You are on page 1of 9

OM SWASTIASTU

Kali ini kami akan mempresentasikan sebuah usaha
mengolah bahan mentah menjadi barang jadi, yaitu usaha
penggilingan bakso.

OLEH :
1). Gede Pasek Susila Putra Jaya
2). I Gst Ketut Ngurah Yoga S
3). Kadek Ari Pujawan
4). Kadek Arya Adi
5). Pandu Satria Fajar

Usaha ini didirikan sekitar tahun 2006. ayam. Usaha ini menyelip daging menjadi bakso atau pentol. yang beralamatkan di Jalan Pulau Timor No. . 24 Singaraja. Daging yang boleh diselip misalnya daging babi.Penggilingan bakso ini merupakan salah satu usaha yang dimiliki oleh Panti Asuhan Dana Punia. ikan laut.

Merica 4.Bahan – bahan yang digunakan : 1. Masako 3. Aji No Moto 6. Bawang Putih 2. Beleng (Pengembang Pentol) 7. Telur 8. Garam 5. Es Batu 9. Tepung kanji dan tepung sagu .

Cetakan pentol 4.Alat – alat yang digunakan: 1. Timbangan 5. Mesin kasar 2. Kompor . Kulkas 6. Mesin penggilingan halus 3.

Foto lain dari alat – alat yang digunakan untuk membuat bakso: .

5.Proses Pembuatan Bakso : 1. 4. Menggiling kasar Meracik bumbu Menggiling halus dan mencampur bumbunya Mulai membuat pentol Merebus pentol sampai matang Pentol didinginkan . 6. 3. 2.

Berikut adalah foto lain tentang pembuatan bakso : .

25. KERUGIAN Kerugian yang dialami di dalam usaha ini misalnya ketika ada mesin yang rusak.00 per hari.KEUNTUNGAN Keuntungan yang didapat oleh usaha penggilingan bakso ini adalah minimal Rp.00. MODAL Modal awal untuk mendirikan usaha ini adalah sekitar Rp.00 ke atas. 1. HARGA Harga komplit.000.000.000.000.18. mulai dari menggiling sampai membuat pentolnya adalah Rp.500. .

jika ada salah kata. SANTHI OM . kami minta maaf. OM SANTHI. SANTHI.Sekian presentasi dari kami.