You are on page 1of 13

KILAS BALIK REGULASI

KEPERAWATAN
REGISTRASI DAN PRAKTIK
KEPERAWATAN

Mata Kuliah : Keperawatan Profesional

Pengertian Kilas balik adalah mengisahkan masa lalu secara sepintas dalam rangkaian cerita masa kini. .(KBBI)  Regulasi keperawatan (regristrasi & praktik keperawatan) adalah kebijakan atau ketentuan yang mengatur profesi keperawatan dalam melaksanakan tugas profesinya dan terkait dengan kewajiban dan hak.

    Melindungi masyarakat atas tindakan yang dilakukan 3.      Menilai kesalahan dan kelalaian .      Menetapkan standar pelayanan keperawatan 4.Tujuan regulasi keperawatan  Tujuan umum regulasi keperawatan adalah melindungi masyarakat dan perawat.    Mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan 2.      Menapis IPTEK keperawatan 5.  sedangkan tujuan khusus regulasi adalah: 1.      Menilai boleh tidaknya praktik 6.

      Melakukan catatan perawatan dengan baik .1239 tahun 2001(Pasal 16).      Merujuk kasus yang tidak dapat ditangani c..Lanjutan.  Pada Kepmenkes No.      Menghormati hak pasien b.      Menyimpan rahasiasesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku d.dalam melaksanakan kewenangan perawat berkewajiban untuk: a..

insentif dan sistem penghargaan yang sesuai .      Kualifikasi dan jumlah tenaga yang memadai 2.      Iklim kerja yang kondusif 4.      Jenjang karier dan pengembangan staf yang tertata 8.      Budaya organisasi yang mendukung 5.      Proteksi risiko kerja dan tindak kekerasan 7.      Struktur organisasi memfasilitasi kewenangan membuat keputusan 6.      Sarana dan prasarana kerja yang memadai 3.Faktor mempengaruhi terkait regulasi 1.      Jasa.

(Robert Priharjo.66)  Pengaturan praktik perawat dilakukan melalui Kepmenkes nomor 1239 tahun 2001 tentang Registrasi dan Praktik Perawat. . Perawat yang telah terdaftar diizinkan memiliki sebutan registered nurse. 1995 hal.Registrasi  Registrasi merupakan pencantuman nama seseorang dan informasi lain pada badan resmi baik milik pemerintah maupun nonpemerintah. yaitu setiap perawat yang melakukan praktik di unit pelayanan kesehatan milik pemerintah maupun swasta diharuskan memiliki Surat Izin Praktik (SIP) dan Surat Izin Kerja (SIK).

Pengaturan penyelenggaraan praktik keperawatan bertujuan untuk : a. Mendorong para pengambil kebijakan dan elemen-elemen yang terkait lainnya d. b. . Memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada penerima dan pemberi jasa pelayanan keperawatan. Mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat. Mendorong pemerintah mengeluarkan regulasi c. c. Mendorong terbentuknya sistem monitoring dan evaluasi yang efisien dan efektif.

keluarga. kelompok dan masyarakat b. pertolongan persalinan normal dan menulis permintaan obat/resep. e. Memberikan tindakan keperawatan langsung. Melaksanakan program pengobatan secara tertulis dari dokter. konseling. pendidikan. Memberikan asuhan keperawatan pada individu. imunisasi. Memberikan pelayanan keperawatan di sarana kesehatan dan tatanan lainnya. c. . nasehat.Lingkup praktik keperawatan meliputi : a. Memberikan pengobatan dan tindakan medik terbatas. pelayanan KB. d.

3. alasan yuridis.Pentingnya Undang-Undang Praktik Keperawatan. alasan filosofi 2. alasan sosiologis . 1.

alat rumah tangga dan alat emergency sesuai ketentuan. 4. 2.      SIP dan SIPP harus ada.      Tersedia alat perawatan.Implikasi dalam Tatanan Praktek  Praktek Mandiri Perawat 1. 3.      Ruangan praktek sesuai ketentuan.      Kewenangan tindakan sesuai ketentuan .

kewenangan penuh untuk bekerja sesuai dengan keilmuan keperawatan yang dipelajari . Dalam peringatan Hari Perawat Sedunia ini Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) lebih mendorong disahkannya UndangUndang Praktik Keperawatan dikarenakan: a.adanya kelompok pengetahuan b. Keperawatan sebagai profesi memiliki karateristik .PPNI mendorong disahkannya Undang-Undang Praktik Keperawatan 1.

. 2..Lanjutan. . Kewenangan yang dimiliki berimplikasi terhadap kesediaan untuk digugat. apabila perawat tidak bekerja sesuai standar dan kode etik.

TRIMAKASIH .