BAB I PENDAHULUAN

1.1 1.2

Latar Belakang Tujuan Praktikum 1. Dapat membedakan karakteristik distribusi populasi dan distribusi sampel. 2. Mampu memberikan Dalil Limit Central dengan menggunakan alat peraga yang diberikan. 3. Mengetahui perhitungan goodness of fit baik secara manual maupun dengan menggunakan minitab. 4. Mampu mnegetahui aspek yang mempengaruhi goodness of fit.

1.3

Perumusan Masalah Dalam praktikum modul 1 : distribusi sampel rataan ini, kami membahas tentang

karakteristik distribusi sampel. Data yang kami dapat diambil saat praktikum yaitu dengan mengambil sampel dengan ukuran n=5, n=10 dan n=40. Data tersebut dibedakan menjadi 2, yaitu data kontinu dan data diskrit. Dalam pengolahan data, kami menguji hipotesis dari data percobaan yang didapat dengan menggunakan uji goodness of fit serta membandingkan frekuensi amatan dan frekuensi harapan yang didapat dengan grafik.

1.4

Metodologi Praktikum Metodologi dalam praktikum modul 1 : Distrbusi Sampel Rataan adalah sebagai

berikut :

1 flowchart percobaan 1.5 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan laporan praktikum Modul 1: Distribusi Sampel Rataan adalah sebagai berikut : Bab I Pendahuluan Pendahuluan berisi tentang latar belakang praktikum Distribusi Sampel Rataan. perumusan masalah.Identifikasi masalah Studi pustaka Pengumpulan data Pengolahan data analisa Kesimpulan dan saran Gambar 1. flowchart metodologi . tujuan dari praktikum.

Bab II Tinjauan Pustaka Tinjauan pustaka berisi teori-teori yang berhubungan dengan pengertian statistik dan statistika. . n=40) Bab IV Analisis Bab ini berisi tentang analisis hasil perhitungan data baik data kontinu maupun data diskrit. Bab III Pengumpulan dan Pengolahan Data Bab ini berisi pengumpulan dan pengolahan data yang terdiri dari data hasil percobaan yang telah dibangkitkan. baik untuk data kontinu (n=5. pengertian sampel dan populasi. Bab V Penutup Penutup berisi tentang kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan dan saran untuk praktikan selanjutnya. dan pengujian hipotesis. n=10.praktikum Distribusi Sampel Rataan dan sistematika penulisan laporan praktikum. distribusi sampel. n=10. n=40) maupun untuk data diskrit (n=5. uji goodness of fit.

yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data. Memberi informasi yang lebih banyak dan dalam. dimana sifat-sifat yang ada padanya dapat diukur atau diamati. membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan. tenaga dan biaya. dan populasi yang jumlahnya diketahui dengan pasti (populasi yang dapat diberi nomor identifikasi) disebut Populasi Finit. Alasan perlunya pengambilan sampel adalah sebagai berikut : 1.2 Sampel dan Populasi Populasi adalah keseluruhan objek yang akan/ingin diteliti. mengolah data.com 2. http://library.pdf .usu. Lebih cepat dan lebih mudah.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. menganalisis data. Keterbatasan waktu.1 Statistik dan Statistika Statistik adalah kumpulan data yang bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaan. menyajikan data. Sedangkan statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik. Anggota populasi dapat berupa benda hidup maupun benda mati.blogspot. 4. 3. http://datakuliah. Populasi yang tidak pernah diketahui dengan pasti jumlahnya disebut Populasi Infinit atau tak terbatas. 2. Dapat ditangani lebih teliti.id/download/fkm/fkm-rozaini. Sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi objek penelitian (sampel sendiri secara harfiah berarti contoh). Hasil pengukuran atau karakteristik dari sampel disebut statistik yaitu X untuk harga rata-rata hitung dan S atau SD untuk simpangan baku.ac.

metode memilih sampel. normal. Contoh: berdasarkan pendapat beberapa orang yang diwawancarai sebelum Pilkada di Bandung.3 Distribusi Sampel Bidang statistika inferensi pada dasarnya berkenaan dengan perampatan dan hasil prediksi. Kita menghitung suatu statistik dari sampel yang dipilih dari populasi.5 Sampel Random Distribusi dari Sampel Rataan 2. 2. Distribusi peluang suatu statistik disebut distribusi sampel. 60% dari pemilih akan memilih calon tertentu. dan dari statistik ini kita membuat pernyataan yang mungkin benar atau tidak mengenai nilai parameter populasi.6 Uji Goodness of Fit Uji goodness of fit merupakan pengujian hipotesis untuk menentukan apakah suatu himpunan frekuensi yang diharapkan sama dengan frekuensi yang diperoleh dari suatu distribusi. maka tentulah ada distribusi peluangnya. Langkah-langkah pengujian hipotesis goodness of fit ialah sebagai berikut: a. poisson. Distribusi sampel suatu statistik bergantung pada ukuran populasi. Menentukan hipotesis H0 : frekuensi pengamatan sesuai dengan frekuensi yang diharapkan H1 : frekuensi pengamatan tidak sesuai dengan frekuensi yang diharapkan .2. Simpangan baku distribusi sampel suatu statistik disebut galat baku dari statistik tersebut. Karena statistik merupakan peubah acak yang tergantung hanya pada sampel yang diamati. atau dari perbandingan lain. uji goodness of fit merupakan pengujian kecocokan atau kebaikan suai antara hasil pengamatan (frekuensi pengamatan) tertentu dengan frekuensi yang diperoleh berdasarkan nilai harapannya (frekuensi teoretis). ukuran sampel.4 2. dan. Jadi. seperti distribusi binomial.

Menentukan tingakat signifikansi ( α ) dan nilai χ2 dari tabel Tingakat signifikansi ( α ) dan nilai χ2 tabel ditentukan dengan derajat bebas (db) = k -N Keterangan: k = banyaknya kejadian N = banyaknya besaran yang digunakan c. hipótesis dapat diartikan sebagai suatu pernyataan yang . http://exponensial. proposisi.7 Pengujian Hipotesis Hipotesis berasal dari bahasa Yunani. Hupo berarti lemah. Membuat kesimpulan Menyimpulkan apakah H0 ditolak atau diterima berdasarkan nilai statistik uji yang diperoleh.wordpress. kurang. atau pernyataan yang disajikan sebagai bukti. yaitu hupo dan thesis. Jadi.b. atau di bawah dan thesis berarti teori. Menentukan nilai uji statistik e. Menentukan kriteria pengujian H0 diterima apabila χ20 ≤ χ2α (k – N) H0 ditolak apabila χ20 > χ2α (k – N) d.com/2009/12/31/goodness-of-fit/ 2.

Hipótesis statistik adalah pernyataan atau dugaan mengenai keadaan populasi yang sifatnya masih sementara atau lemah kebenarannya. . artinya keputusan bisa benar atau salah. Iqbal. ( Iqbal Hasan. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). keputusan yang dibuat mengandung ketidakpastian. sehingga menimbulkan resiko. 2005) Hasan. Dalam pengujian hipótesis. Jakarta : Bumi Aksara. 2005.masih lemah kebenarannya dan perlu dibuktikan atau dugaan yang sifatnya masih sementara. Hipótesis statistik akan diterima jika hasil pengujian membenarkan pernyataannya dan akan ditolak jika terjadi penyangkalan dari pernyataannya. Besar kecilnya resiko dinyatakan dalam bentuk probabilitas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful