You are on page 1of 8

ASSALAMU’ALAIKUM WR.

WB
Kelompok 2 :
Neng Cintyanasari
Siti Ruhama
Yuna Widayanti

. Pada masa Rasulullah merupakan masa yang memiliki keistimewaan yang membedakan dengan masa lainnya. perbuatan (af’al). Wahyu yang diturunkan Allah kepada Rasulullah dijelaskannya melalui perkataan (aqwal). Masa ini merupakan kurun waktu turunnya wahyu dan sekaligus diwurukannya hadis.HADIS PADA MASA RASULULLAH SAW Pada masa Rasulullah SAW merupakan masa awal pertumbuhannya hadis. dan taqrirnya.

c. ceramah atau pidato ditempat terbuka . Melalui para jama’ah pada pusat pembinaannya b. . yaitu : a. Rasul SAW juga menyampaikan hadis melalui para sahabat tertentu. yang kemudian disampaikannya kepada orang lain.Ada beberapa cara Rasul SAW dalam menyampaikan hadis kepada para sahabat.

sebagai sumber ajaran Islam. 4. Jabir bin Abdillah bin Amr al-Anshari.Al-qur’an dan Hadis selalu dijaga kemurnian dan kemaslahatannya. 2. Abu Syah (Umar bin Sa’ad al-Anmari) . Terhadap Al-qur’an Rasulullah secara resmi mengintruksikan kepada sahabat supaya ditulis disamping dihafal. sedangkan terhadap hadis beliau hanya menyuruh hanya menghafalnya saja dan melarang menulisnya secara resmi. Abu Hurairah ad-Dausi. Abdullah bin Amr bin al-‘As. diantaranya : 1. 3. Sejumlah sahabat yang melakukan penulisan hadis.

5. . para sahabat meminta sumpah dari periwayat hadits.PERKEMBANGAN HADIS PADA MASA SAHABAT RASUL Periwayatan hadits pada masa sahabat terutama masa al-Khulafa’ al-Rasyidun ( tahun 11 H sampai 40 H ) belum begitu berkembang. para sahabat Nabi  sangat kritis dan hati-hati dalam periwayatan hadits. 4. mengharuskan adanya saksi dalam periwayatan hadits. Dibuktikan dengan : 1. 3. para sahabat melakukan penelitian dengan cermat terhadap periwayat maupun isi riwayat itu sendiri. para sahabat menerima riwayat dari satu orang yang terpercaya. 2. para sahabat selalu bersikap cermat dan berhati-hati dalam menerima suatu riwayat.

Periwayatan hadis dengan lafaz dan makna . Menjaga pesan rasul SAW b. Berhati.hati dalam meriwayatkan dan menerima hadis. c. a.masa ini oleh para ulama dianggap sebagai masa yang menunjukkan adanya pembatasan periwayatan ( at-tasabbut wa al.iqlal min arriwayah).

 Meningkatnya periwayatan hadis. Mesir. muncullah bendaharawan dan lembaga-lembaga (Centrum Perkembangan) hadis di berbagai daerah di seluruh negeri. Samarkand bahkan hingga Spanyol. daerah Islam sudah meluas yakni ke Syam.PERKEMBANGAN HADIS PADA MASA SAHABAT DAN TABIIN Periode ini disebut ‘Ashr Intisyar al-Riwayah ila Al-Amshar yaitu masa berkembang dan meluasnya periwayatan hadis  Pada masa ini. Irak.  .

Oleh sebab itulah. Hal ini terjadi setelah wafatnya Ali r.a. umat Islam mulai terpecah-pecah menjadi beberapa golongan. memacu orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendatangkan keterangan-keterangan yang berasal dari Rasulullah SAW untuk mendukung golongan mereka.Pada periode ini mulai muncul usaha pemalsuan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. pada masa ini.  Terpecahnya umat Islam tersebut.  . mereka membuat hadis palsu dan menyebarkan nya kepada masyarakat.