You are on page 1of 12

TUGAS AKHIR

Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS

RANCANG BANGUN MESIN PENCACAH GELAS PLASTIK
Oleh :
RAHMA GRESYANANTA FABIAN SURYO S
Pembimbing

2107039001 2107039023

Ir. Suhariyanto, MT

Mesin pencacah gelas plastik untuk mempermudah pengolahan limbah plastik. Dengan panjang belt 710mm dan umur belt 80734.56 jam kerja Diameter poros 10mm dan panjang 366mm Dari hasil pengujian didapatkan kapasitas sebesar 0. Motor yang digunakan adalah motor listrik dengan daya 0.0029 kg/menit - . karena plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai oleh bakteri.15Hp dan putaran 400rpm Lebar pulley penggerak dan pulley yang digerakan 20 mm. Diameter luar pulley yang penggerak 75 mm dan diameter yang digerakan 50 mm Belt yang dipakai adalah Type A.ABSTRAK Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS Limbah dari plastik merupakan masalah yang dianggap serius bagi lingkungan. Hasil perencanaan dan perhitungan diperoleh suatu hasil prototype mesin pencacah plastik yang memiliki spesifikasi sebagai berikut. yang didalam hal ini plastik yang akan dipotong adalah gelas plastik kemasan.

LATAR BELAKANG Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS Tugas akhir ini berjudul “RANCANG BANGUN MESIN PENCACAH GELAS PLASTIK” hal ini kami ulas berdasarkan banyaknya sampah gelas plastik yang sulit terurai dan akan semakin banyak jika tidak didaur ulang kembali. Dari penjelasan diatas. maka sebagai mahasiswa memiliki motivasi untuk menyediakan alat pencacah gelas plastik yang efisien baik dari segi fungsi. namun mesin tersebut memiliki harga mahal dan terlalu besar. dan biaya. . Saat ini telah banyak mesin pencacah gelas plastik bekas. penempatan. Maka dibutuhkan mesin pencacah untuk mendaur ulang.

. Memperoleh mesin pencacah gelas plastik yang dapat bekerja dengan baik dengan harga yang terjangkau. Untuk menentukan dimensi poros yang sesuai. Dapat memilih bearing dan mampu memprediksi umur pakainya. Dapat memilih tipe belt yang cocok dan dapat memprediksi umur pakainya. .TUJUAN Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS • • • • • Tujuan tugas akhir ini adalah : Untuk menghitung daya yang dibutuhkan.

RUMUSAN MASALAH Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS berdasarkan dari latar belakang diketahui bahwa permasalahan yang muncul dalam merancang mesin pencacah tersebut diantaranya sebagai berikut : • Berapa daya yang dibutuhkan untuk mesin tersebut?. • Bagaimana memilih dan memprediksikan umur pakai dari van belt? • Bagaimana mencari dimensi poros? • Bagaimana memilih bearing yang relatif murah namun memiliki kemampuan dan kualitas kerja yang baik? • Bagaimana merancang mesin pencacah yang berdasarkan hasil rancangan yang telah dibuat dengan mempertimbangkan nilai ekonomis dari mesin tersebut? .

BATASAN MASALAH Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS • Bahan yang di uji adalah gelas plastik yang telah dibelah dan dibuang bagian atasnya. . • Rangkaian elektronika tidak dibahas lebih lanjut. • Material dari mesin pencacah tidak dilakukan percobaan (tes bahan) dan perhitungan kerena diambil dari literatur yang telah ada. • Rangka dan sambungan dianggap aman.

Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS DIAGRAM ALIR TUGAS AKHIR .

Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS GAMBAR MESIN PENCACAH GELAS PLASTIK .

Dan plastik yang telah terpotong akan jatuh kedalam wadah yang berada dibawah pisau. . Gelas plastik yang di masukkan kedalam corong akan terpotong karena adanya gerak potong pisau.CARA KERJA MESIN PENCACAH GELAS PLASTIK Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS Pada mesin pemotong gelas plastik ini digunakan 1 motor DC 20v dengan kecepatan 400 rpm yang dihubungkan pada v-belt dan pulley agar menghasilkan putaran 600 rpm untuk menggerakan pisau.

GAMBAR PERCOBAAN PISAU PLASTIK TALI PEMBERAT .

Gaya potong sebesar 2.56 jam kerja 4. Poros berdiameter 8.5 jam kerja . Belt yang digunakan tipe A dengan panjang 710 dan umur belt 80734.2 kgf 2.15 HP 3. Daya yang diperoleh 0. Dalam aplikasi menggunakan diameter 10mm 5.9mm dengan bahan AISI 1040. Umur bantalan 2878397.HASIL PERHITUNGAN Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS Dari hasil perhitungan didapat 1.

dengan panjang belt 704.174 kg/jam. dengan prediksi umur bantalan 13x105 jam.56 jam kerja – Poros yang di ijinkan berdiameter adalah 8. . Dalam aplikasi menggunakan poros dengan diameter 10mm – Jenis bantalan (bearing) yang digunakan adalah ball bearing.8mm dan umur belt selama 80734. – Belt yang digunakan ada tipe A. – Hasil pengujian kapasitas yang dilakukan sebanyak 3 kali rata-rata sebesar 0.KESIMPULAN Tugas Akhir D3 Teknik Mesin DISNAKER ITS Dari pembuatan mesin pencacah gelas plastik ini maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : – Daya motor yang digunakan untuk memutar pencacah sebesar 0. dengan bahan AISI 1040.15 Hp.0029 kg/menit atau 0.9 mm.