Kujang (Senjata Tradisional Orang Sunda

)

Pendahuluan Jawa adalah salah satu dari 5 pulau besar yang ada di Indonesia. Sebenarnya pulau ini tidak hanya merupakan ³daerah asal´ orang Jawa semata karena di sana ada orang Sunda yang berdiam di bagian barat Pulau Jawa (Jawa Barat). Mereka (orang Sunda) mengenal atau memiliki senjata khas yang disebut sebagai kujang. Konon, bentuk dan nama senjata ini diambil dari rasa kagum orang Sunda terhadap binatang kud hang atau kidang atau kijang yang gesit, lincah, bertanduk panjang dan bercabang, sehingga membuat binatang lain takut. Apabila dilihat dari bentuk dan ragamnya, kujang dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu: (1) kujang ciung (kujang yang bentuknya menyerupai burung ciung); (2) kujang jago (kujang yang bentuknya menyerupai ayam jago); (3) kujang kuntul (kujang yang bentuknya menyerupai burung kuntul); (4) kujang bangkong (kujang yang bentuknya menyerupai bangkong (kodok)); (5) kujang naga (kujang yang bentuknya menyerupai ular naga); (6) kujang badak (kujang yang bentuknya menyerupai badak); dan (6) kudi (pakarang dengan bentuk yang menyerupai kujang namun agak ³kurus´). Sedangkan, apabila dilihat dari fungsinya kujang dapat pula dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: (1) kujang sebagai pusaka (lambang keagungan seorang raja atau pejabat kerajaan); (2) kujang sebagai pakarang (kujang yang berfungsi sebagai senjata untuk berperang); (3) kujang sebagai pangarak (alat upacara); dan (4) kujang pamangkas (kujang yang berfungsi sebagai alat dalam pertanian untuk memangkas, nyacar, dan menebang tanaman).

Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berliku-liku, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu guratan-guratan logam cerah pada helai bilah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Senjata tikam lain asli Nusantara adalah kerambit.

Selain itu karena orang bugis gemar merantau maka penyematan badik dipinggangnya membuat dia merasa terlindungi. . Bugis dan Mandar yang berada dikepulauan Sulawesi. Badik ini merupakan senjata khas tradisonal Makassar. tapi jangan salah lho kalau badik ini sudah keluar dari sarungnya pantang untuk dimasukkan sebelum meminum darah. Di tengahnya terdapat 5 diamond (seperti bentuk belah ketupat pada permainan kartu). yang secara keseluruhan dilapisi pigmen. Maka biasanya senjata adat yang bernama Badik ini dahulu sering dipakai oleh kalangan petani untuk melindungi dirinya dari binatang melata dan atau membunuh hewan hutan yang mengganggu tanamannya. Ukurannya yang pendek dan mudah dibawa kemana mana. perisai ini digunakan pada abad ke 19. Pada bagian atas terukir pula wajah laki-laki. Perisai ini berukir motif bentuk 3 pasang huruf S yang berhadapan dan seakan terdapat cermin di tengahnya.Perisai ini ditemukan di sekitar wilayah Sungai Fayit. Menurut para ahli.

di samping benda antik yang sangat berharga. Kita bersyukur bahwa baru-baru ini keris diakui sebagai World Heritage dan memperoleh penghargaan Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Huminity dari UNESCO. . Selain untuk berburu senjata adat ini juga pernah dipakai untuk berperang. Senjata adat ini hampir semua masyarakat suku di Indonesia memiliki alat ini. Tombak Tombak berasal dari jambi.Keris Bali. sebagai senjata tradisional Bali merupakan perlambang estetika tinggi. karena senjata ini lebih memudahkan perburuan. yang memiliki arti seremonial dan teknologi metalurgi unggul. Keris adalah karya agung warisan kebudayaan Indonesia yang sangat dihargai dan mampu memukau masyarakat dunia. yang merupakan bukti pengakuan dunia akan keris sebagai karya agung warisan Indonesia. tinggal dilempar saja dan ujungnya yang dipasang semacam belati akan memberikan beban dan tombak pasti bergerak lurus.

bukanlah keris seperti yang dianggap. Senjata Tradisional Orang Dayak di Kalimantan Bilah Mandau Bilah mandau terbuat dari lempengan besi yang ditempa hingga berbentuk pipih-panjang seperti parang dan berujung runcing (menyerupai paruh yang bagian atasnya berlekuk datar). dan kujang di Sunda. atau tembaga. cakram kendaraan. . ³Pedang selangkeh sesungguhnya senjata tradisional asli masyarakat Kerinci pada masa lalu. Mandau.Pedang Selangkeh . Mandau jenis ini hanya dibuat oleh orang-orang tertentu. besi matikei. bilah gergaji mesin. badik di Bugis. Konon. Senjata Tradisi Kerinci JAMBI ² Pedang selangkeh yang merupakan senjata tradisional asli Kerinci perlu dipopulerkan kembali kepada publik sehingga menjadi khazanah kebudayaan masyarakat setempat. dan besi baja yang diambil dari per mobil. seperti halnya mandau di Kalimantan. Salah satu sisi mata bilahnya diasah tajam. rencong di Aceh.. sedangkan sisi lainnya dibiarkan sedikit tebal dan tumpul. yaitu: besi montallat. Ada beberapa jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat mandau. perak. mandau yang paling baik mutunya adalah yang dibuat dari batu gunung yang dilebur khusus sehingga besinya sangat kuat dan tajam serta hiasannya diberi sentuhan emas. dan lain sebagainya..

Belati rencong dan sarungnya. Keseluruhan bidang depan talawang biasanya diukir bentuk topeng (hudo). dan pilin ganda. Bentuknya segi enam memanjang dengan ukuran panjang kurang lebih 1 meter dan lebarnya kurang lebih 0. Rencong termasuk dalam kategori belati yang berbeda dengan pisau atau pedang. . lidah api.Talawang dari Kalimantan timur Talawang adalah alat yang digunakan oleh suku Dayak untuk pertahanan diri atau pelindung diri dari serangan musuh. Selain sebagai pelengkap alat pertahanan diri. Talawang dibuat dari bahan kayu yang ringan tetapi kuat. di pulau Sumatera Indonesia bentuknya menyerupai huruf "L".5 meter dengan perkiraan dapat menutupi dada manusia guna menangkis mandau atau tombak musuh apabila terjadi perkelahian dalam perang. Rencong (Bahasa Aceh: reuncong) adalah senjata tajam belati tradisional Aceh. talawang juga digunakan sebagai pelengkap dalam tari-tarian.

Bugis dan Mandar yang berada dikepulauan Sulawesi. bertanduk panjang dan bercabang. lincah. (4) kujang bangkong (kujang yang bentuknya menyerupai bangkong (kodok)). kujang dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Konon. Apabila dilihat dari bentuk dan ragamnya. . (6) kujang badak (kujang yang bentuknya menyerupai badak). (3) kujang kuntul (kujang yang bentuknya menyerupai burung kuntul). dan (6) kudi (pakarang dengan bentuk yang menyerupai kujang namun agak ³kurus´). (5) kujang naga (kujang yang bentuknya menyerupai ular naga). nyacar.Kujang (Senjata Tradisional Orang Sunda) Pendahuluan Jawa adalah salah satu dari 5 pulau besar yang ada di Indonesia. dan menebang tanaman). (3) kujang sebagai pangarak (alat upacara). yaitu: (1) kujang ciung (kujang yang bentuknya menyerupai burung ciung). Ukurannya yang pendek dan mudah dibawa kemana mana. Badik ini merupakan senjata khas tradisonal Makassar.Maka biasanya senjata adat yang bernama Badik ini dahulu sering dipakai oleh kalangan petani untuk melindungi dirinya dari binatang melata dan atau membunuh hewan hutan yang mengganggu tanamannya. (2) kujang jago (kujang yang bentuknya menyerupai ayam jago). Selain itu karena orang bugis gemar merantau maka penyematan badik dipinggangnya membuat dia merasa terlindungi. sehingga membuat binatang lain takut. Sebenarnya pulau ini tidak hanya merupakan ³daerah asal´ orang Jawa semata karena di sana ada orang Sunda yang berdiam di bagian barat Pulau Jawa (Jawa Barat). bentuk dan nama senjata ini diambil dari rasa kagum orang Sunda terhadap binatang kud hang atau kidang atau kijang yang gesit. yaitu: (1) kujang sebagai pusaka (lambang keagungan seorang raja atau pejabat kerajaan). dan (4) kujang pamangkas (kujang yang berfungsi sebagai alat dalam pertanian untuk memangkas. (2) kujang sebagai pakarang (kujang yang berfungsi sebagai senjata untuk berperang). Sedangkan. apabila dilihat dari fungsinya kujang dapat pula dibagi menjadi beberapa macam. tapi jangan salah lho kalau badik ini sudah keluar dari sarungnya pantang untuk dimasukkan sebelum meminum darah. Mereka (orang Sunda) mengenal atau memiliki senjata khas yang disebut sebagai kujang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful