You are on page 1of 13

SP 2 : NYERI DADA

Angina Pektoris
I Nengah Rama Adi Suputra
1670121035
SGD 5 1

TUJUAN Mengetahui penyebab nyeri dada Mengetahui ciri nyeri dada karena jantung Mengetahui pengertian angina pektoris Mengetahui jenis dari nyeri dada yang disebabkan angina pektoris Mengetahui patofisiologi angina pectoris .

gastroesofageal. dan psikologis 3 . Penyebab Nyeri Dada Penyebab utama dari nyeri dada akut bias meliputi kardiak. muskuloskeletal. pulmonal.

Angina Pectoris 4 .

Angina pektoris adalah nyeri dada intermiten yang disebabkan oleh iskemia miokardium sementara dan reversible dan merupakan petunjuk ke arah penyakit jantung koroner 5 .

6 .

Angina Pectoris Terdapat tiga varian yang telah diketahui yaitu : Angina tipikal atau stabil Angina Prinzmetal Angina tak stabil (angina kresendo) 7 .

Bisa timbul waktu istirahat. 8 . Class IV. 2. Aktivitas sehari-hari agak terbatas. Aktivitas sehari-hari nyata terbatas. Class I. Class III. 4. Angina tipikal atau stabil Gradasi beratnya nyeri dada ini telah dibuat oleh “Canadian Cardiovascular Society” sebagai berikut: 1. Nyeri dada baru timbul pada saat beraktivitas lebih dari biasanya. Class II. 3.

Angina Prinzmetal (Varian) Terjadi pada saat istirahat dan disebabkan oleh spasme arteri koronaria 9 .

Angina tak stabil (angina kresendo) Beratnya angina : Kelas I : Angina yang berat untuk pertama kali Kelas II : Angina pada waktu istirahat dan terjadinya subakut dalam 1 bulan Kelas III : Adanya serangan angina waktu istirahat dan terjadinya secara akut (dalam waktu 48 jam) 10 .

Keadaan Klinis: Kelas A : Angina tak stabil sekunder. tak ada faktor ekstra kardiak Kelas C : Adanya yang timbul setelah serangan infark jantung 11 . infeksi lain atau febris Kelas B : Angina tak stabil yang primer. karena adanya anemia.

Refrensi Abbas. Diakses pada : http://academicjournal.yarsi..id Pada tanggal 12 Juni 2017 12 . Robbins basic pathology 9th ed. & Robbins. L. S. C. A.. 2013. S. Elsevier Saunders. Kumar. 2012 Mencari Penyebab Nyeri Dada?: Kardiak dan Nonkardiak. V. J. H..ac. K. Aster. Philadelphia Rampengan.

SUKSMA 13 .