You are on page 1of 17

Arsitektur Mesopotamia .

sungai”.Mesopotamia terletak diantara dua sungai yaitu sungai Efruat dan sungai Tigris. Nama Mesopotomia sendiri berasal dari dua kata. sambil berternak mereka juga bercocok tanam dan berpindah-pindah kedaerah yang subur. daerah mesopotomia yang subur tersebut seringkali mendapat serangan dari luar. . yaitu mesos yang berarti tengah dan potamus yang berarti sungai. Penduduknya termasuk rumpun bangsa Semit (kulit putih). yang dalam bahasa Yunani berarti” daerah di antara sungai. yang saat ini menjadi Republik Islam Irak. akibatnya daerah Mesopotomia seringkali dikuasai beberapa bangsa silih berganti.

. Selain itu bangsa Sumeria juga membangun sebuah bangunan yang bernama Ziggurat. Kehidupan ekonomi bangsa sumeria yaitu antara lain berternak. SUMERIA ZIGGURAT Bangsa yang pertama kali mendiami bangsa Mesopotamia adalah bangsa Sumeria.I. Kebudayaan yang terdapat pada bangsa Sumria yaitu mereka sudah membuat penanggalan yaitu dibagi dalam jam. menit dan detik.berdagang dan juga bertani.

Ekonomi bangsa Akkadian bersumber pada sistem pertanian.II AKKADIAN orang-orang Akkadian termasuk kedalam rumpun semit yang berasal dari padang pasir di utara Mesopotomia. Bangsa Akkadian mengambil dan meniru semua hasil kebudayaan dari bangsa Sumaria .

III AMORIT (BABILONIA)  Sistem pemerintahan dan hukum kekuasaan tertinggi dalam Babilonia lama berada di tangan Raja.  Sistem perekonomian sebagian besar masyarakat babilonia bermata pencarian sebagai petani.  Sistem kepercayaan sistem kepercayaan bangsa Babilonia adalah bersifat Politeisme atau menyembah banyak Dewa. Raja mempunyai kekuasaan yang mutlak. Cara pertanian mereka sudah menggunakan pupuk dan perairan yang teratur. Undang-undang hammurabi yang dipahat di atas tugu setinggi 8 kaki .  Ilmu pengetahuan Babiloniameninggal sebuah kitab undang-undang yang tertua di dunia yang dikenal dengan Kitab Hammurabi.

IV ASSIRIA  Sistem Pemerintahan Assiria merupakan negara militer yang kuat dan ditaktor. Pengolahan tanah pada saat itu sudah menggunakan bajak yang ditarik oleh sapi.  Sistem Kepercayaan Sistem kepercayaan bangsa Assiria adalah poliiteisme yaitu menyembah banyak dewa.  Sistem perekonomian Sebagian besar masyarakat Assiria dari usaha pertanian. Raja juga merangkap sebagai kepala keagamaan. . Pada masa itu juga telah dilaksanakan hukum mati dan hukum pancung dalam mengadili tindak kejahatan. Dewa yang paling tinggi adalah dewa matahari (Assur). Raja merupakan kekuasaan yang mutlak dalam pemerintahan.

 Kesenian dan Ilmu pengetahuan  Perpustakaan Assurbanipal perpustakaan ini menyimpan 22. Diantaranya ada yang berjudul Gilgamesy yang berisi cerita pencipta langit Perpustakaan Assurbanipal dan terjadinya banjir besar .000 tanah liat dengan tulisan paku.

Inilah lambang kerejaan Assiria. Patung pada pintu gerbang masuk istana terdapat dua lembu ekor jantan bersayap dan berkepala manusia. . Patung Assiria Seni-seni patung Assiria sangat indah.

Ia juga membangun Taman Gantung. seorang raja Kaldea beranama Nabopolasar mengambil alih kekuasaan ia memproklamasikan kemerdekaan Babilonia. Nebudkhadnezzar membangun Gerbang Ishtar dinding besar sekeliling kota.V Bangsa Khaldea(babilonia baru) Tahun 626 SM. dan anaknya yang bernama Nabudkanezar mengusir orag Mesir. dan menamakan gerbang utama menurut nama Dewi Ishtar. yaitu taman yang berada di atas kota. Taman Gantung .

Eufrat dan Tigris. Geografi Mesopotamia terleta k di antara dua sungai besar.Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Arsitektur Mesopotamia A. . yang dalam bahasa Yunani berarti "(daerah) di antara sungai- sungai. Daerah yang kini menjadi Republik Irak itu di zaman dahulu disebut Mesopotamia.

. Atau sekarang disebut juga dengan batu bata. Ukuran batu bata pada saat itu lebih besar dari batu bata dijaman modern ini. Geologi Ditanah Mesopotamia tidak kaya akan bahan kayu dan batu alam.B. yaitu dengan ukuran panjar lebar 40 cm x 40 cm dan tebal 5 – 10 cm. Oleh karena itu mereka membuat bahan bangunan dari tanah liat yang dibakar dan diberi glasur.

Iklim presipitasi terendah dibulan februari. presipitasipaling besar terlihat pada juni. C. dengan rata-rata 53 mm. dengan rata-rata 100mm Grafik Iklim Mesopotamia .

. Agama Agama memiliki peran yang sangat penting sejak peradaban Mesopotamia terlihat dari pengaruhnya terhadap semua aspek kehidupan seperti organisasi pemerintahan dan masyarakat. Ciri-ciri agama Mesopotamia:  Tetomisme : Kepercayaan kepada binatang/tumbuhan yang dianggap suci  Antropomorfimisme: Menghubungkan karakteristik manusia dengan mahkluk-mahkluk non manusia  Politeisme : Kepercayaan terhadap dewa-dewa  Kepercayaan akan adanya kehidupan setelah kematian  prnyembahan terhadap pemimpin/penguasa/imam- imam sebagai perwujudan dewa.D. seni. sastra dan ilmu pengetahuan.

.

sejak didiami bangsa Sumria (tahun 3000SM). orang Sumeria membangun kotanya menurut tata aturan kota terencana. Keunggulan tersebut tampak dalam bidang-bidang berikut : 1. IPTEKS peradaban Mesopotamia telah memperlihatkan keunggulan di bidang ilmu pengatahuan dan teknologi. Bidang Arsitektur. Bangunan umumnya terbuat dari batu bata dan tanah liat. Bangunan Mesopotamia .E.

2. .