You are on page 1of 30

PUBLISH VIDEO YOUTUBE

LITERASI DIGITAL KELAS-KELAS C-KELOMPOK 5


HARUM FATANAH
(2103110720)
LAELATUL KHASANAH
(2103135706)
FIGO SWARNA YOGA
(2103112631)

PROGRAM STUDI S1 FISIKA


UNIVERSITAS RIAU
2021
KATA PENGANTAR

Puji syukur diucapkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmatNya sehingga
makalah ini dapat tersusun sampai dengan selesai. Tidak lupa kami mengucapkan
terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan
memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan
pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini
bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam
penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman
Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun
dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Pekabaru,Agustus 2021

Penulis
BAB I PENDAHULUAN

1.1 ISTILAH
1.1.1 YouTube
YouTube adalah situs web atau website berbagi konten video. Melalui YouTube, sobat bisa
mengupload (unggah), download (unduh), menonton, dan mendapatkan banyak uang dari
internet.
1.1.2. Channel atau Saluran YouTube
Channel atau saluran YouTube selayaknya "rumah kosan" bagi akun YouTube sobat.Contohnya
seperti blog. Sobat punya akun Google+ dan sobat membuat banyak blog dalam satu akun
Google+ tersebut.Nah, tiap-tiap blog tersebut bisa dikatakan "Channel". Itulah yang dimaksud
dengan Channel di YouTube.
1.13. YouTubers
Pengertian YouTubers yang sebenarnya adalah pelaku YouTube itu sendiri. Sobat main
YouTube, itu artinya sobat adalah YouTuber.
1.1.4. Vlogger
YouTuber dan Vlogger itu berbeda. YouTuber seperti yang saya jelaskan, pelaku sederhana,
tidak neko-neko.Namun kalau sobat ingin dianggap sebagai seorang Vlogger, maka sobat harus
memiliki situs web atau website pribadi.Sesuai dengan namanya, Vlog - gabungan kata dari
Video dan Blog, artinya sobat saling menghubungkan konten video dengan isi artikel blog
sobat.Caranya bisa beragam,entah video-nya ditampilkan di sisi samping situs blog, atau pun di
dalam postingan blog sobat.Yang penting, selama situs web tersebut milik sobat pribadi, dan
selama itu pula sobat mengaitkannya (menghubungkannya) dengan video YouTube sobat, maka
sobat dianggap seorang Vlogger.

1.1.5. SEO
Search Engine Optimization (SEO) adalah optimasi konten video agar video sobat muncul di
halaman pertama YouTube.Tujuannya tidak lain dan/atau tidak bukan yaitu agar konten video
sobat mudah ditemukan di halaman pertama YouTube sehingga bisa di tonton oleh banyak
orang dalam waktu yang relatif cepat.SEO terbagi menjadi 2 teknik, SEO On Page dan SEO Off
Page.SEO On Page berfokus pada teknik internal di dalam YouTube itu sendiri; sedangkan SEO
Off Page adalah teknik SEO yang berfokus mencari trafik penonton dengan cara memanfaatkan
sosial media atau beriklan di situs lain.
1.1.6. Subscribe
Subscribe adalah pelanggan dari Channel YouTube sobat; baik yang sifatnya "following"
maupun "followers".
1.1.7. Subscription
Subscription adalah "following", dalam artian -- siapa yang sobat ikuti. Hal ini tertulis jelas di
bagian Navigasi Menu di YouTube.Ketika sobat menekan (memilih) menu Subscription, yang
muncul adalah daftar saluran YouTube yang sobat ikuti selama ini.
1.1.8. Subscribers
Subscribers adalah kebalikan dari "following" yakni "followers", dalam artian -- seberapa
banyak dan siapa-siapa saja pelanggan dari saluran YouTube sobat.

1.1.9. Playlist
Kalau di dunia perbloggingan, kata Playlist seperti halnya merujuk ke label atau kategori.Playlist
berfungsi dan bermanfaat untuk memisahkan mana konten video berdasarkan topiknya
masing-masing.
1.1.10. Creator Studio
Creator Studio ini sama halnya seperti Dashboard di Blogger. Creator Studio juga bisa diartikan
sebagai otak dari saluran YouTube itu sendiri.Karena sobat akan menemukan banyak navigasi
menu berdasarkan fungsinya masing-masing.Contohnya seperti memasang watermark (tanda
air), pengelola video, komunitas, Channel (saluran), terjemahan dan transkripsi, dan banyak
lagi.
1.1.11. Diskusi
Diskusi adalah sebuah halaman pribadi di YouTube yang memungkinkan sobat untuk berdikusi
dengan para pelanggan saluran YouTube sobat.Halaman ini seperti halnya Timeline di Facebook
atau Twitter. Seolah-olah seperti membuat status agar bisa diketahui dan di baca banyak orang.
1.1.12. Tentang
Tentang atau About adalah halaman yang memungkinkan sobat untuk mengisi deskripsi
tentang saluran YouTube, lokasi, dan tautan situs web.Praktisnya, "Tentang" adalah pengenalan
jati diri dari saluran YouTube tersebut. Isi dan jelaskan secara ringkas, padat, dan jelas. Tidak
perlu muluk-muluk.
1.1.13. Ikon Channel
Ikonik saluran atau Icon Channel adalah ikon yang akan muncul diberbagai tempat, dan gambar
ikon ini yang akan mewakili saluran YouTube.Mengubah (mengganti) ikonik saluran YouTube
bisa dilakukan dengan sangat mudah, dengan cara membuka profil Google+ dari akun YouTube
itu sendiri dan menyetelnya langsung di halaman Google+.
1.1.14. Dasbor atau Dashboard
Pilihan menu pada Dasbor bertugas mengumpulkan dan/atau menampilkan total video,
komentar, analytics dalam waktu satu bulan, waktu menonton, penayangan dan jumlah
Subscribers.
1.1.15. Publisher AdSense
Publisher AdSense adalah pelaku dari Google AdSense.Pengertian Publisher dan Advertiser itu
berbeda; karena definisi Advertiser ialah mengiklankan, sedangkan Publisher mendapatkan
uang karena telah mengiklankan produk tersebut.
1.1.16. Page View atau Page Impression
Page Impression adalah total jumlah halaman (berisi iklan AdSense) yang ditampilkan kepada
para pengunjung atau penonton.Jika pun unit iklan yang ditayangkan dalam satu waktu
berjumlah 4, pada hakikatnya akan di hitung satuan.Contohnya jika video tersebut memuat 4
iklan AdSense dan telah di tonton sebanyak 10 kali, maka hitungan Pageviews-nya tetap pada
nilai 10.
1.1.17. Click
Sederhananya, Click adalah Klik. Namun, Click disini berarti akumulasi jumlah klik yang
didapatkan dari tiap-tiap unit iklan yang ditempatkan dan/atau dipasangkan.

1.1.18. Cost per Click (CPC)


Cost per Click adalah pembayaran dari tiap klik, -- dimana pembayaran tersebut akan
dibebankan ke Advertiser untuk Publisher AdSense.Google AdSense sebagai program
periklanan itu sendiri, akan mengatur secara otomatis (distribusi) uang tersebut ke rekening
Google AdSense sobat.Advertiser, artinya pengiklan. Publisher AdSense adalah orang yang
mengiklankan.Selalu ingat bahwa biaya ini tidak sama antara satu Advertiser dengan yang
lainnya. Semua itu tergantung jenis iklan, perusahaan apa dan siapa yang beriklan di AdSense,
berapa nilai Click yang mereka tentukan, dan lain-lainnya.
1.1.19. Click Through Rate (CTR)
CTR adalah perhitungan dan/atau perbandingan antara jumlah tayangan iklan yang ditampilkan
dan klik yang didapatkan.Semisalnya, iklan tersebut tampil sebanyak 1,000 kali dan
mendapatkan klik iklan sebanyak 40 kali, berarti persentase-nya bernilai 4% (empat
persen).Perhitungannya seperti ini: 40/1,000 x 100% = 4%.Pada umumnya, CTR digunakan atau
dimanfaatkan sebagai sarana media atau referensi publisher AdSense untuk memantau
penghasilan mereka.Sedangkan Google akan menggunakan CTR sebagai acuan apakah sobat
bermain bersih (alami) atau tidak.Jika nilai atau persentase-nya lebih dari 10%, bisa saja akun
AdSense sobat diperingatkan atau ditangguhkan (Suspend). Yang lebih parah, bisa di Banned
(Blokir Permanen) oleh Google.
1.1.20. Revenue per Thousand Impression (RPM) atau CPM
Revenue per Thousand Impression (RPM) atau bisa disebut juga dengan istilah CPM adalah
jumlah pembagian antara pendapatan publisher AdSense dengan impresi iklan yang
didapatkan.Rumus perhitungan: Jumlah penghasilan / (Impression/100).Jika sobat bingung,
begini cara menghitungnya. Sobat mendapatkan penghasilan $200 dari 50,000 impresi iklan,
maka nilai CPM yang didapatkan berarti $4.Hasil dari $4 di atas didapatkan dengan cara
menggunakan rumus di atas. Rumusnya seperti di bawah ini:
200/(50,000/1,000) = 200/50 = 4.
1.1.21. Pay per Click (PPC)
Pengertian Pay per Click adalah bayaran per tiap klik, biaya ini ditentukan secara pribadi oleh
Advertiser yang mengiklankan produk mereka ke Google.Dalam dunia blogging, khususnya
Google AdSense, hanya Google yang mengetahui seberapa besar nilai bayaran per Click yang
dikeluarkan oleh Advertiser.Publisher AdSense mana pun tidak akan ada yang tahu menahu
soal ini.Apalagi, ada ratusan ribu Advertiser di AdWords, dimana tiap-tiap PPC yang
digelontorkan Advertiser memiliki bayaran yang berbeda-beda.
1.1.22. Cost per Action / Cost per Acquisition (CPA)
CPA atau Cost per Action merupakan salah satu bagian dari Affiliate Marketing.
Jika ada salah seorang pembaca mengklik iklan sobat, lalu dia membeli sesuatu, download atau
melakukan Sign Up (daftar), maka pada saat itulah sobat mendapatkan penghasilan.CPA atau
Cost per Acquisition merupakan program iklan yang paling sering di pilih oleh Advertiser karena
pengeluaran biaya yang dibebankan tergolong murah dan hemat.CPA bisa dikatakan atau
disebut juga dengan istilah Pay per Conversion.Pay per Conversion atau PPC adalah periklanan
yang membayar kepada Publisher apabila Goal tersebut terpenuhi sebagaimana kehendaknya;
seperti pendaftaran member, penjualan, lama waktu per kunjungan, dan sebagainya.
1.1.23. Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan penghasilan yang sobat dapatkan selama ini; dari hasil
perkalian antara jumlah klik dengan CPC.Praktisnya, semakin tinggi nilai CPC sobat maka
semakin besar pula pendapatan (penghasilan) yang sobat peroleh pada saat itu.
1.1.24. Upload atau Unggah
Upload atau unggah adalah suatu proses pengiriman file dan/atau data dari komputer ke server
internet.Sifatnya bisa publik maupun privasi, tergantung bagaimana sobat menyetel
pengaturan tersebut. Contohnya seperti mengupload foto di Facebook.Melalui pengaturan
yang ada di Facebook, sobat bisa menentukan mana file yang bersifat privasi dan mana file yang
bisa dikonsumsi secara publik.
1.1.25. Download atau Unduh
Pengertian download adalah sebuah proses pengambilan file dan/atau data yang ada di
internet.File dan data yang di unduh biasanya berupa video, mp3, mkv, mp4, file attachment,
crack, torrent file, dan berbagai file lainnya.

1.1.26. SEO Friendly


Arti dan makna kata dari SEO Friendly adalah ramah bagi mesin pencari; bagaimana membuat
Search Engine mengistimewakan blog, situs atau website serta channel YouTube sobat.Ada
beberapa teknik bagaimana membuat saluran dan video-video YouTube sobat menjadi SEO
Friendly, dalam artian ramah mesin pencari sehingga selalu diutamakan dan/atau ditampilkan
di halaman pertama Google/YouTube.Selalu ingat bahwa penerapan teknik atau metode SEO
Friendly di blog dan di YouTube sangat berbeda.

1.1.27. User Friendly


Secara umum, pengertian User Friendly adalah ramah terhadap pembaca. Karena sobat sedang
membaca artikel tentang YouTube, maka artinya ramah terhadap penonton.Tekniknya
tergolong sangat sederhana; bagaimana sobat mengistimewakan para pembaca.Sobat bisa
mencari posting teknik User Friendly pada kolom pencarian yang ada di dalam blog ini. Silakan
dipelajari lebih lanjut.
1.1.28. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah proses atau sistem bisnis online, dimana membayar jasa kepada
orang ketika orang tersebut berhasil menjual produk, barang dan/atau jasa sebuah perusahaan
yang dipasarkan di Internet.Perusahaan ini sejatinya membutuhkan orang lain agar produk
mereka terjual. Nah inilah yang dinamakan Affiliate Marketing.

1.1.29. Internet Marketing


Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, pengertian Internet Marketing berarti memasarkan
produk, barang dan/atau jasa ke internet agar diketahui banyak orang dengan tujuan
meningkatkan penjualan.Sederhananya, pengertian Internet Makrketing ialah memanfaatkan
internet atau media elektronik guna memasarkan suatu produk atau jasa secara online.

1.1.30. Google AdWords


Google AdWords adalah platform periklanan milik Google; yang bertugas sebagai perantara
antara sobat (Publisher) dengan pihak ketiga (Advertiser).AdWords sejatinya akan mengatur
biaya (CPC, RPM, CTR, dll), penempatan iklan, penentuan lokasi, keyword yang di target dan
beberapa hal lainnya yang di anggap penting oleh si pihak ketiga (Advertiser).

1.1.31. Akun AdSense Jenis Hosted


Google AdSense pada jenis Hosted adalah tipe AdSense yang didapatkan dari Blogger (Blogspot)
dan YouTube.100% iklan pada versi Hosted hanya bisa ditayangkan (ditampilkan/dipasangkan)
di Blogspot dan YouTube. Satu unit iklan dari akun Hosted bisa dipasangkan di banyak blog
Blogspot.Kekurangan AdSense tipe Hosted adalah unit iklannya yang tidak bisa ditempatkan di
situs yang sudah di Custom Domain seperti .com, .net, .org, dan Top Level Domain
lainnya.Selain itu, kekurangan AdSense dengan tipe Hosted masih berbagi hasil dengan pihak
Google, yang artinya sobat tidak mendapatkannya secara penuh.

1.1.32. Akun Google AdSense tipe Non Hosted


Google AdSense jenis Non Hosted merupakan tipe AdSense di atas tingkatan yang lebih tinggi,
dimana sobat bisa menempatkan unit iklannya diberbagai situs, baik yang sudah di Custom
Domain, Blogspot dan YouTube sekaligus.Untuk mendapatkannya, situs yang harus didaftarkan
sudah di Custom Domain, dalam artian Domain gratis harus ditingkatkan ke Top Level
Domain.Setelah itu, situs web tersebut diajukan ke Google Adsense. Jika pengajuan di terima,
berarti sobat telah mendapatkan Google AdSense tipe Non Hosted,penghasilan yang
didapatkan secara penuh, tidak terbagi atau dibagikan ke Google.
1.1.33. Custom Domain
Custom Domain adalah peningkatkan Domain pada situs web, dari yang awalnya gratis menjadi
Top Level Domain.Semisal diantaranya adalah .com, .id, .net, .web.id dan banyak lagi.
1.1.34. Top Level Domain
Top Level Domain adalah domain pada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan yang
gratis.Domain gratis yang dimaksud seperti Blogspot.com dan/atau Wordpress.com. Nah ketika
domain sudah ditingkatkan (Custom Domain), akhiran "Blogspot" dan "Wordpress" akan hilang
secara otomatis.Untuk Blogger (Blospot), URL yang menampilkan tahun dan bulan tidak bisa
dihilangkan (dihapus). Akan tetapi, Wordpress bisa menghilangkan atau mengadakannya
seperti halnya Blogger.
1.1.35. Verifikasi PIN Google AdSense
Verifikasi PIN adalah suatu metode yang harus dilakukan oleh Publisher AdSense, sebagaimana
yang telah ditentukan oleh Google guna mengetahui alamat si Publisher AdSense
tersebut.Verifikasi ini berarti mengesahkan alamat sobat, dengan tujuan agar pihak Google
lebih mudah dalam mengirim surat verifikasi, kesesuaian cukup umur, penghasilan kepada
sobat agar tidak salah tuju, dan hal-hal lainnya yang di anggap penting.Satu hal yang pasti,
verifikasi PIN ini sangat aman. Alamat rumah sobat akan dirahasiakan oleh Google.
1.1.36. Suspend (Ditangguhkan)
Suspend atau Ditangguhkan merupakan peringatan keras terhadap Publisher Google AdSense,
-- siapa pun dia dan di mana pun dia.Suspend berarti menghentikan berjalannya penghasilan
sobat selama ini.Dalam beberapa kasus, situs web atau saluran YouTube masih bisa
menampilkan iklan; akan tetapi penghasilan tidak akan masuk ke rekening AdSense.Kebanyakan
permasalahan Suspend, memiliki kriteria atau ciri-ciri seperti unit iklan AdSense yang
menghilang dan/atau tidak muncul; baik halnya di situs web maupun di video-video saluran
YouTube.
1.1.37. Banned (Diblokir, Dihapus atau Dinonaktifkan secara Permanen)
Banned adalah tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan Ditangguhkan (Suspend).Ketika sebuah
web blog, situs atau website dan/atau saluran YouTube di Banned, maka segala hak akses
menuju situs Google AdSense akan di blokir dengan paksa.Bagaimana pun caranya, sobat tetap
tidak akan bisa masuk lagi ke situs AdSense.
Yang lebih menyakitkannya lagi, bisa-bisa akun Google+ yang berlaku sebagai Administrator
situs web atau saluran YouTube tersebut di hapus secara permanen oleh Google.Yang sangat
menyakitkannya lagi, ketika penghasilan sobat selama ini menjadi hangus, -- penghasilan
dikembalikan ke Google dan pihak Advertiser sebagaimana mestinya.
1.1.38. Pengajuan Banding
Pengajuan Banding merupakan satu-satunya langkah bagaimana cara sobat mengembalikan
atau memulihkan akun AdSense yang ditangguhkan (Suspend).Caranya bisa dilakukan dengan
berbagai cara, tergantung status penangguhan apakah terjadi di situs web atau saluran
YouTube.Google melalui sistemnya akan mencoba menjelaskan secara detail bagaimana
langkah-langkah memulihkan akun Google AdSense yang ditangguhkan.Pengajuan Banding
tidak berlaku untuk AdSense Account yang sudah di Banned. Sekali di Banned, berarti hangus
dalam segala sisi dan/atau hal.
1.1.39. MCN
Pengertian MCN adalah Jaringan Multi-Channel, -- penyedia layanan pihak ketiga yang
berafiliasi dengan beberapa channel Money Transfer Control Number guna menawarkan
layanan.Penawaran atas pelayanan yang dimaksud seperti pengembangan penonton, konten,
kolaborasi kreator, pengelolaan terhadap hak digital, monetisasi, dan penjualan.Namun, MCN
seringkali di anggap sebagai alternatif Google AdSense.Jika suatu waktu pengajuan dan/atau
pendaftaran AdSense sobat tetap di tolak oleh Google, sobat bisa menggunakan MCN sebagai
alternatif Adsense.Meski pun MCN di bawah naungan YouTube, bukan berarti segala ketentuan
dan kebijakan atas pendaftarannya dilakukan oleh YouTube sendiri.

MCN punya ketentuan dan kebijakan sendiri. Jadi, tidak heran ketika sobat mengajukan
pendaftaran, segala halnya tampak lebih mudah.Seperti yang kita ketahui selama ini, pengajuan
periklanan di MCN memang lebih mudah dibandingkan Google AdSense. Oh iya! MCN mengikat
secara hukum, jadi berhati-hatilah dan kalau bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan
penasihat hukum sobat.

1.1.40. MTCN (Money Transfer Control Number)


MTCN atau Money Transfer Control Number adalah kode yang berisi 10 digit (angka/nomor)
yang diberikan oleh pihak Western Union kepada si pengirim uang.Kode ini bersifat sangat
rahasia karena fungsinya membuka "Hak Akses" si penerima.melalui MTCN ini pula, maka
muncul-lah istilah Western Union Quick Cash (Nomor 41 di bawah).
1.1.41. Western Union Quick Cash
Western Union Quick Cash adalah bentuk pembayaran yang memungkinkan sobat menerima
pembayaran AdSense secara tunai dengan menggunakan layanan trasnfer uang melalui Wester
Union di seluruh dunia.status sobat disini adalah penerima; bukan pemberi. Untuk masalah ini,
saya sarankan untuk membaca informasi lebih lengkapnya di Western Union Quick Cash.
1.1.42. Payment in Progress (PIP)
Payment in Progress adalah pembayaran yang sedang berlangsung; yang telah ditentukan
secara otomatis oleh sistem Google.Notifikasi dari sistem PIP sendiri akan muncul di antara
tanggal 21 sampai 25 pada bulan tersebut. Oh iya, PIP akan muncul sebelum mendapatkan
Payment Issue (PI).
1.1.43. Payment Issue (PI)
Pengertian kata istilah dari Payment Issued adalah pembayaran yang telah diterbitkan.baik
Payment in Progress (PIP) maupun Paymen Issue akan muncul di Dashboard AdSense apabila
sobat mencairkan pembayaran Google AdSense melalui Western Union (WU).
1.1.44. Pay Out (PO)
Secara umum, pengertian Pay Out pada program periklanan Google AdSense ialah waktu bayar
ketika penghasilan sudah mencapai ambang batas pembayaran.Kalau tidak salah, penggunaan
kata (istilah) Pay Out (PO) ini merujuk ke salah satu metode bagaimana sobat dibayarkan;
apakah dengan cara transfer bank atau melalui Western Union.
1.1.45. Bomb Click
Click adalah klik, sedangkan Bomb adalah bertubi-tubi. Praktisnya, Bomb Click adalah klik iklan
AdSense yang dilakukan secara bertubi-tubi.
1.1.46. Copyright
YouTubers pemula biasanya akan sering menemukan dan/atau membaca kata Copyright pada
Pengelola Video di Dashboard YouTube mereka.Pengertian Copyright adalah lisensi atau hak
cipta atas kekayaan intelektual milik orang lain; seperti halnya video, musik latar belakang, dan
hal-hal lainnya.Bahasa lain dari Copyright adalah Lisensi, Hak Cipta, Karya Cipta, Sertifikat, Hak
Paten, dan Oktroi.
1.1.47. Pengelola Video
Pengelola Video merupakan salah satu pilihan pada navigasi menu yang ada di Dasbor
YouTube.Fungsi dan tugasnya ialah mengedit beberapa video yang telah sobat upload,
menghapus, mengecek seberapa banyak komentar yang masuk, info, setelan, promosi, audio,
layar akhir, anotasi dan masih banyak lagi.
1.1.48. Live Streaming
Live Streaming adalah salah satu akses terbaik di YouTube yang tidak bisa dimiliki dan
digunakan oleh banyak orang.Salah satu kriteria agar channel YouTube bisa mengakses Live
Streaming ialah memiliki reputasi saluran YouTube yang baik dan telah melakukan verifikasi
dengan nomor telepon.Melalui Live Streaming pula, para penggemar saluran YouTube sobat
akan selalu dapat menemukan sobat; dimana pun dan kapan pun.
1.1.49. Komunitas
Komunitas merupakan salah satu pilihan menu pada navigasi menu yang ada di Dasbor
YouTube.Pada menu Komunitas ini pula, sobat akan melihat berbagai pilihan seperti komentar
yang dipublikasikan, ditinjau, dan atau komentar yang terdeteksi berkemungkinan spam; pesan,
Subscribers, Credit, dan hal-hal lainnya.

1.1.50. Google Analytics


Google Analytics adalah salah satu tool gratis yang bisa sobat gunakan dan manfaatkan dalam
mencari informasi terkait saluran YouTube sobat sendiri.Perhitungannya sangat banyak, dimulai
dari RPM, CTR, BPK, Pageviews, penonton dominan berasal dari negara mana, berapa lama
video sobat di tonton, dan masih banyak lagi.
1.1.51. Status dan Fitur
Pada navigasi menu Dasbor YouTube, sobat akan melihat pilihan sub-menu Status dan Fitur
pada menu utama yang berjudul "Channel."Disini sobat akan diperlihatkan informasi mengenai
saluran YouTube sobat sendiri.Contohnya seperti reputasi saluran YouTube, Status Hak Cipta,
Status Pedoman Komunitas; pengaktifan dan nonaktifkan beberapa fitur seperti upload,
monetisasi, Live Streaming, video dengan durasi panjang, thumbnail kustom, anotasi eksternal,
URL kustom, kelayakan Pengajuan Banding dan banyak lagi.
1.1.52. Default Upload
Yang dimaksud dengan Default Upload adalah mengatur dan menentukan segala pengaturan
video ketika sebelum dan/atau sesudah di upload ke YouTube.Singkatnya, sobat akan menyetel
pengaturan video sesuai kehendak sobat.Praktisnya pula, dengan adanya dukungan Default
Upload, setidaknya menghemat sedikit waktu sobat dalam pengisian deskripsi, judul,
pemasangan kategori, bahasa video, dan lain-lain.
1.1.53. YouTube Red
YouTube Red adalah layanan video berbayar yang dimiliki, dibuat dan/atau diterbitkan oleh
YouTube sendiri.Dengan berlangganan sebagai membership dari YouTube Red, para penonton
bisa menikmati berbagai layanan ekstra-eksklusif yang ditawarkan oleh YouTube.Biayanya
cukup murah, kalau tidak salah $10 per bulannya. Jika dikonversikan ke Rupiah, nominalnya
hanya Rp 136,000,00- saja.
1.1.54. Realtime
Pengertian Realtime adalah waktu nyata pada saat itu. Salah satu bukti atau contoh kasus yang
bisa kita temukan saat ini adalah melalui halaman Google Analytics.Agar lebih mudah, silakan
buka Analytics milik sobat pribadi.Silakan lihat berbagai informasi yang ditampilkan pada
Analytics sobat, ketuk menu "Hari Ini" dan lihat grafik yang ditampilkan.itulah Realtime, --
waktu nyata. Sobat akan melihat berapa banyak orang yang mengunjungi situs web atau
seberapa banyak penonton hari ini, apakah ada yang sedang menonton atau tidak, dan lain-
lain.
1.1.55. Suka dan tidak suka / Like or Dislike (or Unlike)
Suka (Like) atau Dislike (Tidak Suka) adalah bagaimana reaksi penonton ketika melihat dan/atau
menonton video yang ada di saluran YouTube.Pada kenyataannya, Like atau Dislike (Unlike)
akan mempengaruhi reputasi saluran YouTube.Jika jumlah Dislike terlalu banyak dibandingkan
jumlah Like, biasanya reputasi channel YouTube akan menurun. Jika sebaliknya, maka saluran
YouTube tersebut sangat baik, berkualitas dan bernilai tinggi.
1.1.56. Anotasi
Di dalam materi blogging, bahasa lain dari kata Anotasi adalah Anchor Text, -- teks yang berisi
URL. Apabila di klik, akan mengarah ke halaman lain.Di dalam dunia situs web pula, kita
mengenalnya dengan istilah Internal Link, Inbound Link, Eksternal Link, dan Outbound Link.
Sedikit banyaknya, ke empat-empat jenis link tersebut memberikan efek SEO yang cukup
mumpuni.Pengertian Anotasi pada YouTube adalah Anchor Text yang disematkan dibeberapa
bagian di dalam video. Umumnya, ditempatkan di detik-detik akhir video.Tujuannya agar video
lainnya (masih di saluran YouTube yang sama) mendapatkan jatah atau kebagian trafik dari
penonton yang sama dan/atau penonton lainnya.
1.1.57. Card Verification Number (CVN)
Nomor verifikasi Karu (CVN) adalah tiga digit angka keamanan yang tercantum di belakang
kartu kredit atau debit sobat.Tugasnya cukup banyak, dan masih berkaitan dengan dunia
Google AdWords. Jika sobat tertarik, silakan baca panduan CVN disini: Nomor verifikasi Kartu.
1.1.58. Watermark (Tanda Air)
Watermark atau Tanda Air adalah Copyright. Bisa di pasang dan tidak.Definisi praktisnya,
Watermark adalah "Jejak", meninggalkan jejak bahwa itu adalah Video Content yang sobat
miliki.Contohnya? Lihat gambar di atas, saya beri logo dari blog Monetisasi Video YouTube. Nah
logo itulah yang dimaksud dengan Watermark.Selain itu, tujuan pemasangan Tanda Air adalah
agar video sobat tidak di re-upload ulang oleh YouTubers lainnya, -- dalam artian mereka
mencuri video sobat, lalu memonetisasinya ke YouTube.Watermark bisa dilakukan dengan 2
cara yang berbeda; Tanda Air pada setelan di YouTube, atau Tanda Air hasil dari editing
video.Cara yang paling ampuh agar orang-orang tidak bisa leluasa melakukan re-upload video
sobat ialah dengan cara memasang Tanda Air menggunakan editing video.Pasang logo
secukupnya, di tengah-tengah atau dimana saja, -- yang intinya membuat mereka kesulitan
untuk menghapus Tanda Air tersebut.

1.2 PENGERTIAN
1.2.1 Pengertian YouTube

YouTube adalah sabuting situs web babagi pidiu nang di'ulah ulih talu bakas kariawan PayPal
wayah Pibuari 2005 yato Chad Hurley, Steve Chen wan Jawed Karim[7]. Situs ngini
mamungkinakan pamakai mangunggah, manuntun, wan jua babagi pidiu. Parusaha'an ngini
bakantur di San Bruno, Califurnia, wan mamakai tiknulugi Adobe Flash Video wan HTML5 gasan
manampai'akan bamacam-macam kuntin-kuntin pidiu ulahan pamakai, tamasuk klip pelem, klip
telepisi, wan pidiu musik. Salain ngitu ada jua kuntin amatir nang kaya blog pidiu, pidiu orisinal
handap, wan pidiu pandidikan. Pamulaannya YouTube lain dikambangakan Google, tagal
Google mangakusisinya imbah ngitu manggabungakan lawan layanan-layanan Google nang
lain.Berikut ulasan lengkap nya.
- Sianipar
Menurut Sianipar (2013) youtube ialah sebuah basis data berisi konten video yang
popular di media sosial serta penyedia beragam informasi yang sangat membantu.
Youtube mempunyai fungsi untuk mencari suatu informasi video atau melihat video
secara langsung.
1.2.2 Asal Usul Youtube

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya
merupakan karyawan pertama PayPal. ... YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan
teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara
November 2005 dan April 2006.
1.2.3 Tujuan YoTube
YouTube dibuat dengan tujuan agar orang bisa berbagi video mereka, tetapi seiring berjalannya
waktu YouTube juga menjadi situs untuk mempublish lagu, lucu-lucuan, serta untuk
mempromosikan sebuah produk maupun perusahaan. ... Pada November 2006 google membeli
youtube dengan harga $1,6 miliar.
1.2.4.Cakupan Hukum Youtube
-Penghapusan konten dari YouTube berdasarkan Hukum Penegakan Jaringan
Network Enforcement Law (NetzDG) mewajibkan jaringan sosial dengan lebih dari 2 juta
pengguna terdaftar di Jerman agar menghapus secara lokal konten yang “jelas-jelas ilegal”
(misalnya, video atau komentar) dalam waktu 24 jam setelah menerima laporan. Jika
legalitasnya belum jelas, penyedia biasanya memiliki waktu hingga tujuh hari untuk
memberikan keputusan terkait kasus tersebut. Pada kasus tertentu prosesnya dapat
memerlukan waktu lebih lama—jika, misalnya, pengguna yang mengupload konten—pengguna
yang video atau komentarnya disimpan di YouTube (uploader)— diminta untuk menimbang,
atau jika keputusannya diteruskan ke badan industri bersama yang diakreditasi sebagai institusi
yang memiliki peraturan mandiri yang diatur. Agar memenuhi syarat untuk dihapus
berdasarkan NetzDG, konten harus termasuk dalam salah satu dari 21 undang-undang pidana
dalam Hukum Pidana Jerman (StGB) yang disebutkan NetzDG. Kami mengevaluasi konten yang
dirujuk kepada kami menurut NetzDG berdasarkan Pedoman Komunitas YouTube global kami
sendiri. Jika konten melanggar Pedoman Komunitas YouTube kami, kami akan menghapusnya
secara global. Jika konten tersebut tidak termasuk dalam kebijakan ini, namun kami
mengidentifikasinya sebagai ilegal berdasarkan salah satu dari 21 undang-undang StGB yang
disebutkan NetzDG (§ 1 III NetzDG) atau hukum setempat lainnya, kami akan membatasinya
secara lokal.Act to Combat Right-Wing Extremism and Hate Crime, yang mulai diberlakukan
pada tanggal 3 April 2021, menambah jumlah tindak pidana yang tercantum di NetzDG menjadi
22 dengan menambahkan § 189 Hukum Pidana. Selain itu, tindak pidana yang telah tercantum
dalam § 1 (3) NetzDG mengalami perluasan konten lebih lanjut.NetzDG juga mewajibkan
jaringan sosial untuk membuat dan memublikasikan laporan terkait penanganan keluhan
semacam itu (laporan transparansi) setiap enam bulan. Kami mematuhi kewajiban ini dengan
memublikasikan laporan ini. Kami memperbarui laporan ini untuk periode pelaporan Januari
hingga Juni dan Juli hingga Desember setiap tahunnya. Laporan default yang tersedia di sini
mencakup periode pelaporan sebelumnya, namun pengguna juga dapat melihat data dari
periode pelaporan sebelumnya. Versi laporan saat ini juga tersedia untuk didownload di bagian
akhir laporan.
- Pernyataan umum tentang cara kami menangani konten yang diduga ilegal
Saat ini, lebih dari lima ratus jam video diupload ke YouTube dalam setiap menitnya,
menjadikan platform ini sebagai salah satu koleksi terbesar peradaban manusia yang pernah
ada di satu tempat: sebuah komunitas tempat pengguna dari seluruh dunia dapat
mengembangkan dan membagikan ide serta pendapat. YouTube perlu memastikan bahwa
penggunanya mematuhi aturan yang ada untuk melindungi dan menjaga seluruh komunitas.
Pedoman komunitas kami melarang kategori material tertentu, seperti konten seksual eksplisit,
spam, ujaran kebencian, pelecehan, dan hasutan untuk melakukan kekerasan. Jika konten
melanggar Pedoman Komunitas kami, kami akan menghapus atau membatasi akses secara
global.Kami mematuhi hukum Jerman dan hukum setempat lainnya. Saat kami menerima
keluhan untuk menghapus konten yang diduga ilegal, kami meninjau keluhan tersebut dengan
hati-hati. Jika konten tersebut melanggar hukum setempat, kami akan memblokir konten yang
kami identifikasi sebagai ilegal secara lokal. Ini adalah pendekatan yang sama yang kami ambil
terhadap permintaan hukum lainnya untuk penghapusan konten. Sebagaimana yang kami
jelaskan dalam laporan ini, memutuskan apakah suatu konten ilegal berdasarkan hukum
setempat dapat menjadi salah satu keputusan penilaian hukum yang lebih sulit yang harus
dibuat oleh peninjau YouTube.Upaya YouTube untuk membangun komunitas global yang
menarik secara online tidak dapat tercapai tanpa kerja keras tim lintas fungsi, termasuk pakar
kebijakan, pengacara, engineer, manajer produk, analis data, peninjau konten, analis operasi,
analis ancaman yang sedang muncul, dan banyak lainnya. Selain itu, masukan dari komunitas
pengguna global, LSM, pemerintah, dan partner industri—termasuk perusahaan teknologi
lainnya—memainkan peran penting dalam membentuk YouTube sebagai platform yang
berfungsi untuk pengguna dan pembuat konten di seluruh dunia.Dengan menggunakan
framework “manusia + mesin”, YouTube telah mencapai progres yang signifikan dalam
menegakkan pedoman kami. Untuk mempelajari lebih lanjut, buka Laporan Penegakan
Pedoman Komunitas YouTube kami. Kami ingin menunjukkan bahwa perubahan hukum yang
dilakukan oleh Act to Combat Right-Wing Extremism and Hate Crime sekali lagi telah
menambah ketidakpastian yang sudah ada tentang tindak pidana yang dicakup oleh NetzDG. Ini
berlaku untuk, misalnya, penyertaan tindakan melukai tubuh (§ 224 Hukum Pidana) ke dalam
tindak pidana berupa mengganggu perdamaian publik dengan mengancam akan melakukan
tindak kejahatan (§ 126 Hukum Pidana) dan berupa bentuk dorongan (§140 Hukum Pidana)
melalui referensi dinamis. Seluk beluk hukum seperti penafsiran terhadap istilah "alat
berbahaya" dalam cakupan § 224 StGB, khususnya jika alat tersebut mungkin hanya akan
digunakan saat terancam atau tertahan, dapat mempersulit pemeriksaan yang dibantu oleh
mesin.
- Item yang Dilaporkan
Data ini hanya menyertakan keluhan menyangkut konten yang diduga ilegal dalam cakupan
pasal 1 paragraf 3 NetzDG (tetapi bukan keluhan yang diterima melalui saluran pelaporan, yang
jelas tidak melewati alur penilaian berdasarkan NetzDG).Istilah keluhan dalam laporan
transparansi ini merujuk pada satu item. Jika beberapa item (misalnya beberapa video atau
komentar) tunduk pada suatu pemberitahuan hukum, kami akan menghitungnya sebagai satu
keluhan per item. Jika kami misalnya menerima pemberitahuan hukum yang berisi tiga video
berbeda, kami akan menghitungnya sebagai tiga keluhan terpisah, yang berarti satu keluhan
untuk setiap item yang dilaporkan. Oleh karena itu, kami menghitung tiap-tiap keluhan tentang
video atau komentar sebagai satu item dalam laporan ini. Jadi, diagram yang ditandai sebagai
item di bawah memberikan data tentang jumlah keluhan terkait item yang diajukan dalam
periode pelaporan selama 6 bulan.
- Metode pelaporan
Seiring berkembangnya YouTube dan teknologi yang semakin canggih, sistem yang menjalankan
platform juga telah berkembang, termasuk sistem yang melaporkan konten untuk peninjauan
manual. Sistem peninjauan konten saat ini menggunakan perkembangan teknologi baru untuk
mendeteksi konten yang mungkin melanggar kebijakan kami. Di bawah ini adalah ringkasan
mekanisme yang diterapkan Google serta berbagai cara konten dilaporkan ke YouTube, seperti
melalui pelaporan otomatis, pelaporan Pedoman Komunitas, atau keluhan hukum—khususnya,
keluhan NetzDG.Pencocokan otomatis berdasarkan mesin. Sistem penegakan YouTube dimulai
dari titik saat pengguna mengupload video. YouTube menggunakan teknologi untuk mencegah
tindakan upload ulang konten kekerasan yang diketahui pernah melanggar, termasuk melalui
penggunaan pencirian (atau "sidik jari digital"). Pencirian adalah sidik jari digital unik untuk
gambar dan video, serta membantu kami mencegah tindakan upload ulang pencocokan persis
ke video yang dihapus karena melanggar Pedoman Komunitas. Untuk beberapa konten, seperti
gambar pelecehan seksual terhadap anak-anak (CSAI) dan video perekrutan teroris, YouTube
juga menggunakan database industri pencirian bersama untuk meningkatkan volume konten
yang dapat ditangkap oleh mesin kami saat diupload.Pelaporan otomatis oleh mesin. Pada
bulan Juni 2017, kami mulai menerapkan teknologi machine learning guna melaporkan konten
ekstremis kekerasan agar ditinjau secara manual. YouTube menggunakan kumpulan video yang
sudah ditinjau dan dihapus karena mengandung ekstremisme kekerasan untuk melatih
teknologi machine learning agar dapat melaporkan konten baru yang mungkin juga melanggar
Pedoman Komunitas. Menggunakan teknologi machine learning yang dilatih oleh keputusan
manusia berarti sistem penegakan mampu beradaptasi dan menjadi lebih cerdas dari waktu ke
waktu. Karena melihat hasil positif ini, kami mulai melatih teknologi machine learning di seluruh
bidang konten yang menantang lainnya, termasuk keselamatan anak dan ujaran kebencian.
Namun, kami menyadari bahwa sistem ini paling efektif ketika ada target yang jelas yang
melanggar dalam konteks apa pun. Otomatisasi mesin tidak dapat menggantikan penilaian dan
nuansa manusia. Untuk mempelajari lebih lanjut, buka laporan penegakan Pedoman Komunitas
YouTube kami.Pelaporan oleh manusia. Kami memiliki sistem pelaporan yang memungkinkan
pengguna yang login memberi tahu kami tentang adanya konten yang berpotensi melanggar
Pedoman Komunitas. Sistem pelaporan ini dapat diakses di bawah setiap video di samping
setiap komentar. Pengguna dapat memilih dari berbagai kategori konten untuk menentukan
alasan mereka melaporkan konten tersebut. Kecuali jika kotak NetzDG dicentang, laporan ini
hanya dinilai berdasarkan Pedoman Komunitas kami. Sistem pelaporan sukarela yang memiliki
peraturan mandiri ini berada di luar kewajiban hukum mana pun. Kami juga telah
mengembangkan program yang disebut dengan "Pelapor Tepercaya" untuk membantu
mendorong pengiriman laporan kualitas tinggi yang serentak terkait konten yang berpotensi
melanggar Pedoman Komunitas kami. Laporan dari Pelapor Tepercaya dinilai hanya
berdasarkan Pedoman Komunitas kami. Pelapor Tepercaya adalah LSM, lembaga pemerintah,
dan individu yang biasanya memiliki keahlian domain dan tingkat akurasi tinggi yang
menjadikan pelaporan mereka sebagai masukan berharga untuk keseluruhan sistem. Informasi
mendetail tentang Program Pelapor Tepercaya tersedia di laporan penegakan Pedoman
Komunitas YouTube.Keluhan hukum. Seperti yang dijelaskan di atas, kami telah membuat fitur
pelaporan tambahan bagi individu untuk melaporkan konten yang diduga melanggar undang-
undang NetzDG: sebuah formulir web yang langsung tersedia bagi semua pengguna melalui link
keluhan NetzDG di menu utama YouTube atau melalui lini cetak YouTube atau—untuk
pengguna yang login—dengan mengklik kotak centang NetzDG yang tergabung dalam alur
pelaporan Jerman, seperti yang dijelaskan di atas. Saluran pelaporan ini memungkinkan
pengguna mengidentifikasi item yang tidak pantas dan memberikan alasan untuk keluhan
hukum. Informasi ini kami perlukan untuk melakukan peninjauan yang benar sehingga kami
dapat mengambil tindakan yang tepat. Jika ada alasan yang tidak jelas atau pembenaran yang
tidak memadai untuk penghapusan hukum setempat, kami dapat meminta pengirim untuk
memberikan informasi tambahan.Memberikan alur pelaporan yang intuitif dan mudah diakses
yang berdekatan dengan konten akan menyebabkan jumlah klik dan keluhan yang tinggi.
Namun, pelaporan pengguna tidak selalu dapat diandalkan. Banyak dari keluhan tersebut di
luar topik atau tidak didukung dengan bukti yang kuat dan tidak dapat ditindaklanjuti.
Pengguna lain mengirimkan keluhan tanpa memberikan informasi apa pun tentang alasan
mereka menganggap konten tersebut ilegal. Hal ini akan bermasalah terutama ketika
kontennya tidak jelas-jelas ilegal.Selain mekanisme pengajuan keluhan NetzDG, kami
memberikan formulir web hukum pada pengguna YouTube (misalnya, untuk keluhan hak
publisitas, keluhan hak cipta, keluhan merek dagang, dll.) bertahun-tahun sebelum adanya
NetzDG. Jadi, proses penghapusan hukum tidak diperkenalkan melalui NetzDG; NetzDG hanya
menghubungkan mekanisme pelaporan kami yang sudah ada—melaporkan dugaan
pelanggaran Pedoman Komunitas dan keluhan hukum untuk konten yang diduga ilegal—agar
menjadi semakin dekat.
- Proses untuk evaluasi
Pelaporan Pedoman Komunitas. Pedoman Komunitas YouTube yang berlaku secara global
merupakan aturan tingkat tinggi yang jelas dan tersedia di sini. Pedoman ini telah berkembang
dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan YouTube dan perubahan perilaku pengguna.
Pengguna menyetujui untuk mematuhi pedoman ini sebelum membuka channel YouTube.Kami
meninjau item yang telah dilaporkan (seperti yang diuraikan di atas) terhadap semua Pedoman
Komunitas kami, namun pedoman yang paling relevan untuk NetzDG melarang konten seksual
atau ketelanjangan; konten merugikan atau berbahaya; konten bernada kebencian; konten
kekerasan atau grafis; pelecehan atau cyberbullying; ancaman; dan membahayakan
anak.YouTube juga mempertahankan serangkaian pedoman penegakan mendetail dan aktif
yang memberikan pedoman internal tentang penegakan Pedoman Komunitas publik. Pedoman
penerapan ini sangat luas dan dinamis guna memastikan bahwa kebijakan ditegakkan untuk
mengubah tren dan pola baru pada konten kontroversial secara online. Misalnya, Pedoman
Komunitas melarang konten yang mendorong terorisme. Jika kelompok teroris membuat
cabang baru, pedoman penegakan internal dapat diperbarui dengan informasi tentang
kelompok tertentu tersebut sehingga peninjau memiliki pedoman yang dibutuhkan untuk
menghapus konten yang mendorong kelompok tersebut. YouTube tidak selalu mengungkapkan
jenis pembaruan ini kepada publik karena hal itu akan mempermudah pengguna yang tidak
bermoral untuk agar tidak terdeteksi.Tim peninjau dapat mengetahui konteks di sekitarnya
selama meninjau konten yang dilaporkan termasuk deskripsi video, konten lain yang diupload
ke channel, dan metadata (judul, tag, atau teks). Petunjuk kontekstual ini penting dalam
mengevaluasi maksud tindakan upload. Selain itu, fitur peninjauan kami menangkap stempel
waktu saat video dilaporkan dan formulir web kami meminta pengirim untuk menyertakan
stempel waktu. Tindakan ini memungkinkan peninjau kami untuk fokus pada momen yang
berpotensi bermasalah dalam video tertentu.Kami telah membuat pengecualian dalam
Pedoman Komunitas untuk materi yang bersifat Pendidikan, Dokumenter, Ilmiah, dan/atau
Artistik (EDSA). Video dan komentar yang termasuk dalam pengecualian tersebut sangat
penting untuk memahami dunia dan mencatat sejarah, baik mendokumentasikan perang dan
revolusi, atau ekspresi artistik yang mungkin menyertakan ketelanjangan. Karena itu, pedoman
penegakan YouTube sangat berhati-hati dalam membantu peninjau memahami pengecualian
EDSA saat meninjau video yang dilaporkan. Namun, meskipun dengan pedoman yang
disebutkan dengan baik, menentukan video apa yang tunduk pada pengecualian EDSA dapat
menjadi salah satu keputusan penegakan kebijakan yang lebih sulit yang harus dibuat oleh
peninjau YouTube.Umumnya, tim peninjau kami akan menghapus konten secara global jika
konten melanggar Pedoman Komunitas kami. Tim kami juga dapat mengambil salah satu dari
beberapa tindakan alternatif:
*Pembatasan usia. Beberapa video tidak melanggar kebijakan kami, namun mungkin tidak
pantas bagi semua audiens. Dalam kasus ini, tim peninjau kami dapat membuat pembatasan
usia di video tersebut saat kami diberi tahu tentang konten tersebut. Video yang dikenai
pembatasan usia tidak terlihat bagi pengguna yang logout, berusia di bawah 18 tahun, atau
mengaktifkan Mode Terbatas. Saat membuat keputusan ini, kami memberi tahu uploader
melalui email bahwa videonya telah dikenai pembatasan usia dan uploader tersebut dapat
mengajukan banding atas keputusan ini. Pelajari lebih lanjut.
*Fitur terbatas. Jika tim peninjau kami menetapkan video dibatasi menurut kebijakan kami,
beberapa fitur mungkin telah dinonaktifkan. Video ini akan tetap tersedia di YouTube, namun
akan ditandai dengan pesan peringatan dan beberapa fitur akan dinonaktifkan, termasuk
berbagi, komentar, rekomendasi video, dan suka. Video tersebut juga tidak memenuhi syarat
untuk dimonetisasi. Saat membuat keputusan ini, kami mengirimkan pemberitahuan melalui
email kepada uploader bahwa videonya hanya akan memiliki fitur terbatas dan uploader
tersebut dapat mengajukan banding atas keputusan ini. Pelajari lebih lanjut.
*Dikunci sebagai pribadi. Jika video teridentifikasi melanggar kebijakan kami terkait metadata
yang menyesatkan, video tersebut dapat dikunci sebagai pribadi. Jika video dikunci sebagai
pribadi, video tersebut tidak akan dapat dilihat oleh publik. Jika penonton memiliki link ke
video, video tersebut akan ditampilkan dengan keterangan tidak tersedia. Saat membuat
keputusan ini, kami mengirimkan pemberitahuan melalui email kepada uploader bahwa
videonya tidak lagi tersedia untuk publik dan uploader tersebut dapat mengajukan banding atas
keputusan ini. Pelajari lebih lanjut.
*Dalam kasus penyalahgunaan berulang atau pelanggaran yang lebih berat, kami dapat
menghukum pengguna dengan menonaktifkan fitur tertentu atau dengan menghentikan akun
miliknya. Umumnya, pelanggaran pertama terhadap Pedoman Komunitas kami akan
mengakibatkan pemberian peringatan. Kemudian kami memiliki aturan tiga teguran umum,
yaitu jika melanggar kebijakan tiga kali akan menyebabkan penghentian akun, namun kami juga
dapat menghentikan akun pada pelanggaran pertama jika kategori pelanggarannya berat,
seperti teror.
*Keluhan hukum. Saat kami menerima permintaan hukum, tim peninjau kami akan melakukan
peninjauan hukum berdasarkan informasi yang ada di permintaan, termasuk keberatan yang
diajukan oleh pengirim. Selain itu, tim peninjau juga akan melihat konteks di sekitar konten
yang dilaporkan (misalnya, metadata, judul, dll.). Jika ada informasi penting yang tidak ada
dalam keluhan—misalnya, identitas pengguna dalam keluhan fitnah—tim akan menghubungi
pengirim guna meminta informasi lebih lanjut yang diperlukan untuk penilaian hukum. Jika
kami mengidentifikasi konten sebagai ilegal, kami akan memblokir konten secara lokal.
*Keluhan NetzDG. Mengingat proses peninjauan kami, saat kami menerima permintaan
NetzDG, tim khusus peninjauan NetzDG kami (lihat bagian Tim Peninjau), yang melihat konteks
di sekitar konten yang dilaporkan akan menilai konten tersebut berdasarkan Pedoman
Komunitas dan menghapusnya secara global jika konten melanggar. Jika konten tidak
melanggar Pedoman ini, namun melanggar satu atau beberapa hukum pidana yang disebutkan
NetzDG (§ 1 III NetzDG), kami akan memblokir konten tersebut secara lokal.Penilaian keluhan
sering kali tidak mudah. Beberapa tindak pidana sulit untuk dijabarkan, bahkan oleh pengacara
—misalnya, pemalsuan data yang dimaksudkan untuk memberikan bukti (§ 269 StGB). Contoh
lainnya, semua kategori fitnah dan penghinaan termasuk dalam bidang yang mana hukum
kasus yang luas telah ditetapkan selama beberapa dekade terakhir, terutama sejak Konstitusi
Jerman mulai ditegakkan. Oleh karena itu, jika menyangkut fitnah dan penghinaan, sangat
jarang ada kasus yang secara jelas ilegal. Pengadilan terkadang mempertimbangkan legalitas
bagian konten selama bertahun-tahun dan masih sampai pada kesimpulan yang berbeda.
Misalnya, Federal Constitutional Court telah membalikkan penilaian Federal Supreme Court,
yang menunjukkan berkali-kali bahwa uji kesimbangan yang rumit perlu dilakukan dan bahwa
legalitas selalu tidak langsung, bergantung pada situasi kasus masing-masing. Tidak seperti
dalam proses pengadilan, jaringan sosial tidak selalu memiliki semua informasi yang diperlukan.
Selain itu, tidak ada proses hukum utama yang mewajibkan aturan pembuktian. Dalam kasus
ini, penerimaan konten—jika diukur dengan unsur pidana tertentu—sangat sulit untuk dinilai
dan biasanya harus diputuskan oleh pengadilan yang berwenang.Pertimbangan ini juga
didukung oleh praktik yang sebenarnya: Banyak keluhan NetzDG di bidang fitnah dan
penghinaan tidak dikirimkan oleh orang yang terkena tindakan tersebut, namun dari pihak
ketiga yang menganggap bahwa orang yang terkena tindakan tersebut mungkin merasa
difitnah. Baik memang benar ataupun apakah orang yang terkena tindakan tersebut benar-
benar mengajukan keluhan pidana kepada otoritas penegak hukum masing-masing—karena
pihak penuntut terhadap pelanggaran ini memerlukan keluhan pihak pertama (“Antragsdelikt”)
—tidak diketahui oleh jaringan sosial karena kami tidak dalam posisi untuk memverifikasi
identitas pengirim.Permintaan NetzDG ditinjau oleh tim NetzDG kami dalam dua shift, tujuh
hari dalam satu minggu, dan 365 hari dalam satu tahun untuk memungkinkan penghapusan
global atau pemblokiran lokal konten sebagaimana yang berlaku dalam batasan waktu NetzDG.
Jika permintaan jelas tidak berdasar, pemohon akan langsung diberi tahu sesuai dengan
persyaratan hukum (lihat bagian "Langkah-langkah untuk memberi tahu pengirim dan uploader
berdasarkan NetzDG"). Jika konten tidak secara jelas melanggar Pedoman Komunitas YouTube
atau undang-undang pidana yang relevan, jika konten bersifat kompleks atau tidak secara jelas
berhubungan dengan Jerman, peninjau konten NetzDG yang bertanggung jawab meneruskan
permintaan ke tingkat selanjutnya untuk meminta peninjauan sehingga tindakan yang sesuai
kemudian diambil oleh peninjau konten senior. Permintaan yang kompleks diteruskan ke tim
hukum Google, jika ada keraguan, kasus yang sulit dan sensitif akan diteruskan ke anggota
departemen hukum Google Germany GmbH. Kemudian, Google Germany GmbH memiliki opsi
untuk meneruskan kasus yang sangat sulit ke firma hukum eksternal yang khusus menangani
hukum pidana. Proses ini biasanya memerlukan waktu hingga tujuh hari.
Untuk memastikan bahwa tim NetzDG beroperasi sebagaimana mestinya dan menerapkan
Pedoman Komunitas YouTube serta tindak pidana menurut NetzDG dengan benar dan
konsisten, kami telah mengimplementasikan proses penilaian kualitas yang ketat. Selama
periode pelaporan, kami mengambil sampel rata-rata sekitar 30% dari konten yang ditinjau dari
minggu sebelumnya. Volume penilaian kualitas dapat berubah dari minggu ke minggu,
tergantung pada volume keluhan yang masuk. Selama proses ini, tim peninjau kualitas
mengevaluasi keputusan yang diambil setiap peninjau konten, memberikan masukan untuk
setiap individu, dan melakukan analisis keseluruhan terhadap hasil peninjauan kualitas. Sampel
kualitas yang dipilih adalah dasar untuk ringkasan data kualitas mingguan. Peninjau kualitas
merupakan tim yang terpisah dalam tim NetzDG dan terdiri dari anggota tim senior yang
sebelumnya bekerja di peninjauan konten dan memiliki banyak pengalaman dengan undang-
undang pidana yang disebutkan dalam NetzDG dan Pedoman Komunitas YouTube. Selama
pertemuan mingguan antara tim hukum YouTube dan tim NetzDG, kami tidak hanya
mendiskusikan hasil penilaian kualitas terbaru, namun juga mengkalibrasi kasus khususnya yang
menarik, sulit, dan kompleks. Selain itu, tren yang menonjol, "topik terhangat" saat ini, dan
perkembangan hukum kasus apa pun juga diangkat dan didiskusikan secara menyeluruh untuk
memastikan pendekatan yang konsisten di seluruh tim NetzDG. Bila perlu, kami menyaring
kebijakan penghapusan agar beradaptasi dengan, misalnya, pembaruan terhadap Pedoman
Komunitas YouTube dan perkembangan hukum kasus. Dalam kasus semacam itu, panduan baru
dan, bila perlu, materi pelatihan akan diberikan kepada semua anggota tim NetzDG.
BAB II
KLASIFIKASI

2.1 JENIS
2.1. 1. YouTube
Sebelum kita melangkah ke aplikasi YouTube lainnya, yang pertama akan kami bahas adalah
aplikasi mendasar dari YouTube itu sendiri. Aplikasi mendasar ini menyuguhkan pengalaman
menggunakan YouTube yang standar.Aplikasi ini bisa mengelola subscribe channel, menonton
video, komentar, membuat playlist, menonton beberapa film (jika kamu membelinya),
menonton live stream, dan berinteraksi dengan konten YouTube Originals. Ya, kami yakin kamu
sudah tahu apa kegunaan aplikasi ini.
2.1.2. YouTube Kids
Kegunaan YouTube Kids, sesuai namanya, adalah aplikasi YouTube yang ditujukan untuk anak-
anak. Aplikasi ini dirilis pertama kali pada tanggal 23 Februari 2015 untuk Android dan iOS.
Aplikasi ini layanan yang berorientasi pada anak-anak, dengan pilihan konten yang dikurasi,
fitur kontrol orang tua, dan pemfilteran video yang tidak dianggap sesuai dengan target
audiens, yang dalam hal ini anak-anak.YouTube Kids menghadirkan fitur berupa profile untuk
beberapa anak, channel blocking, pelaporan video yang lebih cepat dari YouTube biasanya, dan
kontrol orang tua. Kebanyakan video yang ada di YouTube Kids bersifat edukasi. Jadi, jika kamu
memiliki anak kecil, YouTube Kids cocok dijadikan platform pembelajaran.
2.1.3 YouTube Music
Aplikasi yang satu ini memang didedikasikan untuk streaming musik. Aplikasi ini merupakan
aplikasi spin-off YouTube yang hanya menampilkan video musik dan hal-hal berkaitan dengan
musik. Dengan YouTube Music kami bisa browser video musik berdasarkan genre, playlist, dan
rekomendasi.Aplikasi ini juga menawarkan fitur premium, yang ardinya bisa bebas iklan,
memutar audio saja tanpa harus membuka aplikasi ini (background), dan dowload lagi lalu bisa
dimainkan secara offline. Keuntungan dari berlangganan YouTube Music ini juga ditawarkan
kepada pelanggan Google Play Music dan YouTube Premium.Sayang, tidak semua negara bisa
mengakses aplikasi ini. Aplikasi ini hanya tersedia di Austria, Belgia, Brasil, Kanada, Finlandia,
Perancis, Jerman, Irlandia, Italia, dan lainnya. Aplikasi YouTube Music pertama kali dirilis di
tahun 2015 dan masih berjalan sampai saat ini.
2.1.4. YouTube Creator Studio
Aplikasi YouTube Creator Studio dirancang khusus untuk membantu kreator YouTube
mengelola channel mereka. Aplikasi ini Ini memungkinkan kamu untuk mengelola akun
YouTube pribadi Anda dengan penekanan pada pengunggahan dan penerbitan konten
video.Kamu dapat memeriksa berbagai statistik Anda, termasuk jumlah penayangan, nomor
pelanggan, dan analitik lainnya. Selain itu, kamu dapat memfilter dan menanggapi konten,
mendapatkan pemberitahuan tentang hal-hal, memperbarui detail video, menambahkan
thumbnail, mengelola daftar putar di channel-mu, dan banyak lagi.Sayang, aplikasi ini tidak
memiliki tampilan antarmuka yang user friendly. Tapi, aplikasi ini sangat membantu kamu
dalam menanggapi komentar, membuat perubahan kecil dengan cepat, dan mengunggah video
selama kamu sudah memiliki thumbnail di smartphone-mu.
2.1.5 YouTube TV
YouTube TV adalah aplikasi YouTube yang tak kalah menarik. Ini adalah aplikasi TV live YouTube
dan tidak memiliki banyak video YouTube yang sebenarnya. Dengan YouTube TV kamu harus
membayar biaya langganan USD 40 atau sekitar Rp 60 ribuan per bulan dan bisa mendapatkan
berbagai macam channel dan saluran TV kabel live.Aplikasi ini juga menyertakan konten
eksklusif YouTube Originals. Namun, memiliki YouTube TV tidak memberikan akses YouTube
Premium, seperti yang dilakukan oleh Hulu TV.
2.2 CONTOH KASUS
2.2.1. Heboh Kasus Plagiasi Konten Youtube Calon Sarjana

Akun Calon Sarjana diduga plagiat konten (Youtube).Jagat Youtube Indonesia dihebohkan
dengan kasus dugaan plagiasi yang dilakukan akun Calon Sarjana. Mereka pun meminta
maaf.Calon Sarjana adalah channel video Youtube yang isinya video unik, lucu, aneh, keren dan
kadang misterius. Akun ini punya 12,4 juta subscriber. Namun sayang, prestasi moncernya
sebagai Top 10 akun youtuber Indonesia tercoreng dugaan plagiasi. Tweetnya soal plagiasi
konten Youtube ini langsung ramai dibahas netizen berbagai negara termasuk tentu saja dari
Indonesia. Akun Calon Sarjana pada 7 November 2019 langsung menghubungi JTonYouTube
dan meminta maaf. Tapi sepertinya dia kadung kecewa, ada 100 lebih video yang dicuri dari
berbagai kreator konten Youtube.Calon Sarjana pun membuat permintaan maaf resmi di akun
Twitter Ferdian Paleka Tersangka UU ITE Diancam 4 Sampai 12 Tahun Bui
2.2.2 Youtuber Ferdian Paleka dan kawan-kawan dijerat UU ITE dalam kasus prank sembako
berisi sampah melalui akun youtube-nya.

Youtuber Ferdian Paleka ditetapkan sebagai tersangka kasus muatan penghinaan dalam video
prank bagi sembako berisi sampah kepada sejumlah transpuan, Jumat Ia dijerat dengan pasal
45 Ayat 3 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kepala Bidang Humas Polda
Jawa Barat Komisaris Besar Saptono Erlangga mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari
laporan polisi atas nama Ferdi Hermawan dengan waktu kejadian pada 1 Mei 2020 pukul 02.00
WIB.Ketika itu, kata Saptono, tiga pelaku melakukan tindakan dengan membagikan sembako
berisi sampah dan batu kepada sejumlah transpuan yang kemudian melaporkan tindakan
tersebut karena dianggap telah melakukan penghinaan."Tempat Kejadian Perkara (TKP) di
Ibrahim Adjie, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung. Kemudian, setelah video pembagian
sembako berisi sampah dan batu dibuat, konten dimuat di dalam channel Youtube," ujar
Saptono di Mapolrestabes Bandung.Menurutnya, para tersangka telah dilakukan pemeriksaan
dan penyelidikan telah memenuhi syarat untuk dikenakan dalam Pasal 45 UU ITE.Saptono
menjelaskan, pasal tersebut mengatur agar setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak
mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi
Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau
pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana
penjara paling lama empat tahun dan/atau denda paling banyak Rp750 juta.Selain Pasal 45,
kata Saptono, para tersangka juga dijerat dengan dua pasal tambahan yaitu Pasal 36 dan Pasal
51 ayat 2 UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.Pasal 36 UU ITE berbunyi, setiap orang dengan
sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.
Sedangkan, Pasal 51 ayat 2 UU ITE menyebutkan setiap orang yang memenuhi unsur
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 tahun
dan atau denda paling banyak Rp12 miliar.Selain Ferdian, penyidik juga menetapkan dua
tersangka lainnya. Yaitu Tubagus Fahddinar dan M. Aidil.
BAB III
PENYEBAB

Kejahatan yang terjadi pada kasusu di atas terus bertambah dan membuat resah.Terdapat
beberapa hal yang menyebab kan makin marak nya kejahatan di media social seperti berikut:
1.Banyak nya sensasi yang dibuat agar terkenal
2.Kelalaian dalam membuat content yang dapat merugikan orang banyak
3.Menghalalkan segala cara agar dapat dikenal oleh jutaan orang
BAB IV
PENCEGAHAN

4.1 PENCEGAHAN
Beberapa langkah penting yang harus dilakukan dalam pencegahan kasus video YouTube:
a. Melakukan modernisasi hukum pidana nasional beserta hukum acaranya, yang
diselaraskan dengan konvensi internasional yang terkait dengan kejahatan tersebut.
b. Meningkatkan sistem pengamanan
c. Meningkatkan pemahaman serta keahlian aparatur penegak hukum mengenai upaya
pencegahan, investigasi dan penuntutan perkara yang berhubungan dengan YouTube
d. Meningkatkan kesadaran warga negara mengenai masalah YouTube serta pentingnya
mencegah kejahatan tersebut terjadi.
e. Meningkatkan kerjasama antar negara, baik bilateral, regional maupun multilateral,
dalam upaya penanganan Youtube antara lain melalui perjanjian ekstradisi dan mutual.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan
Perkembangan teknologi tidak dapat dipungkiri dimana tengah membawa banyak perubahan
dan berkembangan diberbagai bidang. Tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan
teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya perkembangan teknologi maka segala
jenis pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih menghemat waktu serta juga
tenaga. Akan tetapi agar teknologi tersebut dapat digunakan secara optimal dan sebaik
mungkin maka akankah lebih baiknya Anda mengetahui cara penggunaan teknologi yang tepat.
Akhir-akhir ini sering terdengar berita berbagai kasus kejahatan yang timbul akibat dampak
penyalahgunaan teknologi. Cara menggunakan teknologi yang salah inilah yang justru membuat
masyarakat menjadi resah terlebih lagi bagi mereka yang memiliki anak kecil. Oleh karena itu,
kini mulai banyak pula sosialisasi cara mengenai penggunaan teknologi masa kini yang tepat
dan benar. Berikut ini dijelaskan cara menggunakan teknologi yang tepat :
1. Gunakanlah untuk hal positif
Cara menggunakan teknologi masa kini yang pertama adalah gunakanlah teknologi untuk hal-
hal positif baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun komunikasi. Hendaknya kurangi
penggunaan teknologi untuk hal-hal yang berbau negatif seperti untuk mencela orang lain
lewat sosial media atau untuk kejahatan. Jika Anda menyadari cara menggunakan teknologi
untuk hal positif maka sudah bisa dipastikan akan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan serta
beragam kemudahan yang ditawarkan.
2. Gunakan pada waktu dan tempat yang tepat

Dengan semakin canggihnya teknologi yang sekarang ini sedang berkembang, maka bukan
berarti Anda bisa menyelesaikan semua pekerjaan Anda semuanya dengan memanfaatkan
kecanggihan teknologi. Pada saat sedang bekerja, gunakanlah teknologi sesuai dengan
kebutuhan pekerjaan Anda. Hindari penggunaan teknologi untuk hal-hal yang tidak berkaitan
karena akan membuat pekerjaan Anda menjadi terbengkalai. Adanya teknologi, bukan berarti
Anda menutup diri dengan orang-orang di sekitar Anda juga, justru berupayalah untuk bisa
menempatkan diri agar teknologi tidak membuat Anda jauh dari lingkungan sekitar yang nyata.
5.2 Saran
Sebaiknya dalam menggunakan teknologi kita lebih berhati-hati untuk memberi data dan
memasukkan data, baik itu keperluan pribadi, pendidikan, dan lain sebagainya. Menggunakan
teknolgi
DAFTAR PUSTAKA

Sendari,Anugerah Ayu.2019.”cara upload video ke youtube dan tips mengelolahnya agar


menghasilkan uang, https://m.liputan6.com/tekno/read/3905130/cara-upload-video-ke-
youtube-dan-tips-mengelolanya-agar-menghasilkan-uang,diakses pada 31 Agustus 2021 pukul
22:24 wib

Heriani, Fitri Novia.2019."Awas! upload video ke YouTube bisa melanggar hak cipta",
https://m.hukumonline.com/berita/baca/lt5dc95a5d9831e/awas-upload-video-ke-youtube-
bisa-melanggar-hak-cipta?page=all,diakses pada 01 september 2021 pukul 12.35 wib

Minlab2.2020."10+ Cara Menambah Viewer YouTube [Terampuh &


Terbaru]"https://bitlabs.id/blog/cara-menambah-viewer-youtube/, diakses pada 3 September
2021 pukul 13.00 wib

Putri,Loretta Novelis.2018."YouTube tidak dapat diakses? berikut penyebab dan cara


mengatasinya"https://nationalgeographic.grid.id/amp/13957785/youtube-tidak-dapat-diakses-
berikut-penyebab-dan-cara-mengatasinya,di akses pada 4 September 2021 pukul 19.30 wib

You might also like