5. Pengisian Jabatan (Staffing) 6. Pengarahan (Directing)

12

B. Saran-saran
Dengan membaca makalah ini, mudah-mudahan teman- teman dapat mengembangkan pengetahuan mengenai manajemen serta mampu mendeskripsikan konsep manajemen serta prinsip dan tingkatantingkatannya.

13

Daftar Pustaka
Sutarno, Sunarto, Sudarno, Isroah, Siti Nurjanah. 2007. Kompetensi Dasar Ekonomi Kelas XII. Solo: Tiga Serangkai Emie Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. 2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Iskandar, H. 1984. Asas-Asas Management. Surakarta: UNS http://www.bppk.depkeu.go.id/webpegawai/index.php?option=com_docman&ta sk=doc_download&gid=8&&Itemid=61. http://arnolditya.files.wordpress.com/2007/10/rangkuman-tugasmanajemen.doc. http://www.geocities.com/agus_lecturer http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen http://www.bung-aswin.com/download/manajemen_manajer.pdf.

14

Related Interests