PERTANYAAN-PERTANYAAN UMUM DALAM WAWANCARA KERJA

Yermia Pehulisa, SE. yermia_pehulisa@yahoo.com

Gagal

Sukses

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali “MOTIVASI” 1. Mengapa Anda memutuskan untuk bergabung dengan

perusahaan ini ? 2. Apa yang membuat Anda merasa tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini ? 3. Tantangan apa yang Anda cari dalam pekerjaan ? 4. Tanggung jawab apa yang Anda anggap penting dalam pekerjaan ? 5. Apa saja yang membuat Anda termotivasi dalam bekerja ?

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengetahui sikap Anda saat menghadapi “TEKANAN”

1. Mampukah Anda bekerja dibawah tekanan? 2. Pernahkan Anda bekerja dibawah tekanan, bagaimana Anda menghadapinya? 3. Mampukah Anda menghadapi kritik dari atasan ? 4. Jika Anda dimarahi oleh atasan karena sesuatu hal yang tidak Anda lakukan, bagaimana Anda menyikapinya?

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali “INISIATIF” Anda

1. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini ? 2. Ceritakan mengenai latar belakang pendidikan Anda ? 3. Apakah Anda pernah bekerja sebelumnya ?

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali “SIKAP KERJA” Anda

1. Siapkah Anda jika harus ditempatkan di cabang perusahaan yang berada di luar pulau ? 2. Jika terjadi pengalihan tanggung jawab dalam pekerjaan, bagaimana Anda menyikapinya ? 3. Ceritakan mengenai pengalaman kerja Anda ?

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali aspek “PERCAYA DIRI” Anda

1. Menurut Anda apakah arti keberhasilan ? 2. Menurut Anda apakah arti kegagalan ? 3. Jelaskan indikator keberhasilan bagi diri Anda ? 4. Apakah saat ini Anda sudah berhasil ?

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menggali aspek “KEPEMIMPINAN” Anda 1. Sebutkan kepribadian yang Anda miliki yang mencerminkan sikap memimpin ? 2. Menurut Anda apa saja yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin ? 3. Jika Anda membuat suatu kebijakan sedangkan bawahan Anda menolaknya, bagaimana Anda menyikapinya ? 4. Menurut Anda pemimpin seperti apa yang bersikap adil ? 5. Menurut Anda pemimpin seperti apa yang bersikap tidak adil ?

Tips Agar Sukses Dalam Sesi Wawancara :  Bersikap jujur dalam menjawab, karena jika Anda tidak jujur maka akan terlihat dari jawaban-jawaban Anda pada pertanyaan yang terkait.  Jangan terlihat seperti orang yang “sok tau”.  Pelajari dahulu mengenai deskripsi jabatan yang Anda lamar.  Jangan berpenampilan yang terlalu berlebihan (parfum

sewajarnya saja, bagi para pria jangan menata rambut yang aneh).  Hal yang cukup sepele namun sangat penting, yaitu sebelum wawancara pastikan Anda tidak ingin ke toilet.

SEMOGA REKAN-REKAN YANG MEMBACA TULISAN SAYA INI DAPAT MEMPERSIAPKAN DIRI SEBAIK MUNGKIN DALAM MENGHADAPI WAWANCARA.