LANSIA

KIA/KESGA/2016

PENGERTIAN
 Menua atau menjadi tua adalah suatu
keadaan yang terjadi dalam kehidupan
manusia, Proses Menua adalah proses
sepanjang hidup tidak dimulai dari suatu
waktu tertentu tetapi dimulai sejak ada
kehidupan.
 Menjadi tua berarti sudah melewati tiga
tahapan Anak..Dewasa...dan Tua
 Tiga tahap ini berbeda secara biologis
maupun psikologis

2. USIA SANGAT TUA (Very old) di atas 90 tahun. . USIA PERTENGAHAN (middle age) antara usia 45 sampai 59 tahun.BATASAN LANSIA Kelompok Usia Menurut WHO 1999 1. LANJUT USIA (elderly) berusia antara usia 60 dan 74 tahun 3. LANJUT USIA TUA (old) 75 – 90 tahun 4.

Sosial dan Reproduksi (Azizah. 2011). . terjadi proses penuaan secara berangsur – angsur yang akan berdampak pada perubahan-perubahan pada diri manusia. tetapi juga Kognitif. Perasaan.PERUBAHAN YG TERJADI PADA LANSIA  Semakin bertambahnya umur manusia.  Tidak hanya perubahan fisik.

LATAR BELAKANG Berdasarkan riset UNFPA dan BKKBN th 1999 dengan responden wanita berusia 57 th sudah tidak mau melayani kebutuhan biologis suami dan mengijinkan suami untuk “jajan” diluar Akibatnya banyak lansia tertular IMS dan mati mendadak karena serangan jantung akibat over dosis obat atau minuman suplemen tertentu. .

SASARAN  1. Anak/anggota keluarga lansia. Lanjut Usia  2.  3. Sasaran Pembinaan KRL lainnya .

. Tujuan Umum Memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai Kesehatan Reproduksi Lansia (KRL).TUJUAN 1.

. Meningkatnya pengetahuan dan perilaku positif lansia tentang KRL b. Tujuan Khusus a. Terbinanya keharmonisan 3 generasi dalam kehidupan keluarga lansia. Meningkatnya pengetahuan dan perlakuan positif keluarga lansia dan masyarakat tentang KRL lansia. Terbinanya kehidupan harmoni suami-isteri sampai lansia/mati d. c.2.

SENIUM .FASE KESPRO LANSIA  A. MENOPOUSE  C. KLIMAKTERIUM  B.

KLIMAKTERIUM Klimakterium adalah masa sebelum dan sesudah menopause seorang wanita. Terjadi pada usia 40-55 tahun . dimana terjadi perubahan fisik maupun mental yang disebabkan terutama karena terjadinya penurunan hormonal secara pelan dan pasti pada wanita tersebut.

 kulit mulai keriput.Gejala fisiologis:  haid tidak teratur. dan  mengalami dispareunia (sakit saat bersenggama) karena produksi getah vagina berkurang .  rahim mengecil.

 kesepian. .  cemburu dan curiga pada suami.Gejala Psikologis :  cemas.  susah tidur.  gelisah.  berdebar-debar.  gampang lelah.  takut tanpa sebab.  mudah tersinggung.  merasa terasing.

mengalami penuaan indung telur. sehingga tidak sanggup memenuhi kebutuhan hormon estrogen  Menstruasi benar-benar tidak datang lagi pada wanita rata-rata setelah mencapai usia 50 tahun (dengan rentang usia antara 48 -52 tahun). .MENOPAUSE  Menopause adalah fase akhir dari masa reproduksi wanita yang terjadi secara alamiah. Dalam perjalanan hidupnya seorang wanita yang memasuki usia sekitar 45 tahun. Setiap wanita pasti mengalami masa menopause (Fitria. 2007).

Perubahan kejiwaan . Perubahan organ reproduksi  b.PERUBAHAN SAAT MENOPAUSE  a. Perubahan fungsi reproduksi  c.

(Pratiwi. 2005).GEJALA MENOPAUSE  Beberapa gejala menopause adalah timbul hot flushes atau hawa panas.  emosi berubah-ubah.  sulit tidur (insomnia).biasanya terjadi pada wajah atau kulit leher tetapi dapat pula terasa pada seluruh tubuh.  gampang tersinggung . .  minat melakukan hubungan seksual mulai menurun.  merasa pusing-pusing.

 cenderung mengurung diri. menggantung.  Kulit keriput.  payudara kendor. .  Tulang mengalami keropos (osteoporosis. Diikuti dengan keluhan psikis :  malu bertemu orang lain.TANDA LAIN MENOPAUSE  Tanda-tanda ini lazim dialami perempuan usia di atas 50/55 tahun.  kelainan pembuluh darah meningkat. mudah patah).

BAGAIMANA MENYIKAPINYA??  pengetahuan dan kesadaran tentang kehadiran menopause maupun pengetahuan tentang KRL pada umumnya. .

 Dalam keluarga yang rukun.BAGAIMANA MENYIKAPINYA??  keharmonisan dan adanya saling pengertian dalam keluarga. kesiapan menerima proses penuaan semakin besar tanpa terganggu gejala klinis yang berarti. . damai dan harmonis.

dagu dan leher. Hal itu dimaksudkan untuk merespon usia yang semakin bertambah. diikuti dengan kulit semakin tipis. agar tetap menarik dan membuat tampil lebih percaya diri. lapisan lemak bawah kulit menjadi longgar. sehingga keriput dan kering akan muncul di wajah. . makin sensitive terhadap sinar matahari.MENGHINDARI PENUAAN KULIT TERLALU CEPAT Wanita menopause dianjurkan untuk tetap menjaga kesegaran tubuh.

sehingga saat lemak bawah kulit berkurang atau menghilang tidak terlalu nyata.CARA MENGHAMBAT PROSES PENUAAN KULIT : a. Usahakan tubuh jangan terlalu gemuk. karena sinar ultraviolet dapat merusak kulit dan kemungkinan menimbulkan kanker kulit. Hindari sebanyak mungkin sinar matahari. . b.

(Manuaba. d. Meningkatkan aktivitas olah raga paling tidak seminggu tiga kali masing-masing sekitar 30 menit.LANJUTAN. 1999)... . melakukan massage (di salon kecantikan) dengan maksud memperlancar peredaran darah kulit sehingga keriput kulit tertahan. c. Massage dapat dilakukan sendiri termasuk memberikan pelembab kulit.

MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI MENOPAUSE  Makan-makanan bergizi  Konsumsi buah dan protein  Mengurangi stress  Tidak Rokok dan minum alkohol  Olah raga secara terukur dan teratur  Dukungan suami  Periksa kesehatan secara berkala .

Gejala psikosomatik menonjol.  Secara patologis terdeteksi dengan mudah terjadinya patah tulang terutama tulang paha sebagai akibat osteoporosis karena tulang tipis dan keropos. .SENIUM  Fase Senium dialami oleh wanita berumur di atas 60 tahun dengan kondisi mampu beradaptasi terhadap hidup tanpa estrogen.

 Penanganan kesehatan umum lansia sudah dilakukan pemerintah lewat berbagai program. antara lain : Bina Keluarga Lansia (BKL) Posbindu Lansia dan lainnya.KESIMPULAN  Pertumbuhan penduduk lanjut usia yang pesat selama beberapa dekade terakhir merupakan akibat dari semakin baiknya kualitas hidup manusia sehingga usia harapan hidup meningkat. .  Maka mulai saat sekarang. pelayanan Kesehatan Reproduksi Lansia(KRL) harus ditangani secara serius.

?? ..TERIMA KASIH Ada pertanyaan.