PENDIDIKAN KARAKTER

MEMBANGUN MENTAL (PRINSIP MALAIKAT)

 MATA KULIAH
PENDIDIKAN KARAKTER
NAMA     :  LIGA DWI R. / 04.2016.1.02928
AHMAD AL HAFIDZ  / 04.2016.1.02931
ADE SETYA WIJAYANTI / 04.2016.1.02932
BAYU PRATAMA P.  / 04.2016.1.02933
JURUSAN:ARSITEKTUR
 
DOSEN
NURIL HUDA, M.Pd.I
INSTITUT TEKNOLOGI ADHITAMA SURABAYA
2016

oleh karena itu materi ini sangat bermanfaat untuk kita semua agar menjadi manusia yang dulunya tersesat dalam dunia yang sangat fana ini menjadi manusia yang insya allah menjadi manusia yang lebih baik lagi dan selalu mengingat Allah swt pada setiap waktunya. . BAB I PENDAHULUAN • LATAR BELAKANG Karena materi tentang Membangun Mental (Prinsip Malaikat) adalah hal yang penting untuk menjadi seorang pribadi yang benar-benar bermental sempurna.

karena jika manusia itu tidak bisa mengubah dirinya menjadi lebih baik lagi maka orang itu sudah benar-benar kehilangan mentalnya. .• RUMUSAN MASALAH Masalah yang didapatkan pada materi ini yaitu ada pada seorang manusianya itu sendiri.

• Mengatahui prinsip-prinsip malaikat tentang cara membangun mental . • Mempelajari arti pentingnya makna mental dalam hidup kita.• TUJUAN • Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah : • Agar menjadi seorang pribadi yang benar-benar bermental sempurna.

Itu merupakan prinsip mendahulukan memberi. artinya adalah melakukan sesuatu yang tidak akan merugikan orang lain. Itu keteladanan dari malaikat yang dapat kita ambil. malaikat adalah makhluk mulia yang sangat dipercaya oleh Allah swt.” –Q. Sesuai dengan firman diatas yang manyatakan bahwa malaikat memang memiliki prinsip-prinsip malaikat. Mempunyai prinsip abadi yaitu hanya berpegang kepada Allah swt. Menyatakan janji adalah hal yang mudah. Menepati janji adalah satu langkah emas untuk memperoleh kepercayaan.S. mengawali dan menolong. Yang selanjutnya yaitu berkomitmen dan saling percaya. . Yang pertama dipelajari pada keteladanan malaikat. 21 surat al anbiyaa’ [ para nabi] ayat 27. Dengan mengucap bismillah setiap kali akan melakukan pekerjaan. BAB II PEMBAHASAN • PRINSIP MALAIKAT “ Tiadalah mereka [malaikat ] mendahului [-nya] berbicara. mengawali dan menolong. mereka [hanya] bertindak adas perintah- nya. untuk menjalankan perintah-nya. Yang kedua kebiasaan memberi.

seorang pemimpin yang mempunyai integritas akan mendapatkan kepercayaan dari pegawainya. INTEGRITAS DAN LOYALITAS. mereka tahu apa yang kamu lakukan.S. . Lawan dari integritas adalah hipocrisy (hipokrit atau munafik). diadakan penjagaan diatasmu. 82 Surat Al Infithaar. yang menuliskan. Dalam etika. “Dan sungguh. Mudahnya.A). Integritas adalah adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. integritas menjadi karakter kunci bagi seorang pemimpin. ciri seorang yang berintegritas ditandai oleh satunya kata dan perbuatan bukan seorang yang kata- katanya tidak dapat dipegang. Definisi lain dari integritas adalah suatu konsep yang menunjuk konsistensi antara tindakan dengan nilai dan prinsip. ayat 10-12]. integritas diartikan sebagai kejujuran dan kebenaran dari tindakan seseorang.” [Q. yang mulia.

Sedangkan loyalitas jika diartikan secara bebas. sedangkan loyal didefinisikan sebagai tindakan memberi atau menunjukkan dukungan dan kepatuhan yang teguh dan konstan kepada seseorang atau institusi. Sementara itu. Loyalitas merupakan suatu hal yang bersifat emosional. kamus besar bahasa indonesia menerangkan pengertian loyalitas sebagai kepatuhan atau kesetiaan. untuk bisa mendapatkan sikap loyal seseorang. Sikap loyal dapat diterapkan oleh setiap orang dalam berbagai hal. terdapat banyak faktor yang akan memengaruhinya. pengertian loyalitas menurut oxford dictionary adalah mutu dari sikap setia (loyal). .

KEBIASAAN MEMBERI.B). • Kebiasaan memberi dalam hal ini bukan kebiasaan memberi dalam artian memberi materi melainkan berupa perkataan dan tindakan seperti : • Memberikan penghargaan kepada orang lain • Memberi perhatian yang tulus kepada orang lain • Mau mendengarkan orang lain berbicara • Menbuat orang lain menjadi penting di hadapan kita • Mau mengakui kesalahan • Suka memuji orang lain • Mengucapkan salam • Berusaha mengerti perasaan orang lain . MENGAWALI DAN MENOLONG.

Komitmen merupakan pengakuan seutuhnya. komitmen sering dikaitkan dengan tujuan. dan semangat kerja. . baik yang bertujuan positif maupun yang yang bertujuan negatif. sebagai sikap yang sebenarnya yang berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang. hal ini ditandai dengan peningkatan kualitas phisik dan psikologi dari hasil kerja. KOMITMEN Komitmen adalah janji pada diri kita sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen akan mendororong rasa percaya diri.C). Komitmen mudah diucapkan. menjalankan tugas menuju perubahan ke arah yang lebih baik. namun lebih sukar untuk dilaksanakan. mengiyakan sesuatu dan akan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab adalah salah satu sikap komitmen.

Genggam erat tangannya serta ucapkan salam. ini bukan kata-kata seperti salam “selamat pagi” ataupun “selamat malam”. Apabila pelaksanaan sinergi belum terwujud. (allah) maha pemurah akan mengaruniai mereka kasih sayang. Dengan prinsip basmallah.:maryam 19:96) Saat mengucap “Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh” kepada orang lain. ketika mengucapkan kata “semoga” sebuah makna “saya berharap” memancar daripadanya.D). tetapi haruslah datang dengan niat untuk bersinergi dengan orang lain. Tataplah kedua matanya. . SALAM KOMITMEN DAN SALING PERCAYA “Mereka yang beriman dan melakukan amal kebaikan. biarkan ia melihat ketulusan salam anda.” (Q. saat itulah anda mendapatkan energi dari hatinya untuk mulai saling percaya. sesungguhnya memiliki arti : semoga Allah memberikan keselamatan dan rahmat kepada anda. berarti sebuah ajakan untuk melakukan sinergi hati. saling percaya dan saling membantu. paling tidak telah tersurat rasa empati yang merupakan landasan dari hubungan saling percaya. Assalamu’alaikum adalah seuntai kata bermakna janji persaudaraan. berharap secara bersungguh-sungguh agar ia mendapat keselamatan serta berkah.S.

” Q. Tidak ada yang memerintahkan dia untuk mengucapkan kata terima kasih.HASIL ANGEL PRINCIPE . . 13 surat ar ra’d ayat 11. Mengucapkan suatu penghargaan kepada orang lain yang sama sekali tidak ia kenal .S. Allah tiadakan mengubah [nikmat yang dilimpahkan-nya kepada] sesuatu kaum . komitmen yang kuat . jika tiada mereka mengubah keadaan nya sendiri. memiliki kebiasaan untuk mengawali dan memberi . sungguh . Suatu tindakan yang didorong oleh suara hati yang tulus.PRINSIP MALAIKAT. di depannya dan di belakangnya.suka menolong dan memiliki sikap saling percaya. Adalah seseorang yang memiliki tingkat loyalitas tinggi .”Bagi [ orang demikian ] ada [ malaikat ] yang [ mengikutinya ] bergiliran . Mereka menjaganya atas perintah Allah. mungkin tidak akan ketemu lagi dengannya.

JUJURLAH PADA SETIAP KOMUNIKASI Melatih kejujuran dalam komunikasi berarti mengatakan apa yang akan anda lakukan dan kemudian melakukannya. • B. Ketika anda berkata jujur kepada orang lain mengenai kewajiban anda dan mengapa sesuatu dapat (atau tidak dapat) terjadi pada waktu yang dijanjikan.TIPS MEMBANGUN MENTAL PRINSIP MALAIKAT • A. Cobalah untuk tidak selalu (memberi janji) menyenangkan orang lain. bila anda tidak menindaklanjuti janji – janji anda. .BUAT JANJI DAN TEPATI Janji merupakan bagian dari sebuah keputusan. mereka akan mengerti. sebuah tanggung jawab yang anda pilih untuk dijalankan. Orang – orang tahu bahwa kehidupan penuh dengan tantangan. anda akan kehilangan fokus bahkan mungkin gagal untuk memenuhi tanggung jawab anda pada waktu yang sudah ditentukan. Hal ini akan menyebabkan hilangnya integritas dan gagalnya menjaga hubungan baik.

MENGHAPUS SIKAP TERTUTUP Malu bertanya sesat di jalan. Mereka yang terbuka akan mudah bergaul dan mendapat banyak teman. • C. Saya menemukan bahwa membuat list dan alarm pada telepon selular membuat saya tetap berada pada jalur yang tepat. • D.TETAP FOKUS Pernahkah anda menyadari bahwa ketika perawatan pribadi anda hilang. pada akhirnya akan memunculkan rasa saling percaya satu sama lain. maka segala sesuatunya menjadi kacau? menemukan keseimbangan dalam hidup untuk menjaga diri anda sendiri. rumah tangga anda. Peribahasa tua ini telah mengajarkan kita untuk selalu berjuang menjadi orang yang berterus terang demi mengatasi persoalan dan kesulitan yang kita hadapi. . dan bisnis anda sangat sulit. memilih berteman dengan mereka yang extrovert akan mudah memberikan ide-ide dan timbullah keakraban antar individu yang membuat mereka nyaman saat berbincang. Bila kita mendiamkan kesulitan kita maka kita akan mendapat kesulitan yang jauh lebih besar.

. mempunyai prinsip abadi yaitu hanya berpegang kepada Allah swt. Menepati janji adalah satu langkah emas untuk memperoleh kepercayaan. mengawali dan menolong. Itu keteladanan dari malaikat yang dapat kita ambil. Yang selanjutnya yaitu berkomitmen dan saling percaya. Itu merupakan prinsip mendahulukan memberi.berikut adalah ulasan tentang prinsip-prinsip itu. Seberat apapun tugas itu pasti akan dikerjakannya. dengan mengucap bismillah setiap kali akan melakukan pekerjaan. KESIMPULAN Malaikat adalah makhluk mulia yang sangat dipercaya oleh Allah untuk menjalankan perintah-nya. artinya adalah melakukan sesuatu yang tidak akan merugikan orang lain. BAB III PENUTUP A. Selalu mengerjakan tugasnya dengan disiplin tanpa mengenal lelah. Menyatakan janji adalah hal yang mudah. mengawali dan menolong. Yang kedua kebiasaan memberi.

oleh karena itu kami harapkan krtik dan saran dari dosen dan pembaca sekalian yang sifatnya membangun.B. SARAN Sepenuhnya kami menyadari bahwa banyak kekurangan dalam makalah ini. .

kompasiana.com/arivinza/membangun-kecerdasan-emosi-dan- spiritual-melalui-esq-bag-2_55100d30813311bf2cbc69c5 .kompasiana. DAFTAR PUSTAKA • Selengkapnya : http://www.com/1b3las-mk/marilah-kita-membangun-sikap-saling- percaya-satu-sama-lain_55282d7f6ea8348c588b457f • Selengkapnya : http://www.