A.

Pengertian Grafika Komputer Perkembangan grafika komputer menuntut para pengembang sistem aplikasi grafika komputer untuk dapat mengembangkan suatu informasi yang dilengkapi dengan visualisasi dan animasi, agar dapat lebih mudah dipahami oleh pihak yang menggunakan sistem tersebut. Grafika komputer telah menunjukkan kemajuan yang pesat dalam pengembangan berbagai aplikasi untuk menghasilkan gambar. Grafika komputer digunakan untuk menunjang berbagai bidang dengan teknologi grafika berbasis komputer. Penggunaan grafika komputer telah lama digunakan dalam beberapa macam aplikasi, diantaranya pendidikan, kedokteran, fisika, matematika, multimedia, dan lain-lain. Pada saat ini grafika komputer sudah digunakan pada bidang sains, engineering, kedokteran, bisnis, industri, pemerintahan, seni, hiburan, iklan, pendidikan, dan lain-lain. Oleh karena itu, sudah semakin banyak pula bahasa pemrograman yang dilengkapi dengan tools/library pembuatan grafik Salah satu tools/library pembuatan aplikasi grafik adalah OpenGL (Open Graphics Library). OpenGL(Open Graphics Library) adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran. OpenGL digunakan untuk mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX dan sistem operasi lainnya. OpenGL pada awalnya didesain untuk digunakan pada bahasa pemrograman C/C++, namun dalam perkembangannya OpenGL dapat juga digunakan dalam bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Tcl, Ada, Visual Basic, Delphi, maupun Fortran. Namun OpenGL di-package secara berbeda-beda sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Oleh karena itu, package OpenGL tersebut dapat didownload pada situs http://www.opengl.org sesuai dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan. Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar

suatu teknik shading yang lembut penyisipan yang puncak mendekati normal pencahayaan dari polygon curved-surface dengan antarpermukaan. Grafika komputer dikembangkan melalui suatu sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Grafika komputer semakin lama semakin pesat perkembangannya. foto dan film animasi. sehingga definisi dari Grafika komputer dapat diartikan sebagai suatu studi tentang . grafika komputer (Computer Graphics) dapat diartikan sebagai perangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar. bagan-bagan. Grafika komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar. adalah suatu antarmuka berbentuk tampilan yang memungkinkan seorang user untuk memilih perintah. menjalankan program. melihat serangkaian file dan memilih opsi lain dengan menunjukkan representasi gambar (icon) ataupun melalui sejumlah menu pada layar komputer. Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau pada workstation.  Phong shading : ditemukan oleh Bui Tuong Phong. dalam hubungannya dengan sains komputer. grafik atau citra realistik untuk seni. suatu teknik normal-perturbation yang digunakan untuk menirukan permukaan yang tidak rata atau mengerut.  Radiosity : suatu teknik untuk global illumination yang menggunakan teori perpindahan radiatif untuk menirukan iluminasi secara tidak langsung (yang dicerminkan). dan diagram-diagram. model pencahayaan meliputi glossy reflection dengan suatu tingkatan permukaan yang halus. Menurut Suyoto (2003). game komputer.  Gouraud shading : ditemukan oleh Henri Gouraud pada tahun 1971 dengan teknik resource-conscious yang digunakan untuk menirukan shade dengan permukaan lembut dan penyisipan warna puncak antarpermukaan polygon. Beberapa kemajuan utama dalam computer grafik 3D:  Flat shading : suatu teknik shades masing-masing polygon dari suatu objek berdasarkan pada polygon “normal” dan posisi serta intensitas sumber cahaya. Graphical User Interface (GUI).  Texture mapping : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons.  Bump mapping : ditemukan oleh Jim Blinn.  Ray Tracing : suatu metode berdasarkan pada prinsip fisik dari ilmu optic geometris yang bisa menirukan pantulan berulang dan transparan.model suatu objek menggunakan komputer.

o Akhir tahun 50an banyak orang menggunakan pena cahaya sebagai alat input. Sejarah Grafika Komputer Sejarah grafika dimulai sejak jaman dahulu ketika bangsa mesir. B. yaitu cara yang ada di grafika komputer. Pengertian Grafik berbeda dengan image/citra. selain itu pada periode yang sama alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.bagaimana menggambar (membuat grafik) dengan menggunakan komputer dan manipulasinya (merubah sedikit/transformasi/animasi). . o Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. scanner. yaitu:  Fase Pertama. Perkembangan grafika komputer dapat dibagi menjadi 4 fase. seperti kamera.  Fase Kedua. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik. tahun 50an merupakan era grafika komputer interaktif. dll. Saat ini grafika interaktif moderen berhasil ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. image adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar. dekade 60an dapat dikatakan jaman penelitian /riset grafika komputer interaktif. Leonardo da Vinci sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D dengan pandangan isometrik. Sedangkan Grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu. Beliau juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya. Pada mulanya perkembangan grafika komputer interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal. Grafik dan image keduanya termasuk picture/gambar. roma dan yunani berkomunikasi secara grafik.

Komputer animasi pendek.o Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik o 1961 : Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer o 1963 :     ditemukan Sutherland (MIT) Sketchpad (manipulasi langsung.untuk pesawat Death Star o Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime .  Fase Ketiga pada dekade 70an saat ini sektor industri. CAD) Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector) Mouse oleh Douglas Englebert o 1968 : ditemukan Evans & Sutherland o 1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan o Pertengahan tahun 60an sejumlah proyek penelitian dan produk computer aided design / munufacturing (CAD / CAM) telah muncul. pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah. Hunger: Keyframe animation and morphing o o o 1976 : Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping 1977 : Film terkenal Star Wars menggunakan grafik computer 1979 : Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing. o o o 1970 : Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier 1971 : ditemukan Gouraud Shading. sebagai film pertama menggunakan animasi computer yang o 1974 : Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). 1972 : ditayangkannya filmWestworld.

dll.  Pada tahun 90an teknologi model hibrid mulai diperkenalkan. (Pixar). . o 1989 : Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award. o Akhir tahun 90-an. photon maps. o Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering. Contohnya jika kita melukis sebuah mobil bagian badan mesin adalah suatu permukaan dan bagian mesin adalah bentuk pejal. ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran. Jika kita gabungkan dengan teknologi maka badan dan mesin membentuk sebuah mobil. o 1995 : Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama. image based rendering. Fase keempat. path tracing. penelitian dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa depan. dekade 80an masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk menemukan teori dan algoritma baru. artistic rendering. o 1982 : Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel o 1984 : Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter o 1986 : Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.

komputer. Navy untuk latihan terjun payung. Contoh aplikasi: Rational Rose. peralatan rumah tangga. atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Contoh aplikasinya: AutoCAD. dan berbagai produk lainnya. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. diagram. Visualisasi Data Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image. workflow dalam proses bisnis. melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya. 1. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam . Aplikasi ini dapat memberikan keuntungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan. mengurangi biaya penerbangan.C. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE) CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. Computer-Aided Design (CAD) CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain. CAD banyak digunakan dalam mendesain bangunan. pesawat. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement. Aplikasi Grafika Komputer Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar. alat-alat elektronik. SyBase Power Designer. Virtual Reality Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering. 4.S. dan sebagainya. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U. mobil. slide dan sebagainya. 2. 3. struktur program. pemodelan basisdata.

fungsi-fungsi psikologi. Pendidikan dan Pelatihan Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Hiburan Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian. . logo. strutur suatu website. Video Game Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. video clips. dan memerlukan resource banyak. seperti tetris. 7. animasi. dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: Adobe Photoshop.. layout media cetak. hingga yang rumit. Hasil dapat berupa kartun. dan lain sebagainya. Computer Art Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karyakarya seni. salah satu aplikasinya Electroni workbench.mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. 8. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi. simulasi. Dari yang yang standalone hingga online network. 6. Corel Painter. GIMP. hingga mobile devices. Model-model seperti prosesproses fisika dan kimia. seperti Ragnarok. Filmfilm animasi yang beredar di pasaran seperti Shrek. Contoh: simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran. foto. desain interior atau eksterior. Dari PC. anime-anime Jepang. Contoh: visualisasi dari struktur protein. visualisasi hasil data mining. lukisan abstrak. potret. console. menggunakan komputer grafis. motion pictures. Monster Inc. seperti game sepakbola Winning Eleven. 3 dimensi. dan sebagainya. 5.

Data citra yang diambil dapat berupa video. Computer Vision Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai contoh : o Antarmuka pengguna. Graphical User Interface Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. o Kesehatan. computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Setiap aplikasi pada komputer menggunakan Graphical User Interface (GUI). bisnis. analisis citra. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows. dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. maupun Linux. dan sebagainya. sains.9. . citra dari berbagai kamera. Peranan dan Penggunaan Grafika Komputer Grafika komputer digunakan diberbagai bidang seni. dimanipulasi dan dilihat pada komputer. o Perpetaan (Cartography). Pengolahan Citra Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra. meningkatkan kualitas citra. 11. D. Mac. Setiap peta dapat disimpan. pendidikan dan hiburan. semua GUI ini menggunakan grafika komputer. Sebagai disiplin ilmu. 10. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Grafika komputer telah digunakan dengan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembedahan.

biasanya susah untuk divisualisasikan jika hanya dengan menggunakan piranti biasa. o Simulasi/pelatihan. Misalnya : desain jaringan logika interaktif. Sistem ini memungkinkan pengguna beraksi layaknya seperti pelukis yang melukis objek dengan bantuan komputer o Presentasi data saintifik. dan lain sebagainya . Jenis aplikasi editor grafis yang lain. o Aplikasi lain. Data saintifik ini. Bidang ini berfokus pada bagaimana menghasilkan gambar secara profesional. Salah satu bidang penting dalam grafika komputer dikenal sebagai “presentasi grafik” atau “grafik untuk bisnis”. sering dalam bentuk slide untuk menunjukkan kelompok pelanggan dan manajemen. Sebagaimana slide sering berisi diagram batang atau diagram pie yang menunjukkan informasi kompleks dalam bentuk yang mudah dipahami dan dimengerti. Grafika komputer memegang peranan yang sangat penting dalam sistem multimedia. o Sistem Paint. Pengguna dapat merancang banyak objek (seperti bagian mekanik) menggunakan grafika komputer. desain struktur mekanik. o Presentasi grafika untuk produksi slide. desain arsitektur interaktif.o Computer Aided Design (CAD). kontrol proses. o Sistem Multimedia. pemrosesan citra. Data saintifik biasanya kompleks dan berhubungan antara data yang satu dengan yang lain. Sistem ini memungkinkan pengguna menjalankan simulasi/pelatihan tertentu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful