OHM METER ANALOG

OLEH:

NAMA : PAULINA LELLY NIM : 0605134703

TUGAS : ALAT UKUR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDKAN UNIVERSITAS RIAU PEKANBARU 2011

kenop putar harus pada posisi pengetesan Ohm meter atau daerah simbol Ω.OHM METER ANALOG Hampir semua AVO meter analog (Ampere. Gambar ohm meter Alat ukur untuk mengetahui besarnya resistansi tahanan (resistor) adalah AVO meter (Ampere. Ada dua tipe multimeter yang dapat digunakan untuk mengukur besaran-besaran lisrtrik dan elektronik yaitu multimeter analog dan multimeter digital. disamping itu pemilihan selector dan skala pun harus tepat karena dapat mengakibatkan rusaknya alat ukur tersebut. Volt. seperti yang terlihat pada gambar dibawah) bisa kita gunakan untuk menentukan kaki dan jenis (PNP atau NPN) transistor. Namun yang perlu diperhatikan pada alat ukur jarum ini. . Usahakan jarum positif dan jarum negatif pada multimeter analog jangan sampai terbalik saat pengukuran tegangan DC (Direct Current). Ohm meter) atau biasa disebut dengan multimeter. hasil pengukuran dapat dilihat melalui pergerakan jarum meter di atas skala yang sesuai dengan selector yang dipilih. Jika pengukuran dilakukan dengan multimeter analog. Volt. dan Ohm meter.

meskipun lebih mahal tetapi relatif lebih aman saat probe terbalik atau saat selector berada pada nilai terendah. Rn . Sebelum pegukuran.. Untuk pengukuran resistansi. Apabila resistor tersebut sudah dikombinasikan dengan resistor lain dalam sebuah rangakaian seri. Perhitungan Resistor Untuk mmengetahui resistansi sebuah resistor tentu sangat mudah. Rangkaian Resistor Seri R Total = R1 + R2 + . Hasil pengukuran pun lebih mudah terlihat karena tampil pada display 7 segment seperti halnya calculator.Multimeter digital. paralel. pastikan selector berada pada posisi Ohm Meter. cukup dengan melihat kode warna atau notasi yang tertulis pada fisik resistor.. atau seri paralel. paralel. atau seri-paralel harus menggunakan beberapa rumus sebagai dasar perhitungan. jarum positif dan negatif multimeter dapat dipasang bolak-balik. Pengukuran Resistor Cara mengukur resistansi sebuah resistor atau gabungan resistor adalah dengan menempelkan probe positif dan negatif multimeter di setiap ujung sebuah resistor atau gabungan resistor yang tersusun seri.

Rangkaian Resistor Seri .Gambar rangkaian resistor seri Gambar rangkaian resistor parallel Contoh Perhitungan Resistor 1.

Pemecahan Gunakan rumus Resistor seri R Total = R1 + R2 + R3 R Total = 15 + 5 + 30 R Total = 50 Ohm 2. Rangkaian Resistor Paralel Pemecahan Gunakan rumus Resistor paralel 1/R Total = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 1/R Total = 1/15 + 1/15 + 1/30 1/R Total = 2/30 + 2/30 + 1/30 1/R Total = 5/30 R Total = 30/5 R Total = 6 Ohm .

+ = Seri . // = Paralel 2.3. Rangkaian Resistor Seri Paralel Pemecahan Gunakan rumus Resistor seri dan Resistor paralel (gabugan) R Total = R1 + (R2 // R3) 1/RA = 1/R2 + 1/R3 1/RA = 1/30 + 1/30 1/RA = 2/30 RA = 30/2 RA = 15 Ohm R Total = R1 + RA R Total = 15 + 15 R Total = 30 Ohm Keterangan 1.

RA = R Total dari R2 dan R3 4. Rangkaian Resistor Seri Paralel Pemecahan Gunakan rumus Resistor seri dan Resistor paralel (gabugan) R Total = R1 // (R2 // R3) // R4 RA = R2 + R3 RA = 20 + 40 RA = 60 Ohm 1/R Total = 1/R1 + 1/RA + 1/R4 1/R Total = 1/60 + 1/60 + 1/60 1/R Total = 3/60 R Total = 60/3 R Total = 20 Ohm .3.

maka kita akan mengukur tegangan di bawah 250 volt. RA = R Total dari R2 dan R3 Cara Membaca Skala Gambar Skala Multimeter Sebagai contoh kita lihat skala yang ditunjukkan multimeter diatas.Keterangan 1. saklar pemilih diletakkan pada batas ukur 250. pada jarum penunjuk diatas maka tegangannya adalah 115 volt. // = Paralel 2. Seandainya. maka skala yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk diatas adalah 22 volt. + = Seri 3. saklar pemilih diletakkan pada batas ukur 50 volt. Seandainya. .

dengan cara : . Sebagai contoh. Sekarang bagaimana seandainya saklar pemilih berada pada batas ukur yang nilainya tidak tertera pada skala? Untuk menghitungnya digunakan pembacaan skala yang merupakan kelipatan batas ukurnya. Kita simpulkan dari contoh-contoh diatas. jadi kita tidak harus menghitung-hitung lagi tinggal baca saja kira-kira jarum penunjuk itu mengarah ke angka berapa di skalanya. Sehingga kita dapat menghitung tegangan yang dihasilkannya sebesar 400 volt. maka skala yang ditunjukkan adalah 4. jika saklar pemilih berada pada batas ukur yang harganya tertera pada skala. maka besarnya harga penunjukkan jarum penunjuk sesuai dengan posisi jarum itu sendiri. maka digunakan skala 50.2 volt. saklar pemilih diletakkan pada batas ukur 10 volt. yang diperoleh dari : Misalkan saklar pemilih diletakkan pada batas ukur 500. 100. maka digunakan skala 10.Seandainya. 20. Misalkan saklar pemilih diletakkan pada batas ukur 1000. kita anggap saja pada gambar skala diatas tadi jarum penunjukknya menunjuk ke angka 4. Sehingga didapat arus sebesar 200mA.

Batas ukur 500 tidak tertera pada skala digunakan skala 50. pada contoh diatas karena batas ukur 1000 tidak tertera pada skala maka digunakan skala 10. . . yang diperoleh dari : Begitu seterusnya.Jika saklar pemilih diletakkan pada batas ukur 25mA. begitu seterusnya. Sehingga didapat arus sebesar 10mA. maka digunakan skala 250.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful