MENGUKUR DENGAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI

Kompetensi Dasar : Menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi

MICROMETER
Setelah mempelajari Materi ini, diharapkan siswa dapat

Menjelaskan cara penggunaan Micrometer

Kompetensi Dasar Menjelaskan cara penggunaan alat ukur mekanik presisi

MICROMETER Jenis-jenis micrometer Micrometer luar Micrometer kedalaman Micrometer dalam .

OUTSIDE MICROMETER .

.PRINSIP KERJA Prinsip kerja alat ini mirip dengan mur dan baut jika baut diputar satu kali. maka baut tersebut akan bergerak satu ulir. Apabila jarak ulir 1 mm. Pada alat ukur yang sebenarnya mur berarti inner sleeve dan baut adalah spindle. baut akan bergerak 2 mm dan seterusnya.

DEPTH MICROMETER .

. Hasil pengukuran pada mikrometer adalah jumlah pembacaan ketiga skala tersebut.5 mm.01 mm. Pada skala thimble tiap strip nilainya 0. jarak tiap strip di bawah garis adalah 0.01 mm Jarak tiap strip diatas garis horisontal pada outer sleeve adalah 1 mm.CARA MEMBACA SKALA PENGUKURAN PADA MIKROMETER (1) Micrometer luar dengan tingkat ketelitian 0.

19 mm 8. Baca angka skala pada thimble/ skala putar 1 SKALA UTAMA = SKALA PUTAR = SKALA TOTAL = 8.CARA MEMBACA SKALA MIKROMETER 1.01 mm 2 .50 mm 0.69 mm 0. Baca angka skala pada skala utama/barrel scale 2.

20 mm .00 mm Pembacaan pada skala thimble = 0. Skala Utama = 5.CARA MEMBACA SKALA MIKROMETER Contoh : Pembacaan skala di atas garis.00 mm Pembacaan skala di bawah garis Skala Utama = 0.20 mm Pembacaan akhir = 5.

001 mm Jarak tiap strip diatas garis horisontal pada outer sleeve adalah 1 mm Jarak tiap strip di bawah garis adalah 0.01 mm pada skala vernier 0.001 mm. Pada skala thimble tiap strip nilainya 0.25 mm. Hasil pengukuran pada mikrometer adalah jumlah pembacaan ketiga skala tersebut.CARA MEMBACA SKALA MIKROMETER (2) Micrometer luar dengan tingkat ketelitian 0. .

507 mm .007 mm -------------------------------------------.00 mm Pada skala sleeve : 0.+ Jumlah : 2.CARA MEMBACA SKALA MIKROMETER Contoh : Pembacaan : Pada skala utama : 2.50 mm Pada skala thimble : 0.

CARA PENGUKURAN Dipegang dengan tangan Dipasang pada dudukan .

CARA PENGUKURAN BERBAGAI MACAM PENGUKURAN YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH MIKROMETER .

CARA MENGGUNAKAN MICROMETER (VIDEO) www.youtube.com .

youtube.CARA MENGGUNAKAN MICROMETER (VIDEO) www.com .

youtube.CARA MENGGUNAKAN MICROMETER (VIDEO) www.com .

CARA MEMBACA SKALA MIKROMETER 4) Tulislah hasil pembacaan skala pengukuran pada micrometer berikut ini : .

LATIHAN .

TES FORMATIF 1) Bagaimana cara menggunakan Micrometer agar diperoleh hasil pengukuran yang akurat ? .

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Dasar-Dasar Metrologi Industri. (2004). Bagian Proyek Pengembangan Kurikulum . Tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta . Jakarta : Depdikbud : Dirjen Dikti. Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur.DAFTAR PUSTAKA Sudji Munadi. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional. Proyek Pengembangan LPTK. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (1988).

THANK YOU PRESENTED BY DIDIK ISWANTO TIM SMKN 1 PUNGGING .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful