Belajar Berfikir

[pemanfaatan filsafat ilmu dalam
ruang kelas]

Oleh Benny Ridwan

. Akan tetapi. kegiatan belajar di suatu perguruan tinggi merupakan suatu privilege [hak istimewa] karena hanya orang yang memenuhi syarat saja yang berhak belajar di lembaga pendidikan tersebut. Belajar Belajar merupakan hak setiap orang. Privilege yang melekat pada mereka yang belajar di suatu perguruan tinggi tidak hanya terletak pada sarana fisik dan sumberdaya manusia yang disediakan tetapi juga pada pengakuan secara formal bahwa seseorang telah menjalani kegiatan belajar dan pelatihan tertentu.

seseorang dituntut untuk berbuat atau bertindak lebih dari mereka yang tidak mendapatkan privilege tersebut. Mereka yang belajar di perguruan tinggi dituntut tidak hanya mempunyai keterampilan Teknis. Tidak hanya keterampilan Teknis Idealnya. dan kearifan tertentu sehingga mereka mempunyai wawasan yang luas dan berbeda dengan mereka yang tidak mengenyam pendidikan . karena seseorang mendapat privilege belajar di perguruan tinggi. tetapi juga mempunyai daya dan Kerangka pikir/nalar serta sikap mental. kepribadian.

discrete) • Pemahaman terhadap norma-norma kebenaran • Kemampuan mencerna (to digest) pengalaman hidup. yaitu mengenal inti hal-hal yang diketahui • Sikap hati-hati (prudence. ciri-ciri manusia arif yaitu mempunyai: • Pengetahuan yang luas (to be learned) • Kecerdikan (smartness) •Akal sehat (common sense) • Tilikan (insight). .

akhirnya tujuan tersebut harus dicapai dalam bentuk unit kegiatan belajar-mengajar yang disebut kuliah. Aspek Belajar Apapun tujuan yang ingin dicapai melalui belajar di perguruan tinggi. Pengetahuan Itu sendiri tersimpan dalam bentuk media cetak. Pemahaman dan persepsi tentang hubungan ketiga faktor tersebut sangat menentukan Keberhasilan proses belajar. audio. Kuliah merupakan bentuk interaksi antara dosen. . dan kemampuan dosen. dan pengetahuan. mahasiswa. visual.

dan mahasiswa sehingga proses belajar-mengajar yang efektif menjadi terhambat. . hal yang perlu dicatat adalah bahwa kuliah bukan satu-satunya sumber pengetahuan dan bukan satu-satunya kegiatan belajar. Kesan yang keliru akan mengakibatkan adanya kesenjangan persepsi tujuan antara lembaga pendidikan. dosen. Arti kuliah pada umumnya diperoleh mahasiswa bukan karena kesadarannya tentang arti kuliah yang sebenarnya tetapi karena pengalaman mahasiswa dalam mengikuti kuliah. Panel A dalam Gambar 1 di bawah ini melukiskan persepsi kuliah yang kebanyakan berlaku menurut pengamatan penulis. Namun. Makna Kuliah • Kuliah merupakan kegiatan yang membedakan pendidikan formal dan nonformal.

Persepsi Kuliah .

Fungsi Temu Kelas • Proses belajar merupakan kegiatan mandiri yang terencana dan kuliah merupakan kegiatan untuk penguatan (reinforcement) pemahaman mahasiswa terhadap materi pengetahuan sebagai hasil kegiatan belajar mandiri. . Gambar di halaman berikut menunjukkan fungsi temu kelas sebagai medium penguatan pemahaman dan bukan sebagai sumber pengetahuan.

Temu kelas .

TERIMA KASIH .