gerabah. prasasti lempeng dan kertas. . logam dan tulang. dalam adalah bahwa benda ini dapat bergerak atau dapat dipindahkan (movable) oleh tangan manusia dengan mudah (relatif) tanpa merusak atau menghancurkan bentuknya. senjata-senjata logam (anak panah. mata panah. Artefak dalam arkeologi mengandung pengertian benda (atau bahan alam) yang jelas dibuat oleh (tangan) manusia atau jelas menampakkan (observable) adanya jejak-jejak buatan manusia padanya (bukan benda alamiah semata) melalui teknologi maupun penambahan benda Ciri konsep alam penting artefak pengurangan teknologi pada tersebut. dll).Artefak Artefak atau artifact merupakan benda arkeologi atau peningalan benda-benda bersejarah. Contoh artefak adalah alat-alat batu. yaitu semua benda yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia yang dapat dipindahkan. terracotta dan tanduk binatang.

-Jenisnya yaitu Homo sapiens/manusia cerdas.Batu tua/Batu Kasar(40.flores dan sumatera.di temukan di Pacitan. JENIS ZAMAN BATU.KEHIDUPAN SERTA BUDAYA YANG ADA PADA ZAMAN PURBAKALA: 1..000SM.. 3. 2.bangunan yang di buat untuk .Zaman purbakala A. -Sudah tinggal menetap. *kapak genggam dan batu kecil(flakes) dan batu indah(chalsedon)..Batu Madya/tengah(plesolitikum) Kehidupan : -Batu 1/2 kasar dan 1/2 halus.di temukan di daerah ngandong.kalimantan. -Sudah bisa bercocok tanam. -hidup antara 7.Zaman Batu Besar(Megalitikum) Alatnya di buat dari batu besar.000SM) Kehidupan :-bergantung dengan alam -berpindah .000-3. -Mengenal kesenian(pahat) Kebudayaan :Gowa di jawa.000-80.pindah jenis manusia purba jaman ini : >pithecantropus erectus >Homo soloensis >Homo wajakensis Hasil Budaya : *Alat penetak dan kapak perimbas. -Sudah bisa berfikir..

menghormati roh nenek moyang. d..Menhir yaitu tugu batu tempat pemujaan roh nenek moyang yang terdapat di sulawesi.sulawesi tengah dan kalimantan.. Beberapa yang di hasilkan adalah : a. c.jawa barat. yang merupakan kubur dalam tanah yang terdapat di kuningan.Keranda(sarkopagus) yaitu peti mayat yang di buat dari batu bulat.daerah temuannya di Bali yang memiliki kekuatan magis.Dolmen yaitu meja batu besar tempat meletakkan sesaji yang di persembahkan pada roh nenek moyang yang biasanya di letakkan di bawah menhir.Peti kubur batu. . b.

bali dan kalimantan.waruga yaitu kubur batu yang berbentuk kubus/buulat yang terdapat di sulteng dan sulut.e.temuannya di lebak si bedug daerah banten selatan. g.jatim dan lampung.yang terdapat di sumsel.jateng.Arca Batu Besar yang menggambarkan binatang kerbau.harimau dan gajah.Punden berundak .Zaman batu baru(neolitikum) yakni alatnya sudah di haluskan seluruhnya. f.penduduknya proto .undak punden yang terbuat dari batu yang di susun bertingkat yang letaknya di dekat menhir. 4.

melalui jalan barat dan jalan utara. serta kapak lonjong yang di temukan di Irian. ZAMAN LOGAM zaman logam mengalami 2 teknik. Sulut. Tanimbar serta perhiasan dan pakaian dari kulit kayu. 2.Sumatera dan Jawa.alat yang di hasilkan adalah kapak persegi(beliung persegi) yang di temukan di Bali.meraka sudah menetap dan sudah menghasilkan(food producing).bangsa proto melayu berasal dari cina selatan.yaitu : 1.mereka masuk di Indonesia pada tahun 2.melayu(melayu tua). beberapa tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulis .Maluku.000SM.A cire perdue : menggunakan model benda yang terbuat dari lilin dan di bungkustanah liat dan kemudian di bakar. B.Biolve:peleburan menggunakan barang cetakan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful