You are on page 1of 10

TUGAS

GEOGRAFI
PENCEMARAN TANAH
XI IPS 1

NAMA KELOMPOK
Azwita Sukma
Indah Sari
Nova Efriana
Shintia Mellinda
Suprianto

Kelompok 3

. Zat ini beracun ini berdampak bagi manusia atau dapat mencemari air. maka ia dapat menguap. Pencemaran tanah 1. tersapu air hujan atau masuk kedalam tanah. Proses Pencemaran Tanah Ketika suatu zat berbahaya atau beracun telah mencemari permukaan tanah. Pengertian Pencemaran Tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. tanah dan udara. 2. Pencemaran yang masuk kedalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimiaberacun ditanah.

Limbah Pertanian a) Pupuk Sintetik : Pupuk Urea dan Pestisida. dan Cat. 3. Arsen dan Boron. Serat. 2. Deterjen. Oli. PENYEBAB PENCEMARAN TANAH 1. Limbah Industri a) Limbah Cair : Tembaga. Keramik. . Perak. Khrom. Kaleng dan bekas bangunan. Limbah Domestik a) Limbah Padat : Plastik. b) Limbah Cair : Tinta. Timbal.

. Timbal sangat berbahaya pada anak-anak karena menyebabkan kerusakan otak. iritasi mata dan ruam kulit. letih. jalur masuk kedalam tubuh dan kerentanan populasi yang terkena. berbagai macam pestisida dan herbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. Dampak pencemaran tanah 1. pusing. Kromium. Lingkungan Pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. Hal ini dapat menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman dimana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi. sakit kepala. 2. Kesehatan Pada kesehatan tergantung. ginjal.

In-Situ : pembersihan Bertujuan untuk memecah atau dilokasi. Remediasi 2. mendegradasi zat pencemaran 2.Penanganan pencemaran Lingkungan 1. Bakteri). (karbondioksida dan air). mikroorganisme (jamur. . Off-Site : penggalian tanah menjadi bahan yang kurang yang tercemar dan kemudian beracun atau tidak beracun dibawa kedaerah yang aman. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses Remediasi adalah kegiatan pembersihan pencemaran tanah untuk membersihkan permukaan dengan menggunakan tanah yang tercemar. 1.

atau diuraikan oleh mikroorganisme. sampah-sampah dalam tanah sebelum dibuang kesungai atau secara tertutup dan terbuka. kompos atau pupuk. Mengurangi pencemaran tanah a) Sampah organik yang dapat membusuk atau diuraikan oleh c) Pengolahan terhadap limbah mikroorganisme antara laindapat industri yang mengandung logam dilakukan dengan mengukur berat yang akan mencemari tanah. e) Usahakan membuang dan sampah yang tidak bisa dibakar memakai detergen berupa senyawa bisa dipotong menjadi partikel. kemudian dikubur. ketempat pembuangan agar kemudian dapat diolah sebagai dilakukan proses pemurnian. organik yang dapat dimusnahkan partikel kecil. d)Penggunaan pupuk. mikroorganisme dapat dibakar. . pestisida tidak b) Sampah senyawa organikatau digunakan secara sembarangan senyawa anorganik yang tidak namun sesuai dengan aturan dan dapt dimusnahkan oleh tidak sampai berlebihan.

Ciri-ciri tanah yang tercemar Tanah tidak subur. Berbau busuk. . Kering. Mengandung sampah anorganik. Mengandung logam berat. pH dibawah 6 (tanah asam) atau pH diatas 8 (tanah basa).

Trayek pH minimial 6. Tidak mengandung logam berat. Tidak berbau busuk. Tidak kering.Ciri-ciri tanah yang tidak tercemar Tanahnya subur. . memiliki tingkat kegemburan yang normal. maksimal 8. Tidak mengandung sampah anorganik.

Gambar pencemaran tanah .

Thank You .