Mengenal Tasawuf Dalam Islam

Click to edit Master subtitle style Disusun Oleh : Isep GinanjarMuhyi

4/26/12

Tasawuf secara etimologi. hal ini dikarenakan adanya perbedaan dalam memandang asal usul kata tersebut. Para ahli pun bermacam-macam mengartikan kata tasawuf sbb. mempunyai beberapapengertian. ØTasawuf berasal dari kata suf ( Kain wol Kasar ) ØTasawuf berasal dari kata safa ( Bersih/ Suci ) ØTasawuf berasal dari kata ahl as suffah ( orang- orang yang tingal di serambi mesjid nabi di madinah.1. dll 4/26/12 . Pengertian tasawuf 1.

Definisi dari segi kesungguhan 3. Menurut Ibrahim Basyuni.Pengertian tasawuf 2. Definisi dari segi dirasakan 4/26/12 . Tasawuf juga mempunyai pengertian yang berbeda-beda sesuai dengan pengalaman spritual dan pengamatan masingmasing. Definisi tang terjadi karena dasar 2. definisi tasawuf dikelompokan menjadi 3 yaitu : 1. Secara terminologi.

MACAM TASAWUF Para ulama sufi membagi tasawuf kedalam tiga macam. MACAM. yaitu : 1) Tasawuf Falsafi : tasawuf yang ajaran- ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional pengagasnya 2) Tasawuf Akhlaki : tasawuf ini bisa dipandang sebagai tatanan dasar untuk menjaga akhlak manusia 3) Tasawuf Irfani : Merupakan tasawuf yang tingkatan nya lebih tinggi dari tasawuf 4/26/12 akhlaki .2.

3.Al Muhasabi 4/26/12 Ø. Tokoh tasawuf Falsafi adalah : 2. Tokoh tasawuf Akhlaki adalah : Ø.Hasan Al basri Ø.Al Jilli Ø.Ibn ‘Arabi Ø. Para tokoh tasawuf sesuai dengan alirannya Ø.Ibn Sab’in 1.Al Qusyairi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful