Tujuan Pembelajaran
Tujuan Umum Pembelajaran
Setelah mengikuti materi, peserta latih mampu :
menjelaskan Penggunaan Alat Pelindung Diri
Tujuan Khusus Pembelajaran
 Menjelaskan definisi Alat Pelindung Diri
 Menjelaskan Jenis – jenis APD
 Menjelaskan tujuan penggunaan APD
 Menjelaskan Indikasi penggunaan APD

Pokok Bahasan
 Pendahuluan
 Definisi APD
 Jenis – Jenis APD
 Tujuan penggunaan APD
 Indikasi Penggunaan APD

 Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD)
merupakan salah satu bagian dari
kewaspadaan standar.

 Penggunaan APD perlu pengawasan
karena dengan penggunaan APD yang
tidak tepat akan menambah cost

membrane mukosa dari paparan darah. kemikal. sekresi dan eksresi dan permukaan lingkungan yang terkontaminasi .Alat Pelindung Diri (APD) adalah pakaian khusus atau peralatan yang dipakai petugas untuk memproteksi diri dari bahaya phisikal. biologis/bahan infeksius (OSHA) Merupakan seperangkat alat kesehatan yang dipakai untuk melindungi kuli tubuh. cairan tubuh.

JENIS – JENIS APD  Pelindung Kaki / Sepatu  Gaun  Topi  Pelindung Wajah  Pelindung Mata  Sarung tangan. .

 Meningkatkan keamanan petugas di lingkungan fasilitas pelayanan kesehatan melalui penggunaan APD yang tepat  Memberikan informasi tentang pemilihan dan penggunaaan APD yang efektif dan efisien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan  Praktikal bagaimana aman pemakaian APD dan melepas APD .

Untuk melindungi kulit tubuh. membrane mukosa dari paparan darah. cairan tubuh. sekresi dan ekskresi dan permukaan lingkungan yang terkontaminasi .

 Kaji risiko kontaminasi ke petugas  Kaji risiko kontaminasi dari petugas ke pasien .

. Sendiri atau Kombinasi Aplikasi penggunaan APD tenaga kesehatan ditentukan interaksi nakes ke pasien dan antisipasi penyebaran darah. cairan tubuh atau paparan patogen.

memakai sarung tangan sambil menulis dan menyentuh permukaan lingkungan tidak direkomendasikan . Gunakan Alat Pelindung Diri sesuai indikasi  jika melakukan tindakan yang memungkinkan tubuh atau membran mukosa terkena atau terpercik darah atau cairan tubuh atau kemungkinan pasien terkontaminasi dari petugas  Segera melepas Alat Pelindung Diri jika tindakan sudah selesai  Menggantung masker di leher.

Tujuan pemakaian sepatu pelindung melindung kaki petugas dari tumpahan/ percikan darah atau cairan tubuh lainnya dan mencegah dari kemungkinan tusukan benda tajam atau kejatuhan alat kesehatan 5-12 .

Tujuan pemakaian gaun Melindungi baju petugas dari kemungkinan paparan atau percikan darah atau cairan tubuh. ekskresi atau melindungi pasien dari paparan pakaian petugas pada tindakan steril Tipe gaun  Gaun pelindung tidak kedap air  Gaun pelindung kedap air  Gaun steril  Gaun non steril 5-13 . sekresi.

seperti:  Membersihkan luka  Tindakan drainase  Menuangkan cairan terkontaminsai kedalam lubang pembuangan/WC/toilet  Menangani pasien perdarahan masif  Tindakan bedah  Perawatan gigi  Segera ganti gaun/pakaian kerja jika terkontaminsai cairan tubuh pasien (darah) . Tindakan atau penangan alat yang memungkinkan pencemaran/kontaminasi pada pakaian petugas.

Petugas Mencegah kulit petugas kontak dengan percikan darah dan cairan tubuh pasien Pasien Mencegah kontak mikroorganisme dengan tangan. tubuh dan pakaian petugas kepada pasien .

5-16 .Tujuan penggunaan penutup kepala /topi adalah mencegah jatuhnya mikroorganisme yang ada di rambut dan kulit kepala petugas terhadap alat- alat daerah steril dan juga sebaliknya untuk melindungi kepala/rambut petugas dari percikan bahan-bahan dari pasien.

Petugas Terhindar dari paparan/percikan darah dan cairan tubuh Pasien Mencegah jatuhnya mikroorganisme dari rambut dan kulit petugas kepada pasien .

seperti: Tindakan Operasi Pemasangan kateter vena sentral Pertolongan persalinan .Tindakan yang memerlukan area steril yang luas.

cairan tubuh. ekskresi Pelindung wajah meliputi Masker Kaca mata/goggles Face shields/visor 5-19 .Tujuan pelindung wajah melindungi membrane mukosa hidung.mulut. sekresi. dan mata dari paparan darah.

pelindung mata dan wajah jika melakukan tindakan yang memungkinkan tindakan tersebut dapat memungkinkan membrane mukosa mata. pelindung mata dan wajah – Pakai masker. cairan tubuh – Segera lepas setelah selesai melakukan tindakan . hidung dan mulut terkena percikan darah.Masker.

sekresi.Melakukan tindakan yang memungkinkan membrane mukosa (mulut. ekskresi .selaput lendir hidung) terpapar darah.mata. cairan tubuh.

batuk . bersin .Petugas Mencegah membran mukosa petugas terkena kontak dengan percikan darah dan cairan tubuh pasien Pasien Mencegah kontak droplet dari mulut dan hidung petugas yang mengandung mikroorganisme saat bicara.

Tujuan: Melindungi tangan dari paparan dengan darah. mukosa. ekskreta. sekret. cairan tubuh. kulit yang tidak utuh dan benda yang terkontaminasi .

lainnya . Sarung tangan steril  Sarung tangan bersih  Sarung tangan rumah tangga  Single use or re useable Bahan gloves/sarung tangan ----vinyl. nitrile. latex.

dan benda yang terkontaminasi . sekret. kulit yang tidak utuh. cairan tubuh. selaput lendir pasien. ekskreta. Melakukan tindakan yang terpapar atau diperkirakan akan terjadi paparan dengan darah.

cairan tubuh. Petugas Mencegah kulit tangan terpapar dengan darah. ekskresi dan permukaan lingkungan /benda yang terkontaminasi  Pasien Mencegah kontak mikroorganisme dari tangan petugas .sekresi.

 Alat pelindung diri harus tersedia siap pakai di setiap ruangan  Sekali pakai untuk setiap tindakan dan setiap pasien  Setiap APD yang terlihat ternoda masif harus segera diganti  APD yang sudah dipakai ditempatkan pada kontainer yang sudah tersedia sesuai alatnya  Setiap selesai tindakan APD harus segera dilepas .

.

.

.

.

.

.

Petugas kesehatan di ruang ICU .

Ruang ICU Ruang CSSD .

.

.

stiker  Tidak ada monev. audit. Tidak ada pedoman penggunaan APD  Tidak ada kebijakan penggunaan APD  Tidak ada SOP penggunaan APD  Kurangnya pengetahuan penggunaan APD  Kurangnya sosialisasi  Kurangnya poster. feedback  APD tidak tersedia .

 Pedoman  Audit  Kebijakan  Feedback  SOP  Kampanye  Diklat  Poster  Sosialisasi  Stiker  Penyediaan APD  Lomba kepatuhan  Monev  Tersedia sarana .

Topi. Sarung tangan.Kesimpulan  APD adalah bagian dari Kwaspadaan Standar  Jenis – jenis APD meliputi Pelindung kaki.  Indikasi Penggunaan APD untuk melindungi kulit tubuh. cairan tubuh. Pelindung wajah dan mata. membrane mukosa dari paparan darah. sekresi dan ekskresi dan permukaan lingkungan yang terkontaminasi. . Gaun.

com .costypandjaitan@yahoo.