You are on page 1of 13

HUKUM DAN

ETIKADALAM BISNIS

Hukum adalah seperangkat kaidah atau peraturan yang dibentuk baik oleh masyarakat maupun pihak lain yang memiliki otoritas dan diakui dalam masyarakat yang tersusun dalam suatu sistem. . jika kaidah atau peraturan ini dilanggar akan memberikan kewenangan bagi pemegang otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi yang sifatnya memaksa. yang berfungsi untuk mengatur tingkah laku manusia atau masyarakat dan untuk menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia atau masyarakat dalam hidup bermasyarakat.

hukum juga mempunyai sumber-sumber. Selain itu hukum juga memiliki ciri-ciri.Sanksi terhadap pelanggar peraturan itu tegas.Peraturan itu diadakan oleh badan-badan resmi.Hukum itu terdiri dari beberapa unsur. . yaitu : Peraturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat. yaitu: Undang-undang. Keputusan Hakim yang telah mempunyai kekuatan tetap (yurisprudensi). Perintah dan/atau larangan itu harus patuh ditaati oleh setiap orang. d. Pendapat parta sarjana/pakar Hukum (doktrin). c. yang berwenang. Perjanjian-perjanjian Internasional (traktat). Disamping itu. b. yaitu : Adanya perintah dan/atau larangan. Peraturan itu bersifat memaksa. Kebiasaan.

Menurut bentuknya Hukum dapat dibagi dalam : 1) Hukum Tertulis 2) Hukum Tidak Tertulis (hukum kebiasaan dan hukum adat) b. Menurut isinya.Selanjutnya dari bentuknya Hukum dapat dibagi atas : a. hukum dapat dibagi dalam : 1) Hukum Privat (Hukum Sipil/Hukum Perdata) Yang masuk dalam Hukum Privat ini adalah : a) Hukum Perdata. dibagi atas : 1) Ius Constitutum (Hukum Positif 2) Ius Constituendum 3) Hukum Alam c. dan lain-lain . dan b) Hukum Dagang 2) Hukum Publik (Hukum Negara) Yang masuk dalam hukum publik : a) Hukum Tata Negara b) Hukum Administrasi Negara c) Hukum Pidana d) Hukum Pajak e) Hukum Perburuhan f) Hukum Publik Internasional. Menurut waktu berlakunya.

kata “bisnis” diartikan sebagai keseluruhan kegiatan usaha yang dijalankan oleh orang atau badan (hukum) secara teratur dan terus menerus. diperuntungkan. BISNIS • Secara luas. yaitu berupa kegiatan mengadakan barang-barang atau jasa-jasa maupun fasilitas-fasilitas untuk diperjualbelikan. atau disewakan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. .

sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Stbl 1938 No. . Kata ’Bisnis’ dipinjam dari Bahasa Inggris yaitu business. usaha atau melakukan kegiatan yang bermanfaat yang mendatangkan keuntungan dan berguna.276. Kegiatan yang demikian di Indonesia dikenal dengan istilah dagang. HUKUM BISNIS • Istilah Hukum Bisnis merupakan sesuatu yang masih baru di Indonesia. yang artinya urusan.

metodis. ETIKA • Etika merupakan ilmu dan termasuk cabang dari filsafat yang paling tua sejak zaman yunani kuno. Etika adalah refleksi kritis. . dan sistematis tentang tingkah laku manusia sejauh berkaitan dengan norma-norma atau tentang tingkah laku manusia dari sudut baik.

Untuk memahami hak-hak dan kewajibannya dalam praktik bisnis. 3. Agar terwujud watak dan perilaku aktivitas dibidang bisnis yang berkeadilan. 2. . wajar. FUNGSI HUKUM BISNIS 1. Sebagai sumber informasi yang berguna bagi praktisi bisnis. sehat dan dinamis (yang dijamin oleh kepastian hukum).

KUH Dagang yang Belum Banyak Diubah • 2. KUH Dagang yang Sudah Banyak Berubah • 3. KUH Perdata yang Belum Banyak Berubah • 5. KUH Perdata yang Sudah Diganti dengan Perundang- undangan yang Baru • 7. HUKUM BISNIS DI INDONESIA • dasar hukum dari hukum bisnis di Indonesia yang tertulis adalah sebagai berikut: • 1. KUH Perdata yang Sudah Banyak Berubah • 6. Perundang-undangan yang Tidak Terkait dengan KUH Dagang maupun KUH Perdata . KUH Dagang yang Sudah Diganti dengan Perundang- undangan yang Baru • 4.

. Bisnis jangan dicampuradukkan dengan etika” ini merupakan mitos atau anggapan orang bisnis . Perangkat legal-politis ini terdiri dari aturan hukum yang mengatur kegiatan bisnis semua pihak secara fair dan baik disertai dengan sebuah sistem pemerintahan yang adil dan efektif dalam menegakan aturan bisnis yang fair di atas. ETIKA BISNIS Bisnis sebagai sebuah profesi yang etis adalah prinsip- prinsip etis untuk berbisnis yang baik dan etis itu. dan lingkungan kerjanya. tentang dirinya. Perangkat legal-politis yang kondusif untuk bisnis. kegiatannya. sejauh mereka menerima mitos seperti itu. “Bisnis adalah bisnis.

Dalam ilmu empiris. Kedua.beberapa argument yang mau memperlihatkan bahwa bisnis tidak ada hubungannya dengan etika. pemberitaan. orang yang masih memperhatikan etika dan moralitas akan kalah dan tersingkir denga sendirinya. aturan yang dipakai bisnis berbeda denga aturan kehidupan sosial pada umumnya. ditengah persaingan bisnis yang ketat. . Ketiga. Keempat. cenderung menghalalkan segala cara demi memperoleh keuntungan. etika harus dibedakan dari ilmu empiris. Kelima. surat pembaca. Pertama. dan berbagai aksi protes yang terjadi dimana-mana (khususnya di dunia barat) untuk mengecam berbagai pelanggaran dalam kegiatan bisnis atau mengecam berbagai kegiatan bisnis yang tidak baik. Bisnis sebagaimana permainan penuh persaingan ketat lainnya. suatu gejala atau fakta yang berulang terus dan terjadi di mana-mana menjadi alas an yang sah bagi kita untuk menarik sebuah teori atau hukum ilmiah yang sah dan berlaku universal.

Perubahan nuansa perkembangan dunia itu menuntut segera dibenahinya etika bisnis. . tentu bisnis tunduk pada norma-norma yang ada pada masyarakat. Pasalnya. Hubungan ini tidak hanya dalam satu negara. Tata hubungan bisnis dan masyarakat yang tidak bisa dipisahkan itu membawa serta etika-etika tertentu dalam kegiatan bisnisnya. tetapi meliputi berbagai negara yang terintegrasi dalam hubungan perdagangan dunia yang nuansanya kini telah berubah. baik etika itu antara sesama pelaku bisnis maupun etika bisnis terhadap masyarakat dalam hubungan langsung maupun tidak langsung. Dengan memetakan pola hubungan dalam bisnis seperti itu dapat dilihat bahwa prinsip-prinsip etika bisnis terwujud dalam satu pola hubungan yang bersifat interaktif. kondisi hukum yang melingkupi dunia usaha terlalu jauh tertinggal dari pertumbuhan serta perkembangan dibidang ekonomi. PENTING NYA ETIKA DALAM DUNIA BISNIS Sebagai bagian dari masyarakat.

. yaitu kata “hukum” dan “bisnis”. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan. Etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi. • Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. KESIMPULAN • Istilah hukum bisnis itu terdiri dari 2 kata. dan perilaku bisnis. institusi. Dimana banyak sudah diberikan kepada kata “hukum” meskipun tidak ada satu definisi pun yang dapat dikatakan lengkap dan menggambarkan apa arti hukum secara utuh.