You are on page 1of 10

ETIKA

DAN
SOPAN SANTUN

sejauh yang dapat ditentukan oleh akal .PENGERTIAN ETIKA  Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk.

SOPAN SANTUN   Sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat. kondisi apapun. dan taat kepada suatu peraturan. Sikap santun yaitu baik. hormat. dan dalam situasi. . tersenyum. ia rasakan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja.

Tidak berkata-kata kotor.CONTOH-CONTOH NORMA KESOPANAN IALAH:      Menghormati orang yang lebih tua. Menerima sesuatu selalu dengan tangan kanan. Tidak meludah di sembarang tempat. dan sombong. tidak menyela pembicaraan . kasar.

tidak “over atau under confidence” 2. Tampilkan Rasa Percaya Diri -Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri -Usahakan mampu berkomunikasi dengan diri sendiri -Yakinlah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan -Jauhkan rasa minder dan rendah diri -Bersikaplah biasa. Jagalah Disiplin Diri -Datang ke tempat kerja sebelum jam masuk -Meninggalkan tempat kerja melebihi jam masuk -Tidak meninggalkan pekerjaan tanpa ijin atasan -Tidak mengunakan jam kerja untuk hal yang tidak terkait dengan pekerjaan .TIPS YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN DI LINGKUNGAN KERJA SEBAGAI ETIKA DALAM BEKERJA 1.

Pahami Dasar Etika Pergaulan -Bersikap sopan santun dan ramah -Perhatian terhadap orang lain -Mampu menjaga perasaan orang lain -Toleransi dan rasa ingin membantu -Mampu mengendalikan emosi diri 5. Etika Masuk Klinik -Mengucapkan salam terlebih dahulu -Tunjukkan wajah ceria -Pandanglah semua orang yang ada di ruangan dengan senyum -Tanyakan kabar baik pada teman di sebelah -Jika memungkinkan ucapkan salam pada atasan setiap pagi 4.3. Etika Berpakaian -Memakai pakaian dengan ukuran yang pas -Usahakan pakaian rapi dan tidak kedodoran -Usahakan model pakaian yang sopan -Pilih warna yang tidak menyolok -Pilih model pakaian yang tidak terlalu kuno .

Hubungan Dengan Atasan -Menyapa atasan setiap bertemu -Hormat kepada setiap atasan -Usahakan tidak membuat kecewa atasan -Beri masukan dan saran secara bijak -Jangan spontan menolak perintah atasan -Jangan membuat malu atasan .7. Yang Harus Dihindari Dalam Pembicaraan -Membicarakan kejelekan orang lain -Membicarakan hal yang sensitif -Memotong pembicaraan orang lain -Banyak membicarakan diri sendiri 9. Berbicara Simpatik -Bisa mengimbangi lawan bicara -Berkeinginan menyenangkan lawan bicara -Mampu menciptakan rasa humor -Mau memuji lawan bicara -Mampu menjadi pendengar yang baik 8.

Hubungan Dengan Bawahan -Hargai bawahan sebagai manusia yang bermartabat -Jangan terlalu menunjukkan kekuasaan -Bangun hubungan personal yang mesra -Sering-seringlah menanyakan kondisi kesehatan dan keluarganya -Berikan perintah dan teguran secara bijak .10. Hubungan Dengan Teman Sekerja -Jangan menganggap sebagai pesaing tetapi mitra kerja -Kembangkan kebiasaan saling membantu -Kembangkan kebiasaan saling mengingatkan -Usahakan tidak terjadi konflik -Kembangkan kebiasaan diskusi sehat -Jangan menjatuhkan teman di hadapan atasan 11.

BUATLAH ORANG LAIN BAHAGIA 4. GUNAKAN KEKUATAN DOA DAN TETAPKAN TUJUAN HIDUP . BERBAHAGIALAH.LIFE IS POSITIVELY FANTASTIC      1. SINGKIRKAN SEMUA PIKIRAN NEGATIF 3. KUASAI PIKIRAN DENGAN PENUH KEYAKINAN 2. BERIKAN SUGESTI POSITIF PADA DIRI SENDIRI 5.